Menurut pengertiannya, peer-to-peer (P2P) lending adalah salah satu cara alternatif mendapatkan pinjaman yang tidak membutuhkan perantara keuangan tradisional seperti bank. Selain dapat digunakan oleh siapa saja, P2P lending juga memberikan kemudahan ekstra serta proses mendapatkan dana yang cepat bagi para peminjam untuk mengembangkan usahanya. Namun, jenis bisnis apa saja yang cocok menggunakan sistem pembiayaan P2P lending?

Bisnis Kuliner

Jika Anda seseorang yang gemar berwisata kuliner, cobalah untuk mendirikan sebuah bisnis kuliner. Selain karena alasan makanan adalah kebutuhan primer, bisnis kuliner juga merupakan bisnis yang menjanjikan selama Anda pandai berinovasi pada menu kuliner Anda. Selain dapat digunakan oleh siapa saja, ada produk pinjaman P2P yang mempunyai tingkat bunga yang cukup rendah dibandingkan suku bunga yang berasal dari lembaga keuangan resmi.  Hal ini dapat memudahkan bisnis kuliner yang membutuhkan pinjaman cepat, namun tetap terjangkau.

Bisnis Online Shop

Majunya dunia teknologi saat ini tentu memudahkan Anda mendirikan sebuah bisnis online shop.  Selain itu, pasarnya pun ada mengingat sudah banyak anggota masyarakat yang kini mulai beralih untuk berbelanja secara online karena praktis dan bisa digunakan kapan saja. Platform P2P lending biasanya menawarkan pinjaman dengan jumlah yang lebih sesuai untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Contohnya, Modalku menawarkan pinjaman modal usaha bagi UKM mulai dari Rp 50 juta (untuk usaha kecil) ke Rp 2 miliar (untuk usaha yang lebih besar).

Jasa Web Design

Berbicara tentang kemudahan teknologi yang sudah tersedia saat ini, memutuskan untuk berinvestasi atau mendirikan jasa pembuatan website profesional bukanlah ide yang buruk. Banyak permintaan dan kebutuhan untuk website perusahaan dari para pengusaha yang ingin memulai bisnis mereka sehingga mereka sangat memerlukan jasa web designer. Memang menjadi web developer membutuhkan biaya yang cukup banyak, namun dengan pinjaman P2P Anda tidak perlu khawatir untuk menyiapkan jaminan atau memikirkan asset karena pinjaman P2P merupakan pinjaman tanpa agunan.

Katering

Bisnis catering merupakan salah satu bisnis rumah tangga yang sangat menjanjikan, khususnya untuk ibu rumah tangga yang gemar memasak.  Pertumbuhan pesat rumah tangga yang terjadi saat ini merupakan salah pemicu terbesar mengapa memilih untuk berbisnis catering sungguh berpotensi. Sebelum Anda menikmati keuntungan bisnis catering yang menjanjikan tentu Anda harus menekan biaya awal untuk menyewa perlengkapan memasak Anda. Pinjaman P2P dapat menjadi solusi karena pinjaman ini prosesnya cepat dan jumlah pinjaman yang diberikan platform P2P lebih kecil dibandingkan lembaga keuangan konvensional, sehingga lebih cocok untuk usaha yang skalanya kecil.

Keberadaan pinjaman P2P memberikan kesempatan modal usaha bagi pihak-pihak yang belum memperoleh akses kredit dari institusi keuangan konvensional. Jadi, bila Anda pelaku usaha kecil atau UKM yang menjanjikan, tidak ada salahnya Anda mencoba mendaftar untuk pinjaman P2P (Peer-to-Peer). Semoga beruntung!