Tips Mengelola Bonus Akhir Tahun

Apa yang paling ditunggu-tunggu dari momen pergantian tahun baru? Tentu saja bonus akhir tahun menjadi salah satunya. Penghargaan yang diberikan oleh suatu perusahaan dalam bentuk extra income ini dapat bermanfaat jika dikelola dengan baik. Daripada menghabiskan bonus akhir tahun untuk hal-hal di luar perencanaan keuangan, berikut beberapa tips bijak yang bisa Anda lakukan.

Kurangi Lubang Galian

Cara mengelola keuangan yang baik dapat ditunjukkan dengan hasil rasio utang kurang dari 30% dari total pemasukan bulanan. Untuk itu, apabila ternyata rasio utang yang Anda miliki melebihi ambang batas maksimal, maka alokasikan sebagian bonus akhir tahun untuk melunasi utang tersebut. Mulai dari membayar cicilan kartu kredit, KPR, KKB, ataupun pembayaran utang-utang lain yang dapat memberatkan perencanaan keuangan di tahun mendatang.

Lakukan hal tersebut dengan segera sebelum tanggal jatuh tempo atau uang bonus terlanjur habis untuk hal-hal konsumtif. Apabila seluruh utang dapat dilunasi dengan bonus akhir tahun, maka Anda bisa memiliki kehidupan yang lebih tenang dan nyaman tanpa terbebani urusan utang. Dengan begitu, Anda bisa memulai perencanaan keuangan yang lebih baik lagi.

Pilih Instrumen Investasi

Selanjutnya, apabila urusan utang sudah dapat diselesaikan dengan baik, Anda bisa memanfaatkan bonus akhir tahun untuk mulai berinvestasi. Sebagai pemula, sebaiknya pilih instrumen investasi yang minim risiko namun tetap menjanjikan keuntungan, seperti investasi emas, deposito, maupun reksa dana. Ketiga instrumen ini dapat dimulai dengan modal awal yang tidak terlalu besar sehingga sesuai dengan jumlah bonus akhir tahun yang Anda dapatkan.

Selain itu, ada pula pilihan alternatif investasi menguntungkan lainnya seperti P2P lending seperti Modalku, platform terpercaya yang telah resmi terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia. Dengan jumlah return mencapai 20%, pilihan instrumen ini relatif minim risiko.

Jangan Lupa Berbagi Rezeki

Saat menerima bonus akhir tahun, ingatlah untuk selalu berbagi dengan mereka yang kurang beruntung. Pastikan untuk selalu menyisihkan sebagian dana yang diperoleh untuk diberikan, baik berupa bantuan uang tunai, makanan, dan/atau bahan-bahan pokok lainnya. Anda bisa memilih panti asuhan, panti jompo, korban bencana alam, atau bahkan anak-anak disabilitas yang membutuhkan bantuan.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti beberapa kegiatan sosial bersama komunitas-komunitas yang ada untuk lebih mudah menjangkau mereka yang kurang mampu. Hal ini juga bisa dilakukan sebagai alternatif kegiatan menarik dalam mengisi libur akhir tahun. Ajak keluarga dan teman-teman agar acara berbagi ini semakin berkah.

Nikmati Kerja Keras Anda

Apabila seluruh poin-poin di atas sudah terpenuhi, maka inilah saatnya Anda menikmati seluruh hasil kerja keras selama satu tahun belakangan. Lakukan hal-hal atau kegiatan yang Anda sukai dengan bonus akhir tahun yang didapatkan. Anda bisa memanfaatkan beragam promo akhir tahun yang disediakan oleh berbagai toko online maupun offline untuk berbelanja. Berlibur ke luar negeri juga sangat mungkin dengan banyaknya promo wisata yang diberikan setiap menjelang pergantian tahun.


Bagaimana cara Anda mengelola keuangan yang didapat dari bonus akhir tahun? Tips-tips di atas tentu dapat memudahkan Anda dalam mencapai perencanaan keuangan yang lebih baik di tahun mendatang. Selamat menyambut tahun baru. Happy holiday!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply