Apa Saja yang Bisa Dilakukan dengan Pinjaman Modal Usaha?

Modal bisnis tak hanya penting dalam mengawali suatu usaha. Semakin besar usahanya, maka semakin besar pula modal yang dibutuhkan. Kelancaran suatu bisnis dipengaruhi oleh keberadaan modal. Tanpa modal yang cukup, mustahil kegiatan operasional bisnis dapat berjalan lancar. Jika modal tidak cukup, pinjaman modal bisnis bisa jadi solusi. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan dengan pinjaman modal usaha? Simak ulasannya di bawah ini!

Lihat juga: “Pinjaman UKM Modalku”

Modal Awal Bisnis

Untuk memulai sebuah bisnis, pengusaha membutuhkan sejumlah dana sebagai modal untuk mewujudkannya. Sebelumnya, ketahui dulu cara mendapatkan modal usaha. Modal awal bisnis bisa menggunakan dana pribadi atau kelompok. Bila belum cukup, pinjaman modal usaha dari pihak lain adalah jawabannya. Jika meminjam dana dari orang sekitar tampak mustahil, opsi lanjutan yang bisa Anda gunakan adalah meminjam kredit modal usaha di bank atau kredit usaha rakyat (KUR). Pengajuan pinjaman online juga dapat menjadi alternatif, terutama bagi Anda yang membutuhkan dana secara cepat. Akan tetapi, selalu berhati-hatilah dan lakukan riset yang cukup saat mengecek opsi pinjaman online. Jangan sampai penyedia kredit tersebut bodong. Carilah penyedia kredit modal usaha yang terpercaya!

Mengembangkan Usaha

Setelah mengetahui cara mendapatkan modal usaha, Anda bisa melangkah ke tahap pengembangan usaha. Bisnis dalam skala besar pasti tak asing dengan praktik pinjam meminjam ini. Bisnis yang sudah tumbuh dengan stabil biasanya memerlukan suntikan dana untuk menambah sektor produksi dan operasional. Contohnya seperti menambah peralatan produksi, menambah bahan baku, hingga tenaga kerja. Tak hanya untuk bisnis produk berupa barang, bisnis yang bergerak di bidang jasa juga membutuhkan pinjaman modal untuk mengembangkan dan ekspansi usaha.

Lihat juga: “4 Cara Mengatur Arus Kas bagi UKM”

Membuka Cabang Baru

Pinjaman modal usaha juga dapat digunakan untuk membuka cabang baru dan memperluas jangkauan bisnis. Bila berbisnis di bidang kuliner atau rumah makan, Anda membutuhkan dana untuk membuka cabang baru di wilayah lain, baik di dalam kota maupun luar kota. Namun, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman modal usaha, sebaiknya bekali diri dengan pengetahuan seputar ketentuan memperoleh pinjaman yang aman dan efektif.

Gunakan Pinjaman Modal Bisnis untuk Menambah Varian Produk

Saat produk Anda mulai dikenal dan digemari para konsumen, melakukan riset dan menambah varian produk baru secara berkala adalah hal yang penting. Bisnis Anda akan lebih inovatif dan menguntungkan bila selalu menawarkan inovasi baru bagi konsumen. Mempersembahkan produk baru juga berfungsi untuk mempertahankan eksistensi bisnis dan mengikuti perkembangan pasar. Pinjaman modal usaha sangat membantu di sini karena untuk menambah varietas produk, biasanya dibutuhkan peralatan tambahan agar bisa memenuhi permintaan pasar.

Menjaga Aliran Kas

Di dunia bisnis yang serba fluktuatif, perolehan laba sering tidak stabil, bisa naik dan bisa juga turun. Padahal, perusahaan tetap wajib membayar gaji karyawan, membeli bahan baku, melakukan produksi barang, membayar biaya operasional, dan lainnya. Semua kewajiban tersebut harus dilakukan meskipun pendapatan di bulan tertentu cukup rendah. Untuk menjaga arus kas tetap positif, Anda membutuhkan tambahan dana. Jangan khawatir karena saat ini telah banyak alternatif yang bisa Anda pilih untuk mengajukan pinjaman secara cepat dan mudah untuk modal usaha, khususnya membiayai arus kas. Modalku punya produk khusus untuk mengatasi masalah arus kas, yaitu invoice financing.

Lebih lanjut: “Arus Kas Lancar, Aplikasi Kredit Kelar” dan “Siapa Bilang Mengajukan Utang itu Tabu?”


Banyak hal yang bisa dilakukan dengan pinjaman modal usaha. Anda juga bisa mendapatkan pinjaman modal usaha online melalui Modalku yang mendukung pertumbuhan bisnis lokal. Pengajuan pinjaman dan kredit modal usaha dapat dilakukan secara online. Modalku membentuk dunia keuangan yang lebih inovatif dan inklusif dengan menghubungkan pemberi pinjaman (investor) dan UKM berpotensi melalui sebuah platform online. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik di sini.

Lebih lanjut: “Pinjaman Anda Ditolak? P2P Lending Sebagai Alternatif”


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan