Investasi Valas: Pengertian, Keuntungan, dan Tips Melakukannya

Valuta asing atau biasa yang dikenal sebagai valas adalah salah satu instrumen investasi yang jarang dipertimbangkan oleh investor pemula. Secara sederhana pengertian valuta asing mengacu pada mata uang asing yang digunakan sebagai instrumen investasi.

Meskipun tergolong sebagai jenis investasi tradisional, keuntungan yang dijanjikan dari investasi valas terbilang cukup menjanjikan. Beberapa mata uang asing seperti Dollar Amerika, Euro, dan Poundsterling bisa dipertimbangkan sebagai instrumen investasi valuta asing. Ingin memulai tapi belum tahu caranya? Yuk, simak pengertian dan panduannya!

Apa Itu Investasi Valas?

Valuta asing atau valas pada dasarnya adalah mata uang asing yang sudah diakui dan digunakan sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional. Investasi valas sendiri adalah jenis investasi yang memanfaatkan momentum naik turunnya nilai tukar mata uang asing atau kurs. Pada prinsipnya Anda membeli mata uang asing saat harga sedang rendah dan lalu kemudian Anda menjualnya kembali saat harga sedang tinggi.

Keuntungan Investasi Valuta Asing

Jika Anda bandingan dengan berbagai instrumen investasi yang ada, investasi valas bisa menghasilkan banyak sekali keuntungan bagi Anda. Berikut ini adalah beberapa keuntungan investasi valas:

1. Likuiditas tinggi

Investasi mata uang asing atau valas sudah sejak lama dikenal dengan likuiditas yang tinggi, sehingga sangat menarik untuk dijadikan instrumen investasi pilihan. Likuiditas tinggi berarti Anda memiliki kemudahan untuk membeli dan menjual nilai mata uang. Pun proses pencairannya juga sangat mudah ketika Anda membutuhkannya. Konversi mata uang asing bisa dilakukan dengan cepat dalam harga wajar, sehingga nilainya lebih stabil dibanding instrumen investasi non-likuid.

2. Sulit Terdampak Devaluasi

Investasi mata uang asing sulit terdampak devaluasi atau penurunan nilai mata uang. Setidaknya sulit sekali terjadi devaluasi pada mata uang asing yang selama ini menjadi favorit para investor valas.

Hal ini dikarenakan perekonomian negara bersangkutan cukup stabil sehingga kecil kemungkinan pemerintah negara tersebut menurunkan nilai mata uangnya di mata internasional. Dengan begitu, investasi valas lebih berpotensi untuk memberikan keuntungan yang tinggi.

3. Perubahan Kurs Tahunan Cenderung Menguat

Setiap tahunnya, nilai atau kurs mata uang asing akan cenderung terus menguat. Hal ini menjadi daya tarik yang menguntungkan bagi investor yang melakukan investasi valas. Hal ini bisa Anda lihat ketika nilai mata uang Rupiah melemah, Anda berkesempatan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari investasi valas.

Tips Melakukan Investasi Mata Uang Asing

Berikut ini merupakan tips yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin melakukan investasi mata uang asing.

1. Tentukan Tujuan Keuangan

Sama seperti ketika Anda berencana memilih instrumen investasi lainnya, sebelum berinvestasi pada valuta asing sebaiknya lebih dulu tentukan tujuan keuangan yang akan dicapai. Perlu diketahui nilai tukar valas, terutama Dollar Amerika Serikat, dapat mempertahankan daya beli Anda ketika sewaktu-waktu kurs rupiah jatuh. Meski kurs valuta asing tidak selalu stabil, tetapi instrumen ini memberikan keuntungan untuk para investornya.

Dengan memiliki investasi valuta asing, maka pengajuan visa Anda akan lebih mudah disetujui. Baik untuk kunjungan ke benua Eropa maupun Amerika. Terlepas dari apakah tujuan kunjungan Anda untuk bisnis, belajar, atau sekadar jalan-jalan. Tabungan valas bisa digunakan sebaik-baiknya untuk tujuan yang satu ini.

Lihat juga: “Langkah Praktis Memulai Perjuangan untuk Meraih Kebebasan Finansial”

2. Pelajari Valuta Asing Secara Mendalam

Pergerakan kurs valuta asing sangat memengaruhi untung-rugi investasi valas yang Anda lakukan. Umumnya, kurs dibedakan menjadi harga jual dan harga beli. Dalam hal ini yang dimaksud dengan harga jual yaitu harga mata uang asing yang ditetapkan oleh bank. Sebaliknya, harga beli merupakan harga yang ditetapkan oleh pihak bank untuk membeli mata uang asing yang Anda miliki.

Berbeda dari investasi emas yang memiliki pergerakan cukup stabil, valas adalah instrumen yang cepat berubah. Hal ini dikarenakan kurs valuta asing bergerak sangat fluktuatif. Terlebih kebijakan pemerintah juga berperan dalam menentukan nilai investasi valas yang Anda lakukan.

Ingin tahu keunggulan investasi valuta asing? Klik di sini!

3. Pahami Aturan Mainnya

Untuk memulai investasi valuta asing, ada sejumlah aturan main yang wajib Anda pahami dengan baik agar bisa memperoleh keuntungan dalam jumlah maksimal. Antara lain:

  1. Pastikan Anda mampu membedakan nilai jual dan beli kurs valuta asing di bank.
  2. Pilih institusi keuangan resmi (bank) untuk membeli valuta asing sebagai instrumen investasi demi mencegah risiko valas palsu.
  3. Simpan instrumen valas dengan hati-hati. Jika dibutuhkan Anda bisa menyimpan valuta asing tersebut di bank atau safe deposit box (SDB).
  4. Perhatikan momentum yang terjadi, karena proses jual-beli valuta asing bergerak dengan cukup fluktuatif. Disarankan agar Anda terus up-to-date terhadap berita ekonomi terkini untuk bisa membuat keputusan dengan tepat.

4. Pakai “Uang Dingin”

Sebagai pemula tentu Anda tidak ingin mengalami kerugian begitu memulai investasi valas ini. Karena instrumen valuta asing bergerak sangat fluktuatif dan berisiko, pastikan Anda menggunakan dana yang tepat untuk berinvestasi. Alih-alih menggunakan dana tabungan, sebaiknya Anda gunakan saja ‘uang dingin’ atau dana yang tidak terpakai. Jika ternyata Anda tidak memiliki ‘uang dingin’ coba gunakan sebagian dari dana cadangan untuk mulai melakukan investasi valas.

Mata uang asing yang sangat direkomendasikan untuk investor valas pemula yaitu Dollar Amerika Serikat. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebab mata uang ini selalu dijadikan acuan oleh berbagai negara dunia. Namun, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan investasi valas dalam kurs Euro karena ini mata uang yang juga berpengaruh di dunia setelah Dollar Amerika.


Setelah memahami cara investasi valuta asing, sebagai investor pemula Anda bisa lebih optimal berinvestasi dan meminimalisir risiko kerugian yang mungkin saja terjadi. Tunggu apalagi? Segera mulai investasi valas Anda sekarang juga!

Selain valas, Anda juga bisa mencoba pendanaan di Modalku. Dengan strategi yang tepat Anda akan mendapatkan bunga yang menarik. Klik tombol di bawah ini untuk mulai mendanai:

Mulai Danai

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan