6 Upaya Mengembangkan Bisnis Dengan Cara Pinjaman Online

Setelah Anda memiliki basis pelanggan yang stabil, sekarang saatnya untuk mengembangkan bisnis, salah satunya dengan cara pinjaman online.  Dengan strategi pertumbuhan yang solid, Anda dapat membawa bisnis Anda ke level baru. Strategi pertumbuhan bisnis memberi Anda peta jalan untuk mengembangkan bisnis, sehingga Anda membutuhkan upaya yang tepat.

Tidak ada satu cara tunggal untuk mengembangkan bisnis, Anda membutuhkan serangkaian upaya yang tepat agar dapat mengembangkan bisnis. Nah, beberapa strategi pertumbuhan bisnis berikut dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak penjualan dan mendorong bisnis Anda untuk berkembang.

Baca juga: “Bisnis Digital Printing dengan Pinjaman Online Tanpa Agunan

Pekerjakan Karyawan yang Kompeten

Upaya pertama mengembangkan bisnis dengan cara pinjaman online adalah mempekerjakan karyawan yang kompeten. Mempekerjakan karyawan yang tepat untuk bisnis Anda adalah hal penting, apapun jenis bisnis yang Anda jalankan. Memiliki karyawan yang berkualitas akan membantu perusahaan berjalan dan berkembang. Namun, mempekerjakan karyawan yang kompeten bisa menjadi tugas yang berat karena meninjau resume dan menelusuri profil hanyalah sebagian dari proses keseluruhan.

Mulailah dengan melihat dan memikirkan potensi pertumbuhan karyawan baru dalam perusahaan. Selain keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan, pertimbangkan juga keterampilan lain apa yang mereka miliki. Anda membutuhkan karyawan yang dapat memecahkan masalah dan membuat keputusan yang tepat. Keterampilan sosial juga merupakan faktor penting dalam pertumbuhan dan potensi mereka secara keseluruhan di dalam perusahaan, sehingga Anda butuh karyawan yang bekerja dengan baik dengan orang lain, memiliki keterampilan kepemimpinan, dan berbagai kompetensi lain sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga: ” Mitos yang Sering Muncul Saat Ingin Buka Usaha

Jangan Ragu Melakukan Marketing Campaign yang Heboh

Marketing campaign (kampanye pemasaran) adalah cara sempurna untuk menjangkau pelanggan dan prospek bisnis Anda. Ini bisa menjadi langkah signifikan dalam mengamankan hubungan dengan pelanggan atau prospek. Memproduksi marketing campaign dengan serangkaian poin akan lebih menarik perhatian dibanding satu iklan. Anda perlu dobrakan saat melakukan promosi dan kampanye pemasaran adalah jawabannya.

Baca juga: ” 5 Masalah Keuangan UMKM yang Bisa Dipecahkan dengan Pinjaman UMKM

Terus Kembangkan Produk

Pengembangan produk adalah darah kehidupan sebuah bisnis. Apapun jenis produk yang Anda tawarkan, Anda perlu terus mengembangkan produk yang memberikan nilai baru bagi pelanggan karena tanpa ini, tidak ada alasan bagi pelanggan menghabiskan uang mereka untuk membeli produk baru. Sebaliknya, jika produk atau jasa menawarkan nilai yang luar biasa, maka pelanggan akan berbondong-bondong ke sana.

Pengembangan produk ini juga harus Anda lakukan dengan melakukan inovasi. Jika enggan melakukan inovasi, sebuah bisnis pastinya akan tertinggal dan tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus meningkat dan mengalami perubahan. Jadi, pastikan Anda terus melakukan inovasi produk untuk menjaga ketertarikan konsumen dan meningkatkan pembelian.

Perluas Jaringan Bisnis Anda

Selanjutnya, Anda juga perlu memperluas jaringan bisnis. Ini penting untuk  mengembangkan bisnis karena Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan. Anda bisa melakukan perluasan jaringan bisnis dengan cara memperluas pemasaran, seperti membuka channel pemasaran atau cabang baru. Selain itu, Anda juga harus mulai menjalankan penjualan secara offline dan online yang berbarengan.

Jangan ragu untuk mencoba berbagai platform saat Anda melakukan promosi karena tidak semua platform menghasilkan keuntungan yang sama efektifnya. Misal, Anda selama ini hanya menggunakan platform media sosial Instagram yang dampaknya belum terlalu signifikan. Jika begitu, Anda bisa menggunakan Facebook yang mungkin lebih cocok dan sesuai dengan jenis bisnis yang Anda jalankan.

Anda juga perlu memperluas jaringan usaha dengan melakukan peningkatan terhadap suplai bahan dan produksi. Jangan lupa pula untuk terus meningkatkan relasi bisnis dengan cara berkenalan dengan banyak pihak yang mungkin akan mendorong pertumbuhan bisnis. Pastikan Anda terus mempertahankan hubungan baik dengan banyak pihak dan menjalin kerja sama jika memungkinkan karena dari situ Anda bisa mendapatkan bantuan yang sewaktu-waktu mungkin Anda butuhkan.

Tingkatkan Alat dan Perlengkapan Bisnis

Praktik efektif yang mendukung peningkatan proses bisnis, seperti peningkatan alat dan perlengkapan bisnis, dapat membantu menghilangkan inefisiensi dan meningkatkan produktivitas karyawan. Dengan alat untuk meningkatkan proses, bisnis dapat mengevaluasi metrik kinerja dan mengembangkan proses tanpa membatasi cara kerja karyawan.

Tambah Modal dengan Cara Pinjaman Online

Upaya mengembangkan bisnis terakhir adalah menambahkan modal dengan cara pinjaman online. Bisnis yang berkembang membutuhkan lebih banyak modal dibanding bisnis yang hanya menangani tantangan. Berapa pun jumlah pendapatan tahunan Anda, selalu ada pencapaian lain yang perlu Anda raih, dan untuk mencapainya dibutuhkan modal yang tidak kecil.

Pertumbuhan bisnis membutuhkan jumlah pembiayaan yang lebih tinggi dan suntikan dana yang lebih sering. Jadi, itulah mengapa bisnis Anda akan membutuhkan pinjaman online yang dapat membantu saat Anda membutuhkan lebih banyak dana.

Jadi, apakah Anda siap untuk melakukan berbagai upaya di atas untuk mengembangkan bisnis dengan cara pinjaman online? Anda dapat memanfaat pinjaman online aman dan terpercaya seperti Modalku untuk membantu perkembangan bisnis Anda sesuai harapan. Semoga bermanfaat!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply