Pentingnya Punya Penghasilan Tambahan Sekarang

Gaya hidup yang semakin modern membuat pengeluaran semakin membengkak. Meski Anda sudah hidup hemat atau bahkan pas-pasan, tetap saja terasa berat. Pernahkah terlintas di pikiran Anda bahwa mungkin masalahnya terletak pada sumber penghasilan Anda? Sekarang ini, semakin banyak orang yang memilih untuk melakukan lebih dari satu pekerjaan sekaligus agar bisa memenuhi segala kebutuhan dan keinginan pribadi mereka. Mulai dengan mengambil pekerjaan freelance hingga membuka usaha pribadi, seperti berbisnis online. Ini adalah cara ampuh untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Tahukah Anda? Saat ini ada banyak peluang bisnis online lho! Apa saja ya? Penasaran? Klik di sini!

Segala cara dilakukan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Terkhusus bagi Anda yang masih dalam usia produktif, ini momen terbaik untuk meng-eksplore berbagai pekerjaan. Bila Anda mulai berencana untuk membuka usaha pribadi sebagai sumber penghasilan tambahan, baik offline maupun online, Anda perlu menyiapkan modal usaha. Modal ini bisa Anda kumpulkan sedikit demi sedikit, atau dengan mengajukan pinjaman online dari Modalku.

Modalku memiliki layanan pinjaman online dengan syarat dan ketentuan yang mudah, serta bunga yang terjangkau. Proses pengajuan pinjaman dilakukan secara online, sehingga Anda tidak perlu beranjak dari rumah Anda. Anda pun dapat segera memulai usaha sampingan. Jika Anda masih ragu untuk memiliki usaha sampingan, berikut ini 4 manfaat utama dari penghasilan tambahan yang bisa Anda nikmati.

Dengan pinjam modal, Anda bisa mulai kesuksesan bisnis online!

Penghasilan Tambahan dengan Investasi

Instrumen investasi kini sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan dijadikan pilihan baru ketimbang mendiamkan uang di dalam tabungan. Akan tetapi, investasi bukanlah aktivitas yang boleh dianggap sepele. Perlu banyak pertimbangan untuk memilih produk investasi yang tepat, sesuai dengan kemampuan dan tujuan Anda.

Mengapa Anda perlu berinvestasi sesuai dengan kebutuhan? Simak penjelasannya di artikel ini: ”Memilih Instrumen Investasi Sesuai Kebutuhan”

Semakin besar profit yang didapat, maka semakin besar pula risiko yang harus siap ditanggung. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk tidak mengalokasikan seluruh dana yang Anda miliki untuk membeli instrumen investasi. Dengan begitu, Anda tetap punya pegangan ketika investasi Anda sedang merugi.

Penghasilan tambahan memiliki peran besar dalam aktivitas investasi Anda. Anda tidak perlu mengambil uang dari dana darurat, dana pensiun, atau penghasilan utama Anda. Gunakan saja penghasilan tambahan sebagai modal investasi Anda.

Lihat juga: “Menghadapi Krisis Ekonomi dengan Dana Darurat”

Solusi Bebas dari Masalah Finansial

Jika Anda sedang dilanda masalah finansial, pasti solusi yang ditawarkan oleh keluarga atau teman adalah mengatur keuangan dan menekan pengeluaran. Kedua cara ini memang benar adanya, tetapi kurang efektif untuk jangka panjang. Alangkah baiknya jika pengeluaran Anda yang cukup besar ini diimbangi dengan penghasilan tambahan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup Anda.

Memiliki penghasilan tambahan ibarat melengkapi sebuah kapal dengan sekoci. Tidak ada yang bisa memastikan bagaimana situasi finansial Anda ke depannya. Belum lagi dengan maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di tengah pandemi dan ancaman resesi yang kian mendekat. Anda bisa menggunakan penghasilan tambahan sepenuhnya untuk ditabung atau untuk menambah pundi-pundi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Simak 5 Bisnis untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan, apa saja ya?

Jadi Sumber Alokasi Dana Vital

Saat mengatur keuangan, ada begitu banyak pengeluaran berjumlah besar yang harus disiapkan. Walaupun Anda masih dalam usia muda, tetapi ini adalah saat yang tepat untuk menjadi produktif dan mengincar penghasilan sebanyak mungkin. Supaya Anda bisa mandiri secara finansial, Anda perlu mengalokasikan penghasilan Anda ke dana darurat dan dana pensiun.

Semakin cepat dimulai, semakin rendah juga jumlah dana yang harus dialokasikan per bulannya. Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis-jenis dana vital lainnya, seperti dana untuk membeli rumah, dana untuk menikah, dana pendidikan, dan dana untuk sekadar liburan. Jika Anda hanya mengandalkan penghasilan utama saja, tentunya seluruh dana vital tersebut akan sangat sulit untuk dikumpulkan.

Kesempatan Mengasah Keterampilan Lain

Sebagian besar orang yang memiliki lebih dari dua penghasilan puas dengan pekerjaan yang dilakukan. Ketimbang harus mendedikasikan diri sepenuhnya dengan pekerjaan kantor, banyak orang yang memilih untuk mengubah hobi menjadi sumber penghasilan tambahan. Mungkin saja Anda punya hobi melukis atau fotografi, ada peluang bagi Anda untuk menjadi freelancer di bidang tersebut.

Apapun itu hobi Anda, selalu ada kesempatan untuk mengubahnya jadi pekerjaan baru. Terlebih lagi, ketika Anda meluangkan lebih banyak waktu berkutat dengan hobi tersebut, Anda tengah mengembangkan keterampilan lain secara tidak langsung. Contohnya seperti keterampilan manajemen bisnis, mengatur keuangan, mengatur waktu, dan keterampilan lainnya yang berkaitan dengan hobi Anda.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply