Risiko Gagal Bayar di Platform Pendanaan Digital bagi UMKM. Cukupkah Hanya Dimitigasi dengan Diversifikasi?

Sebagaimana instrumen investasi lainnya, alternatif investasi platform pendanaan digital bagi UMKM juga mengandung risiko. Meski demikian, risiko bukan alasan untuk tidak berinvestasi. Diversifikasi pinjaman adalah salah satunya Mengapa demikian?

Seiring waktu, nilai uang akan terpengaruh inflasi. Harga barang terus naik, sehingga nilai uang turun. Kita tentu ingin agar nilai uang yang dimiliki dapat menyaingi atau bahkan lebih tinggi daripada tingkat inflasi. Berinvestasi merupakan upaya untuk meningkatkan nilai dari uang tersebut. Jadi, meski ada risikonya kita perlu tetap berinvestasi. 

Risiko investasi memang tidak dapat dihindari, tapi bisa diminimalkan. Termasuk risiko default atau gagal bayar dalam alternatif investasi platform pendanaan digital bagi UMKM Modalku. Caranya adalah dengan melakukan diversifikasi pinjaman. Namun, apakah cukup hanya dengan cara ini? Sebelum membahas cara selain diversifikasi pinjaman, mari kita ulas kembali tentang diversifikasi pinjaman.

Dalam dunia investasi, Anda akan familiar dengan kalimat “Jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang”? Inikah adalah dasar prinsip diversifikasi dalam platform pendanaan digital bagi UMKM]. Berikanlah pendanaan ke sebanyak mungkin pinjaman. Agar lebih jelas, mari kita simulasi di bawah ini:

Misalnya, Anda membagi pendanaan sebesar Rp 10 juta pada 10 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) peminjam dengan profil pinjaman yang sama (suku bunga 17%, jangka waktu pinjaman 1 tahun, dst). Jika 1 UMKM mengalami default, total penghasilan Anda tetap positif karena masih ada 9 UMKM lain.

  • Bila 9 UMKM sukses melunasi pinjaman, total penghasilan Anda mendekati hasil seharusnya, yaitu mendekati Rp 11 juta di akhir periode pinjaman.
  • Berbeda bila pendanaan Rp 10 juta disalurkan seluruhnya ke 1 UMKM. Jika terjadi default, Anda bisa kehilangan sebagian hingga semua uang Anda.
  • Dengan diversifikasi, Anda tak hanya mengurangi risiko tetapi juga mendapatkan bunga yang stabil.

Makin Aman dengan Proteksi Pinjaman

Selain mengurangi risiko dengan diversifikasi, Anda juga bisa memproteksi pinjaman yang Anda danai. Proteksi pinjaman? Apa itu?

Proteksi pinjaman merupakan upaya perlindungan pada pinjaman yang sedang berlangsung pada kegiatan pinjam meminjam dalam platform pendanaan digital bagi UMKM. Biasanya, perlindungan diberikan pada pokok pinjaman kepada para pendana, disertai dengan biaya tambahan atas manfaat proteksi. Jadi, jika terjadi gagal bayar/default dana Anda akan tetap terproteksi. 

Dengan memberikan perlindungan pada pendanaan yang Anda lakukan, risiko gagal bayar dapat makin ditekan. Apalagi jika Anda sudah melakukan diversifikasi pinjaman dan proteksi pinjaman secara bersamaan. Tentu potensi keuntungan pun semakin nyata. 

Anda tidak perlu takut lagi memberikan pendanaan, karena ada dua langkah antisipasi mengurangi risiko. Diversifikasi mengurangi risiko kehilangan dana akibat gagal bayar, sedangkan proteksi pinjaman, akan memberikan proteksi pada uang Anda jika peminjam mengalami default. 

Keberadaan proteksi pada pendanaan di platform pendanaan digital bagi UMKM akan semakin menghapus keraguan & ketakutan  masyarakat pada risiko pinjaman. Dengan semangat tersebut, Modalku berharap semakin banyak pendana yang memberikan pinjaman pada UMKM, sehingga dampak positif yang disebarkan semakin luas.

Memang, diversifikasi pinjaman adalah langkah ampuh memitigasi gagal bayar, tapi akan lebih aman lagi jika pinjaman Anda diberikan proteksi. Dua langkah mitigasi tentu tidak ada salahnya bukan? Pendanaan aman, peminjam senang, pendana pun cuan!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply