4 Cara Membuka Tabungan Emas untuk Pemula

4 Cara Membuka Tabungan Emas untuk Pemula

Ingin mencari alternatif menabung dengan cara baru? Buka saja tabungan emas! Sistemnya seperti menabung uang di bank. Anda dapat menyetor sejumlah uang per hari, minggu, atau bulan ke rekening tabungan emas. Ketika saldo mencukupi, Anda bisa mencairkan uang tersebut menjadi emas digital atau emas batangan. Cara ini menjadi pilihan investasi yang populer di Indonesia karena harga emas yang cenderung naik per tahunnya dan nilainya aman dari inflasi. Yuk, cari tahu cara-cara modern untuk menabung emas!

1. Lewat Pegadaian

Pegadaian merupakan perusahaan pendanaan yang dimiliki negara, berada di bawah naungan Bank Rakyat Indonesia. Jadi, bagi Anda yang ingin menabung emas, Pegadaian menjadi tempat yang aman dengan kredibilitas tinggi. Anda pun bisa membuka tabungan emas secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital. Proses registrasinya bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi, tetapi pengambilan kartu rekening wajib dilakukan di outlet Pegadaian terdekat.

Jika Anda memilih membuka tabungan secara online, maka tidak akan dikenakan biaya pembukaan rekening. Anda akan dibebaskan dari biaya penitipan emas selama satu tahun pertama. Pada tahun seterusnya, Anda akan diminta biaya Rp30.000/tahun untuk fasilitas penitipan ini. Pembelian saldo tabungan bisa dimulai dengan harga 0,01 gram emas batangan. Namun, untuk pembukaan rekening, Anda diwajibkan menyetor saldo minimal Rp50.000.

Pada aplikasi Pegadaian Digital, Anda dapat melihat informasi harga jual dan beli emas pada hari itu. Jangan salah, harga jual adalah harga yang dipatok ketika Anda ingin membeli emas, sementara harga beli adalah harga yang ditetapkan ketika Anda ingin menjual emas kembali. Jika saldo tabungan Anda sudah mencukupi, Anda bisa mencetaknya menjadi kepingan emas batangan (1-100 gram) yang hanya bisa dilakukan di outlet Pegadaian tempat Anda membuka rekening.

2. Layanan Brankas dari ANTAM

Selain lewat Pegadaian, Anda juga bisa membuka tabungan emas langsung di ANTAM, sebuah perusahaan produsen logam mulia resmi di Indonesia. ANTAM meluncurkan layanan bernama Berencana Aman Kelola Emas atau disingkat sebagai BRANKAS. Kelebihannya tentu saja Anda dijamin mendapatkan emas batangan asli ANTAM, sehingga tidak perlu khawatir soal keasliannya.

Sayangnya, layanan ini masih berbasis offline. Anda hanya dapat membuka rekening secara langsung di kantor PT ANTAM Tbk di Pulogadung atau di Butik Emas Logam Mulia. Jangan lupa untuk membawa fotokopi KTP, kartu NPWP (jika ada), dan Kartu Keluarga. Kemudian, Anda akan diberikan kartu rekening dan SMS berisikan link aktivasi. Setelahnya, Anda pun bisa melakukan pemesanan, buyback (penjualan), dan pengambilan emas fisik secara online lewat www.brankaslm.com

Setidaknya ada enam tipe keanggotaan di BRANKAS yang menentukan biaya administrasi per tahun. Tipe keanggotaan ini diatur berdasarkan limit pembelian emas (100-10.000 gram) serta saldo minimal tabungan emas (1-20 gram). Biaya administrasi pun berkisar antara Rp100.000 hingga Rp2,5 juta per tahun.

3. Lewat e-Commerce Tabungan Emas

Anda suka buka aplikasi e-commerce untuk belanja online? Ternyata, Anda pun bisa berinvestasi di aplikasi marketplace kesayangan Anda. Di Indonesia sendiri, ada beberapa perusahaan e-commerce yang juga menawarkan layanan tabungan emas, misalnya seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Ketiga e-commerce ini sudah bekerja sama dengan Pegadaian, sehingga tabungan emas yang Anda cetak akan disimpan di Pegadaian. Nominal harga jual-beli emas yang tertera di aplikasi pun sudah disesuaikan dengan data dari Pegadaian. 

Kelebihan dari menabung emas di aplikasi e-commerce adalah Anda tidak perlu install aplikasi baru di smartphone. Pengelolaannya juga mudah, ditambah lagi minimal pembeliannya sangat rendah, tidak lebih dari Rp5.000. Terakhir, Anda juga berkesempatan mendapatkan keuntungan dari voucher cashback dan promo melimpah dari perusahaan e-commerce. Sebelum buka rekening, baca dulu syarat dan ketentuannya, seperti tenggat waktu untuk proses cetak emas dan biaya tambahan yang akan dikenakan. 

4. Pakai Aplikasi Penyedia Investasi Emas

Bagi Anda yang ingin menabung emas secara online tanpa harus repot pergi ke toko cabang, ada banyak aplikasi penyedia investasi emas yang tersedia di Indonesia. Namun, cermatlah dalam memilih. Pastikan aplikasi tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar Anda terhindar dari penipuan. 

Kemudahan yang ditawarkan adalah layanannya yang 100% online, emas bersertifikat, dan harga kompetitif. Bahkan, ada juga yang tidak membebankan biaya administrasi maupun biaya penyimanan emas.

Itu dia beberapa pilihan cara untuk membuka tabungan emas. Dengan menabung emas, Anda bisa selangkah lebih dekat dengan tujuan finansial Anda, entah itu untuk berangkat haji, beli kendaraan baru, atau membuka bisnis baru. Nah, jika Anda butuh bantuan modal untuk mengembangkan usaha, percayakan pada Modalku. Dapatkan pendanaan dengan bunga kompetitif dan limit ratusan juta secara cepat!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan