Produktivitas memegang peran penting dalam suatu perusahaan, baik korporasi besar maupun UKM. Bagaikan silent killer, apabila produktivitas tidak ditemukan di dalam perusahaan, maka perusahaan tersebut pun akan mati secara perlahan. Tingginya produktivitas suatu perusahaan besar ataupun UKM bergantung pada kondisi staf yang berada di dalamnya. Namun, apa jadinya jika kondisi staf perusahaan Anda memiliki tingkat produktivitas yang kurang baik? Tidak perlu panik, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk kembali meningkatkan produktivitas staf UKM milik Anda:

Lakukan Penilaian Karyawan Berkala

Guna mengetahui tingkat produktivitas kerja staf UKM Anda, lakukanlah penilaian kelompok secara berkala. Melalui penilaian, Anda tentu akan mengetahui siapa saja staf yang memberikan kontribusi cukup besar pada perkembangan UKM Anda serta siapa saja staf yang masih memiliki produktivitas kerja di bawah standar. Setelah mendapatkan hasil penilaian, tugas Anda adalah untuk mencoba memperbaikinya. Berikan tantangan-tantangan baru pada staf Anda yang memiliki nilai yang cukup baik. Tidak lupa pula untuk memberikan pelatihan bagi karyawan Anda yang memiliki kinerja di bawah rata-rata.

Sesuaikan Jabatan dengan Passion Staf

Memiliki staf dengan banyak keahlian dan dapat menutupi kebutuhan berbagai divisi tentu menjadi sebuah nilai plus bagi UKM Anda. Namun, sebagai pemimpin dari UKM Anda, Anda harus lebih berhati-hati dalam menempatkan posisi untuk staf Anda. Penting bagi Anda untuk menempatkan posisi staf Anda sesuai dengan bidang yang mereka sukai. Dengan memanfaatkan bidang yang sesuai dengan passion staf, Anda dapat membantu staf Anda untuk mengasah passion mereka sehingga pada akhirnya mereka dapat lebih bersemangat memberikan kontribusi nyata dalam perkembangan bisnis Anda.

Berikan Penghargaan (Reward) pada Staf

Peningkatan produktivitas dapat diciptakan melalui pemberian penghargaan kepada staf Anda yang berprestasi. Melalui penghargaan, Anda dapat menunjukkan bagaimana Anda menghargai mereka. Rayakan kesuksesan karyawan Anda bersama-sama! Atau Anda dapat memberikan ucapan selamat kepada mereka untuk menumbuhkan semangat lebih dan rasa tanggung jawab karyawan pada perkembangan UKM Anda.

Bebaskan Staf Anda Berinovasi

Tekanan kerja tak jarang dapat menurunkan produktivitas staf UKM Anda. Berikanlah ruang yang lebih luas pada karyawan Anda untuk berinovasi dengan kreativitas yang mereka miliki. Anda bisa memberikan kebebasan pada staf Anda untuk meningkatkan kemampuannya melalui buku-buku, seminar, ataupun pelatihan tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja staf Anda dalam menciptakan ide-ide baru untuk perkembangan UKM milik Anda.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas staf dalam UKM Anda. Dengan menggunakan tips-tips di atas, maka kualitas produktivitas perusahaan Anda terus meningkat di masa depan. Semoga berhasil.