Pernahkah Anda membaca artikel mengenai fasilitas-fasilitas di kantor luar negeri yang bikin sirik? Contohnya: kolam renang, makanan minuman gratis, bahkan ruangan untuk tidur siang. Sebenarnya semua fasilitas ini bukan sesuatu yang berlebihan, karena tujuannya adalah membuat produktivitas pegawai tetap terjaga. Contoh-contoh di atas telah diterapkan perusahaan top seperti Google, Facebook, dan Apple. Beberapa di antara perusahaan tersebut bahkan mempunyai ruangan pijat dan tempat bermain bagi staf yang jenuh bekerja.

Di Indonesia, ada juga kantor yang sudah mengaplikasikan hal ini. GO-JEK, Tokopedia, dan Bukalapak mempunyai kantor yang sangat asyik. Mereka memilih warna-warna yang mencolok dan memiliki ruangan bermain sendiri, sebab fokus mereka adalah “work hard, play hard.” Jika Anda menginginkan pegawai yang lebih produktif, namun budget Anda lebih terbatas, tenang saja! Perhatikan saja 4 tips menciptakan suasana kantor yang produktif ini!

Gunakan Cahaya Alami

Ilmuwan Mirjam Muench mengatakan bahwa cahaya buatan ternyata memiliki efek kantuk dan lebih cepat membuat orang tidur. Nah, sebaliknya, cahaya matahari membuat orang-orang lebih ‘melek’. Jadi jika Anda mempunyai ruangan kantor, coba pastikan mempunyai cahaya alami yang cukup. Berikan 1-2 jendela yang berukuran besar agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Selain itu, memakai cahaya alami akan menghemat pengeluaran listrik usaha Anda.

Berikan Pegawai Anda Mainan

Staf Anda membutuhkan sesuatu yang segar dan tidak membosankan. Ketika para pegawai Anda jenuh dengan pekerjaan, mereka bisa menghilangkan kejenuhan dengan memainkan hal kesukaan mereka. Misalnya Anda bisa memberikan meja ping pong, untuk melepaskan penat sejenak. Atau Anda bisa membuat menyediakan papan catur, kartu remi, ataupun permainan Uno agar mereka bisa bermain sejenak dan mendapatkan mood bekerja kembali. Sebagai informasi, mainan yang ada di kantor ini sangat efektif ketika Anda menerapkan dengan aturan dan sistem yang tegas, seperti pemberian time limit bermain.

Sediakan Makanan dan Minuman

Nah, cara selanjutnya untuk menambah produktivitas pegawai adalah dengan menyediakan makanan dan minuman secara gratis. Bukan berarti boros, tetapi makanan dan minuman ini akan membuat senang para pegawai. Mereka akan senang berangkat ke kantor karena sudah tersedia makanan dan minuman. Mereka tidak perlu lagi mengeluh lapar di saat bekerja karena tidak ada makanan. Agar lebih terkesan personal, coba tulis apa saja makanan dan minuman yang pegawai Anda sukai.

Ruang Kerja Alternatif

Yup, cara terakhir ini mungkin menjadi cara paling ampuh agar pegawai Anda tetap produktif. Mengambil contoh startup besar di dunia yang mempunyai alternatif tempat bekerja. Misalnya di Google yang mengizinkan pegawainya bekerja di taman ataupun di restoran kantor selama mereka masih bisa dihubungi.

Salah satu studi dari Washington Post mengatakan bahwa ada banyak daftar masalah yang dialami pekerja sedentary alias selalu duduk di depan komputer. Mulai dari kelelahan, masalah tulang leher dan punggung, bahkan sampai masalah otot. Jadi, untuk menjaga produktivitas serta kesehatan para pegawai, coba biarkan mereka memilih bekerja di tempat yang mereka inginkan.

Menciptakan suasana kantor yang produktif ini bisa melibatkan oleh seluruh pegawai, tidak hanya Anda saja sebagai pemilik usaha. Komunikasi dan mengerti keinginan pegawai akan menjadi titik kunci untuk menambah produktivitas mereka.

Kami juga memiliki blog post yang khusus membicarakan produktivitas UKM di sini.