4

Pinjaman Usaha Dengan atau Tanpa Agunan, Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

Sama seperti semua hal di dunia ini, pinjaman usaha, baik dengan agunan ataupun tanpa agunan, memiliki sisi negatif dan sisi positif. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun Anda bisa menentukan mana pilihan yang terbaik sesuai dengan keperluan. Sebelum menentukan pilihan, Anda dapat melihat penjabaran dari masing-masing pinjaman usaha berikut ini.

Perbedaan Mendasar

Perbedaan mendasar antara pinjaman usaha dengan agunan dan tanpa agunan terletak pada pemberian jaminan atas pinjaman yang diberikan. Bila Anda mengambil pinjaman usaha tanpa agunan, maka Anda tak perlu memberikan jaminan. Namun, apabila sebaliknya, maka Anda harus memberikan jaminan kepada pihak yang menyediakan pinjaman. Jaminan ini bisa berupa deposito, aset properti, kendaraan, dll.

Pinjaman Usaha Tanpa Agunan

Ketika Anda mendaftar untuk pinjaman usaha tanpa agunan, Anda perlu tahu bahwa meskipun Anda tidak perlu memberikan jaminan, bunga pinjaman yang diberikan umumnya lebih besar dibandingkan pinjaman usaha dengan agunan. Selain itu, pinjaman tanpa agunan biasanya tidak memiliki batas jumlah maksimal yang tinggi.

Bagi Anda yang memiliki usaha kecil menengah atau UKM dan ingin mengembangkan bisnis Anda, pinjaman usaha tanpa agunan bisa menjadi opsi terbaik karena usaha kecil biasanya belum memiliki jumlah aset yang cukup untuk dijadikan jaminan pinjaman. Selain itu, ketika mendaftar untuk pinjaman usaha tanpa agunan, prosesnya cukup cepat dan tanpa syarat berlebih.

Yang pasti, sebaiknya Anda yakin bahwa kesehatan bisnis UKM Anda positif sehingga tak ada masalah untuk membayar pinjaman dengan jumlah bunga yang ditentukan. Pasalnya, tenor atau jangka waktu pelunasan pinjaman usaha tanpa agunan terhitung cukup cepat, yakni hanya satu hingga dua tahun saja.

Pinjaman Usaha dengan Agunan

Berkebalikan dengan pinjaman usaha tanpa agunan, pinjaman satu ini memiliki jumlah pinjaman yang lebih beragam dengan bunga yang cenderung lebih rendah. Hal ini disebabkan oleh kemudahan institusi keuangan mengestimasi kekayaan Anda dan karena penyedia pinjaman memiliki akses terhadap jaminan Anda apabila terjadi gagal bayar pinjaman.

Pinjaman usaha dengan agunan umumnya cocok digunakan oleh Anda yang memiliki bisnis dengan penghasilan cukup tinggi serta tetap. Umumnya, pinjaman usaha dengan agunan memiliki batas jumlah pinjaman yang besar, hingga miliaran. Jadi, Anda perlu memikirkan secara matang soal proses pelunasannya.

Tetap Hati-hati Terhadap Penyedia Pinjaman

Meski pinjaman usaha kadang begitu menggiurkan, Anda tetap harus hati-hati terhadap penyedia pinjaman, terutama bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman tanpa agunan. Banyak rentenir atau lintah darat yang berkeliaran dan menjanjikan pinjaman tinggi, namun dengan bunga yang sangat mencekik di kemudian hari.

Ciri-ciri dari para rentenir sebenarnya mudah dikenali, yakni umumnya mereka mengatakan bahwa mereka hanya memberikan bunga 1% per hari. Hal ini mungkin tak terdengar besar, namun bila Anda hitung, dalam satu bulan, bunga Anda bisa menjadi 30%.

Untuk pinjaman usaha dengan agunan, beberapa rentenir juga memberikan kemudahan berupa berkas yang hanya memerlukan KTP untuk pendaftaran. Walau terdengar praktis, tetapi hal ini tidak logis. Ketika seseorang meminjamkan uang dalam jumlah sangat besar dan hanya memerlukan KTP, pasti hal ini akan berujung pada sesuatu yang kurang baik nantinya.


Oleh sebab itu, Anda harus waspada. Pilihlah pinjaman yang sesuai dengan pemasukan. Selain itu, Anda juga tidak boleh mudah tergiur dengan promosi pinjaman yang terlihat menarik. Anda harus selalu mengecek sumber pinjaman dan apakah promosi pinjaman akan benar-benar membantu Anda. Jangan sampai pinjaman tersebut justru menjadi utang tertumpuk di kemudian hari.menjerat Anda.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Comments 4

    1. Halo, terima kasih atas antusiasmenya terhadap layanan Modalku. Untuk mendaftar baik sebagai peminjam maupun pemberi pinjaman, Anda bisa langsung mengunjungi website kami.

Leave a Reply