Mengapa Peluang Usaha Coffee Sangat Menjanjikan?

Minum kopi sudah jadi kebiasaan setiap orang. Beberapa daerah bahkan punya budaya minum kopi yang khas. Ini membuktikan betapa minum kopi adalah aktivitas yang dekat dengan berbagai lapisan masyarakat. Dari desa hingga perkotaan, dari yang muda hingga yang tua, semua senang minum kopi. Jadi saat membicarakan peluang usaha coffee, tentu saja hal ini bisa Anda coba sebagai salah satu pilihan alternatif bisnis.

Tertarik mulai berbisnis? Kenali tantangannya di artikel ini: “Ingin Mulai Bisnis Tahun 2020, Kenali Tantangannya”

Peluang usaha coffee termasuk menjanjikan, bisa dilihat dari banyaknya kedai kopi yang terus bermunculan. Bahkan, beberapa gerai kopi franchise pun dengan mudah Anda temukan tidak hanya di kota-kota besar Indonesia. Jika Anda masih perlu diyakinkan lagi, berikut empat alasan lain mengapa peluang usaha coffee sangat menjanjikan.

Cakupan Pasar yang Luas

Minum kopi adalah budaya Indonesia sejak dahulu. Aceh sebagai daerah penghasil kopi terkenal dengan tradisi bi kupi pancong saboh, tradisi minum kopi setengah gelas. Atau Toraja, yang menurut para sejarahwan adalah tempat pertama di Sulawesi dimana orang mulai menanam dan meminum kopi. Karena telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, maka kopi memiliki cakupan pasar yang cukup luas. Anda dapat menargetkan bisnis kopi untuk anak muda hingga usia yang lebih senior.

Selain telah menjadi gaya hidup, data dari Survei Sosial Ekonomi Nasional dari BPS juga menunjukkan bahwa rata-rata jumlah konsumsi kopi per kapita penduduk Indonesia berada di angka 1,25 kg per tahun per penduduk. Angka tersebut masih signifikan dalam rekam data tahun 2002-2014. Itu berarti, perkembangan konsumen kopi di Indonesia bergerak stabil.

Generasi milenial disinyalir sebagai pangsa pasar menarik untuk produk kopi. Ketahui cara merebut “hati” milenial di artikel ini: “Memahami ‘Bahasa’ Milenial, Merebut Pasar”

Omzet Harian Mudah Tercapai

Hampir setiap hari masyarakat Indonesia meminum kopi, dengan begitu omzet harian bisnis kopi cenderung lebih mudah tercapai. Omzet juga dapat meningkat terutama pada akhir pekan dan hari libur, apalagi kini Anda dapat melebarkan promosi dengan menyediakan layanan pesan antar dengan memanfaatkan jasa third party.

Selain itu, margin profit dari kopi sendiri terbilang tinggi. Satu cangkir roasted kopi dijual paling murah di harga Rp 15.000,-. Sementara biji roasted kopi per kg harganya sekitar Rp 350.000,-. Dengan asumsi 50 cangkir kopi dapat dijual untuk 1 kg kopi, keuntungan yang didapat sebesar Rp 400.000,- atau lebih dari 50%.

Inilah salah satu alasan lain mengapa bisnis ini banyak menjadi pertimbangan pengusaha dan investor sekarang. Dengan modal tidak begitu besar dan memanfaatkan cakupan pasar yang luas tadi, sekalipun omzet harian tidak tercapai, profit masih bisa didapatkan dalam rentang produksi selama sebulan.

Menarik bukan bisnis kedai kopi? Kuy, simak artikel Kiat Sukses Bisnis Kedai Kopi!

Varian Menu Sederhana

Jika Anda perhatikan dengan seksama varian menu yang disajikan di beberapa kedai kopi, Anda pasti menyadari bahwa varian menu tersebut hampir sama antara satu kedai dengan kedai kopi lainnya, terutama kedai kopi yang menyajikan menu kopi turunan Espresso dan kopi filter. Namun sebenarnya, biji kopi yang digunakan biasanya berbeda di tiap kedai kopi. Pemilihan biji kopi dan cara roastednya inilah yang akan menghadirkan rasa yang berbeda antara satu kedai dan kedai lainnya.

Selain itu, setiap kedai kopi pasti memiliki signature drinks. Hadirnya signature drinks pada bisnis kopi baru sangat penting karena signature drinks adalah menu olahan kopi yang khas dan dibuat khusus untuk kedai kopi tersebut, tidak diracik di kedai lain.

Sementara untuk menu pendamping sajian kopi, Anda tidak perlu menyajikan yang terlalu fancy. Menunya bisa Anda sesuaikan dengan cita rasa dan tren di daerah Anda, seperti beberapa kedai kopi di daerah Yogyakarta misalnya. Banyak kedai kopi menyertakan penganan tradisional seperti pisang goreng, mendoan, atau singkong goreng. Beberapa kedai kopi yang lebih modern juga tetap menyajikan penganan tradisional ini namun dibuat dengan tampilan lebih tertata.

Lihat juga: “Rahasia Sukses Bisnis Kuliner”

Investasi Lebih pada Tempat dan Perangkat

Selain mengandalkan cita rasa dari kopi sajian Anda, alasan lain mengapa peluang usaha coffee ini menjanjikan adalah karena banyak pengusaha yang juga berinvestasi lebih pada tempat dan mesin pembuat kopi, seperti mesin espresso misalnya.

Beberapa kedai kopi bahkan hadir dengan tampilan interior dan desain ruang yang tidak begitu luas. Hanya ada bar, beberapa meja kosong, sambungan Wi-FI, stopkontak dan alunan musik yang easy listening. Kedai kopi seperti ini bisa dengan mudah Anda temukan di area kampus atau pemukiman pelajar dan mahasiswa.

Dari sini terlihat bagaimana pemilik bisnis kopi memfokuskan usahanya dengan menghadirkan tempat minum kopi yang nyaman. Menyesuaikan dengan kebutuhan target pasarnya tanpa terlalu berlebihan menghias interior dengan perabot mahal dan tidak begitu diperlukan. Dengan konsep yang simple inilah makanya peluang usaha coffee terasa menjanjikan.

Lihat juga: “5 Bisnis Online yang Punya Peluang Menjanjikan”


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply