2

Menakar Kemampuan Bisnis UKM dengan Memahami Pengelolaan Arus Kas

Lebih dari sekadar pencatatan pemasukan dan pengeluaran, arus kas juga dapat menjadi tolak ukur kemampuan bisnis UKM. Arus kas menjadi salah satu faktor utama yang dilihat pemodal untuk menilai kinerja perusahaan. Itulah mengapa arus kas perusahaan harus efektif, sistematis, memiliki kontrol baik, dan dilakukan setiap hari. Jika Anda terbilang cukup awam dalam pengelolaan arus kas, Anda bisa menyimak ulasan singkatnya berikut ini.

Manfaat Mengelola Arus Kas

Anda pasti paham bahwa arus kas yang baik akan berdampak positif pada kemajuan bisnis UKM. Namun, manfaat seperti apa yang dimaksud?

  • Dapat segera mengetahui kemacetan finansial pada kondisi keuangan perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa mengambil berbagai tindakan agar kemacetan serupa tidak terus berlanjut.
  • Mudah melihat potensi peningkatan kas perusahaan sehingga dana tersebut dapat dialokasikan secara tepat pada berbagai komponen. Nantinya, dana tersebut bisa digunakan sewaktu-waktu apabila perusahaan mengalami masalah keuangan.
  • Mencegah terjadinya pencurian dana kas, penyalahgunaan wewenang, hingga pemborosan penggunaan dana kas.

Mengontrol Arus Kas Bisnis UKM

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol arus kas perusahaan. Berikut adalah cara-cara yang paling lazim digunakan oleh banyak perusahaan:

  • Voucher – diberlakukan untuk setiap transaksi, baik pemasukan maupun pengeluaran kas perusahaan. Otoritasnya dilakukan oleh pihak manajemen yang memiliki wewenang untuk menyetujui atau menolak transaksi.
  • Rekening bank – memiliki beberapa sistem tertentu yang bertujuan menjaga rahasia dan keamanan kas perusahaan. Secara rutin, pihak bank akan memberikan laporan setiap bulan kepada perusahaan, baik itu mutasi transaksi atau hal lain yang berhubungan dengan rekening koran. Laporan rekening koran inilah yang kerap digunakan sebagai alat kontrol internal.
  • Petty cash – dilakukan perusahaan untuk mengontrol pengeluaran kas bernilai kecil yang selalu atau rutin terjadi tiap harinya. Petty cash, atau dana kas kecil, ditentukan oleh perusahaan untuk mengetahui besaran batas maksimal dana yang harus dikeluarkan perusahaan.

Sekilas Tips Mengelola Arus Kas

Agar bisa mengelola arus kas bisnis UKM secara lancar dan efektif, Anda bisa mencoba menerapkan beberapa tips berikut ini.

  • Memiliki hari khusus untuk pengeluaran uang – Misalnya, seluruh pengeluaran uang perusahaan harus dilakukan pada hari Rabu. Jadi, jika ada yang harus dicairkan, form bisa diusahakan sejak Senin. Apabila ada masalah terkait pembayaran, masih ada hari Kamis dan Jumat untuk eksekusi.
  • Pisahkan rekening pemasukan dan pengeluaran – Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengecek daftar pengeluaran saat membuat laporan keuangan karena tidak tercampur dengan pemasukan.
  • Perpanjang periode pembayaran utang bila perlu – Bukan bermaksud untuk menghindari pembayaran utang, tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan persediaan uang tunai untuk melunasi pinjaman usaha. Karena itu, aturlah tempo pembayaran utang sesuai kemampuan finansial bisnis kecil Anda.
  • Alokasikan pemasukan bisnis – Tujuannya agar keuangan Anda lebih terstruktur. Misalnya, dari 100% pemasukan Anda, 70% digunakan untuk biaya operasional dan 30% untuk biaya cadangan.

Agar arus kas selalu terkontrol, tidak ada salahnya untuk merekrut jasa akuntan profesional. Namun, jika belum memungkinkan, semoga panduan singkat di atas bisa membantu Anda memahami pengelolaan arus kas. Kuncinya terletak pada konsistensi dalam mengecek arus kas secara rutin. Good luck!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Subscribe

* indicates required

Comments 2

  1. Pingback: Mewujudkan Target Bisnis Agar Bukan Hanya Wacana – Modalku

  2. Pingback: Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner – Modalku

Tinggalkan Balasan