Sistem pinjaman crowdfunding dan peer to peer lending (P2P lending) sekarang menjadi daya tarik tersendiri bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sistem crowdfunding ataupun P2P lending ini prosesnya dilakukan melalui media internet. Jadi proses pendaftaran pinjaman menjadi tidak repot. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui apa sebenarnya crowdfunding ataupun P2P lending.

Sekarang kita tidak hanya menjelaskan apa arti dari crowdfunding dan P2P lending, tapi juga membahas apa saja keunggulannya. Simak penjelasannya di sini.

Keunggulan crowdfunding

Crowdfunding adalah metode mengumpulkan dana untuk sebuah proyek dari berbagai kalangan melalui internet. Anggap saja crowdfunding sebagai patungan dari banyak orang. Lalu apa keuntungannya bagi orang yang ikut patungan? Biasanya sang pemilik proyek akan memberikan imbalan sesuai dengan besarnya nilai yang disumbangkan. Lalu apa saja keunggulan crowdfunding bagi sang pemilik proyek?

  • Efisiensi waktu

Ketika memutuskan untuk mengikuti crowdfunding, Anda tidak perlu menghabiskan tenaga, waktu dan bahkan uang untuk mendapatkan modal. Anda tinggal memilih website crowdfunding yang terpercaya dan membuat campaign di sana. Cara ini lebih efisien daripada keliling-keliling mencari investor.

  • Promosi gratis

Di Indonesia ada beberapa situs crowdfunding yang cukup terkenal dan sudah mempunyai pengunjung bulanan banyak. Nah ketika Anda submit proyek di dalam situs crowdfunding, Anda akan mendapatkan promosi gratis. Mereka biasanya akan mempromosikan di media sosial dan jika beruntung Anda akan mendapatkan pemberitaan melalui media.

  • Kritikan yang membangun

Ketika Anda mendaftar di salah satu perusahaan crowdfunding, Anda akan memaparkan konsep bisnis dari proyek Anda. Dari situ Anda akan mengetahui bahwa apakah ada hal yang kurang atau bahkan salah dari proyek tersebut. Dengan begini, Anda akan mengetahui apa saja kelemahan dari proyek Anda.

Keunggulan P2P Lending

Sekarang saatnya membahas P2P lending atau peer-to-peer lending. P2P lending adalah metode yang memberikan pinjaman uang kepada individu atau bisnis. P2P lending ini memungkinkan setiap orang untuk memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan konvensional sebagai perantara.

Secara kasar P2P lending ini merupakan salah satu alternatif peminjaman selain dari bank, koperasi atau lembaga keuangan lainnya. Lalu apa saja keunggulan dari P2P lending?

  • Proses tidak ribet

Keuntungan yang mungkin paling Anda rasakan adalah proses peminjaman yang tidak ribet. Kita akan contohkan peminjaman melalui bank, Anda bisa menunggu 3-4 bulan sampai proses pencairan baru mendapatkan uang. Jika melalui P2P lending, Anda hanya membutuhkan waktu beberapa minggu dari pendaftaran sampai pencairan uang.

  • Jumlah dana bervariasi

Ini adalah hal yang sangat menguntungkan bagi para pelaku UKM. Di platform P2P lending Modalku, Anda bisa meminjam hingga Rp 2 miliar tanpa agunan. Anda juga bisa membuka situs Modalku untuk mencoba fitur simulasi pinjaman dan melihat apakah dana pinjaman yang Anda inginkan cocok untuk bisnis Anda.

  • Mudah digunakan

Banyak orang yang malas untuk mengajukan pinjaman dana dari lembaga keuangan karena menganggap caranya ribet. Namun, dalam pinjaman P2P lending, pengajuan pinjaman dilakukan secara online. Jika Anda membuka situs P2P lending seperti Modalku, Anda akan melihat petunjuk yang sangat lengkap, bahkan disertai video. Dokumen yang harus disiapkan untuk pinjaman P2P pun tak sebanyak produk pinjaman lain. Jadi Anda tidak perlu bingung untuk mengajukan peminjaman dana UKM.

Walaupun keunggulan dari crowdfunding dan P2P lending di atas sangat menggiurkan, pastikan Anda mencari platform terpercaya dan jangan lupa benar-benar mempersiapkan syarat-syarat pinjaman ya! Semoga beruntung.