5 Ciri Pinjaman Online Tanpa Jaminan yang Aman

Pinjaman online tanpa jaminan adalah layanan pinjaman dana dari badan atau lembaga online. Namun, tidak semua pinjaman online sudah terdaftar dan memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga Anda harus ekstra hati-hati saat memilihnya. Keresahan akibat maraknya pinjaman online (pinjol) ilegal akhir-akhir ini bisa Anda atasi dengan mengetahui ciri-ciri pinjaman online tanpa jaminan yang aman sebelum mengajukan pinjaman. Seperti apa? Berikut informasinya!

1. Sudah Terdaftar di OJK

Ciri pinjaman online tanpa jaminan yang aman tentunya sudah terdaftar di OJK, lembaga negara yang dibentuk untuk menyelenggarakan dan mengawasi seluruh kegiatan sektor jasa keuangan di tanah air. Dalam mengawasi pinjaman online, OJK memiliki fungsi sebagai pengawas “dua arah”. Artinya, OJK memiliki ruang lingkup tugas mengawasi penyedia pinjaman online dan masyarakat secara keseluruhan yang menggunakan layanan pinjaman online tersebut.

Jika penyedia pinjaman online yang Anda pilih sudah terdaftar di OJK, itu artinya pinjaman online tersebut legal. Anda bisa mengecek legalitasnya pada situs resmi OJK. Sebagai informasi, terhitung per 2021, terdaftar 106 perusahaan fintech dengan aplikasi pinjaman online legal di OJK. Pastikan Anda hanya melakukan cara pinjam uang tanpa jaminan yang aman dengan memilih platform yang sudah terdaftar di OJK dan memiliki izin.

2. Review Pengguna Positif

Anda bisa menjadikan review dari pengguna lain sebagai referensi. Review pengguna yang positif dapat membuat Anda lebih yakin untuk menggunakan pinjaman online tanpa jaminan. Review ini bisa Anda temukan saat mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. 

Review pengguna bisa tentang ada tidaknya masalah yang dialami saat penggunaan aplikasi tersebut. Jika pengalaman pengguna lain kebanyakan positif, aplikasi tersebut bisa Anda pertimbangkan. Perhatikan juga rating yang diberikan pada aplikasi tersebut karena semakin tinggi rating, semakin recommended pula aplikasi tersebut untuk digunakan.

3. Cara Penggunaan Aplikasi Jelas

Kejelasan adalah salah satu hal terpenting saat menggunakan sebuah layanan atau jasa. Tanpanya, Anda berpotensi mengalami penipuan atau kerugian. Jadi, saat memilih layanan pinjaman online, pastikan Anda menggunakan platform dengan tata cara penggunaan yang mudah, sehingga tidak menyulitkan pengguna. Pinjaman online tanpa jaminan yang aman biasanya memakai akses https dan bisa diunduh di Google Play Store maupun App Store. 

Sebaliknya, aplikasi pinjol ilegal biasanya memiliki mekanisme penggunaan yang lebih rumit. Tidak jarang juga aplikasinya memakai link download yang dikirim ke WhatsApp karena aplikasinya tidak tersedia di App Store atau Google Play Store. Anda sebaiknya menghindari aplikasi semacam ini karena dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

4. Suku Bunga Transparan dan Tenor Jelas

Anda juga bisa menilai pinjaman online tanpa jaminan yang aman dengan memerhatikan suku bunga dan tenornya. Biasanya, keamanan pinjaman online tampak dari suku bunga yang transparan dan tenor yang jelas. Transparansi mengenai suku bunga dan tenor menandakan bahwa penyedia pinjaman memberikan ketenangan dan keamanan pada nasabah yang ingin mengajukan pinjaman online. Adanya transparansi bunga dan tenor memungkinkan Anda untuk melakukan kalkulasi hitungan pengembalian pinjaman.

5. Ada Proses Seleksi

Adanya proses seleksi juga merupakan ciri bahwa suatu pinjaman online tanpa jaminan tersebut sudah aman. Proses seleksi ini bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya KYC atau Know Your Customer. Kebijakan yang diterapkan oleh penyedia pinjaman ini bertujuan untuk mengetahui identitas dan mengawasi aktivitas transaksi nasabah. Dengan diterapkannya KYC, dapat dipastikan bahwa informasi yang ada di rekening nasabah terdaftar adalah benar dan asli.
Itulah tadi beberapa ciri pinjaman online tanpa jaminan yang aman. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman online, tak perlu bingung karena Anda dapat memanfaatkan pinjaman online tanpa jaminan dari Modalku. Selain sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), platform cara pinjam uang tanpa jaminan ini juga memiliki reputasi dan pelayanan yang baik bagi nasabahnya. Anda bisa klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Modalku.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Referensi:

https://money.kompas.com/read/2022/04/19/215953226/jangan-terkecoh-ini-ciri-ciri-pinjaman-online-ilegal-dan-legal

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220126174742-303-751612/kenali-5-ciri-aplikasi-pinjaman-online-yang-aman-digunakan

https://www.beritasatu.com/ekonomi/857739/ciriciri-pinjaman-online-yang-aman-untuk-digunakan

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan