6 Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Seorang introvert cenderung bersifat tertutup dan sering merasa canggung saat harus berkomunikasi atau bekerja dengan orang yang tidak dikenal. Jika Anda salah satu dari sekian banyak orang yang berkarakter introvert, ada beberapa peluang kerja untuk introvert yang bisa Anda pertimbangkan.

Pekerjaan yang cocok untuk orang introvert ini bisa Anda kerjakan tanpa harus merasa tertekan karena berseberangan dengan karakter Anda. Ditambah lagi, karena sesuai dengan karakter Anda, kemungkinan hasil kerja optimal juga dapat Anda capai dengan pekerjaan ini.

Programmer

Programmer bisa jadi salah satu pekerjaan yang cocok untuk orang introvert. Apalagi jika kamu adalah seorang tech savvy yang memang senang berurusan dengan komputer. Programmer adalah pekerjaan yang sebagian besar prosesnya dilakukan secara individual. Dengan kata lain, akan ada sedikit sekali kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain selama jam kerja Anda.

Tidak hanya itu, peluang kerja dilakukan di luar kantor pun sangat besar. Jadi, bisa saja Anda mengambil pekerjaan ini secara remote dan melakukan programming dengan menggunakan PC pribadi Anda di rumah. Kalaupun dibutuhkan interaksi mengenai brief kerja atau yang lain, kemungkinan besar tidak begitu sering.

Penulis

Pekerjaan yang satu ini jelas sangat cocok dengan orang introvert. Bahkan, beberapa penulis terkenal yang Anda ketahui juga dikenal memiliki karakter yang introvert. Bekerja sebagai penulis memungkinkan Anda memiliki ruang dan waktu sendiri untuk mengembangkan kreativitas serta gagasan ke dalam karya-karya yang Anda kerjakan.

Perlu Anda ketahui, peluang kerja penulis ini juga masih sangat luas dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Mulai dari penulis fiksi, scriptwriter, copywriter, UX writer, content writer, jurnalis, penulis non-fiksi atau karya ilmiah dan masih banyak lagi. Ada banyak bidang yang memungkinkan Anda bekerja sebagai penulis.

Fotografer

Kalau Anda memiliki bakat visual-spasial dan menekuni hobi fotografi, ini bisa menjadi pekerjaan yang cocok untuk orang introvert seperti Anda. Terlepas ada banyak jenisnya juga profesi fotografer itu sendiri, Anda dimungkinkan untuk melakukan pekerjaan sendiri atau dengan tim kecil yang Anda pilih sendiri.

Tidak hanya jasa Anda yang dapat dijual, hasil karya fotografi Anda juga dapat menghasilkan uang bagi Anda. Proses kerjanya dimulai dari merancang ide foto, pengambilan gambar, hingga editing dan mengunggah foto ada di laman khusus untuk menjual foto Anda.

Market Analyst

Di era digital ini, peluang kerja sebagai market analyst kian besar. Pekerjaan seorang market analyst membutuhkan ketelitian dan ketekunan untuk mendapatkan hasil yang baik pula. Selain itu, pekerjaan market analyst ini sangat mungkin untuk dilakukan secara perorangan, alih-alih dikerjakan oleh tim. Itu sebabnya market analyst adalah pekerjaan yang cocok untuk orang introvert.

Menjadi seorang market analyst akan semakin cocok jika Anda memiliki ketertarikan dalam bidang pemasaran juga penjualan produk. Jenis pekerjaan yang satu ini jelas menarik dan sangat menantang karena Anda dituntut untuk berani mengambil keputusan atas analisa-analisa yang sudah Anda dapatkan.

Seniman

Menjadi seniman juga dianggap sebagai pekerjaan yang cocok untuk orang introvert. Ini bisa jadi karena kebanyakan orang yang introvert di saat yang sama juga memiliki jiwa seni yang tinggi. Jadi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memulai menekuni bidang yang satu ini.

Ada banyak bidang turunan dalam seni yang dapat Anda tekuni sebagai profesi, mulai dari seni lukis, seni rupa, dan seterusnya. Anda jadi memiliki waktu sendiri untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan bebas berekspresi dengan cara yang Anda rasa paling nyaman.

Lihat juga: Mengapa Industri Kreatif Sangat Potensial?

Bisnis Online

Terakhir, memulai bisnis online sendiri juga bisa jadi pekerjaan yang cocok untuk orang introvert seperti Anda. Tinggal menyesuaikan dengan minat atau hobi Anda sendiri, kemudian Anda bisa mengembangkan bisnis Anda. Apakah itu di bidang fashion, gadget, furniture, aksesori fotografi, atau yang lain.

Seperti bisnis online pada umumnya, Anda dapat memulainya sendiri. Bisa dimulai dengan skala kecil, lalu berkembang untuk mencapai target lebih besar. Tidak perlu takut jika terkendala modal, Anda dapat mengandalkan Modalku untuk mendapatkan pinjaman online hingga Rp500 juta agar bisnis online Anda bisa segera dimulai.

Pinjam Sekarang!

Lebih lanjut: 7 Bisnis Online Modal Kecil yang Menggiurkan di Tahun 2021

Sistem registrasi dan pengajuannya pun dibuat efisien dan mudah dipahami. Prosesnya tidak rumit dan tidak butuh waktu lama untuk mendapat pencairan dana. Dengan begini, kamu bisa memulai pekerjaan yang sesuai dengan karakter kamu sendiri, memperoleh untung, dan terus berkembang dalam berbisnis. Semoga sukses, ya!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKMĀ di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply