5 Peluang Bisnis Menjanjikan Selama Ramadan

Bukan hanya umat muslim yang menantikan bulan Ramadan setiap tahunnya. Para pengusaha dan pelaku bisnis pun melakukan hal yang sama. Kehadiran Ramadan membuka peluang bisnis yang cukup besar dan memberi kesempatan kepada banyak orang untuk menghasilkan keuntungan. Bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis selama Ramadan, berikut beberapa peluang bisnis yang cukup menguntungkan untuk dilakukan.

Katering Makanan Buka Puasa

Menyiapkan makanan untuk berbuka puasa memang menjadi salah satu hal menarik selama Ramadan, apalagi jika dilakukan bersama dengan orang-orang terdekat. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut membutuhkan waktu dan effort yang cukup banyak. Anda harus memikirkan menu apa yang dimasak, membeli bahan-bahannya, lalu memasaknya. Banyak orang yang terlalu sibuk sehingga tak sempat untuk melakukan hal tersebut.

Kondisi ini merupakan peluang untuk membuka jasa katering makanan buka puasa. Tawarkan menu yang bervariasi dan usahakan agar kandungan gizinya seimbang, mulai dari sayur, lauk pauk, buah-buahan, hingga susu. Akan lebih oke lagi jika Anda bisa menawarkan jasa antar kepada pelanggan. Tawarkan jasa katering Anda ini ke perumahan atau kantor dan kampus yang hendak melangsungkan buka puasa bersama.

Bisnis Produk Busana Muslim

Berbelanja baju baru sudah menjadi salah satu tradisi yang dilakukan umat muslim saat Ramadan. Banyak orang yang ingin terlihat fresh dengan mengenakan pakaian dan peralatan ibadah yang baru. Tidak mengherankan jika 1-2 minggu menjelang lebaran biasanya pusat perbelanjaan selalu ramai pengunjung.

Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan menjual berbagai produk busana muslim, misalnya seperti gamis, baju koko, celana kulot, jilbab, hingga mukenah dan sarung aneka motif. Tak harus membeli dan menyiapkan stok barang sendiri, Anda juga bisa menjadi reseller dari produk busana muslim milik orang lain sehingga modal yang dikeluarkan pun tak seberapa besar.

Kue Kering untuk Lebaran

Saat lebaran, biasanya akan ada banyak tamu yang datang ke rumah umat muslim untuk bersilaturahmi. Kue kering menjadi hidangan wajib untuk disuguhkan. Bagi yang mempunyai skill dan hobi membuat kue kering, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan kue kering untuk lebaran.

Jika memungkinkan, tawarkan berbagai jenis kue kering agar calon pembeli punya banyak pilihan, contohnya seperti kastengel, nastar, putri salju, dan lidah kucing. Coba pasarkan bisnis kue kering ini kira-kira 1-2 minggu menjelang lebaran.

Paket Parsel Lebaran

Tradisi lain yang juga sering dilakukan saat Ramadan, terutama menjelang lebaran, adalah memberikan parsel. Parsel lebaran ini tak hanya diberikan kepada keluarga atau teman-teman terdekat. Biasanya, para pemilik bisnis juga akan memberikan parsel kepada partner bisnis mereka, karyawan di perusahaan, hingga klien dan supplier sebagai bentuk ucapan selamat lebaran.

Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menyediakan jasa pembuatan dan pengiriman parsel. Agar bisnis Anda stand out, usahakan agar Anda bisa menyusun parsel secara lebih kreatif, misalnya dengan menambahkan kartu ucapan berdesain menarik, menggunakan keranjang dengan model berbeda, dan sebagainya.

Jasa Penyaluran Asisten Rumah Tangga

Beberapa hari menjelang lebaran, biasanya para asisten rumah tangga akan pulang ke kampung halaman masing-masing. Alhasil, orang-orang pun mau tak mau harus bekerja sendiri untuk melakukan berbagai urusan domestik seperti membersihkan rumah, memasak, dan mencuci baju atau laundry.

Kondisi ini dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Jika memiliki kenalan yang dapat menyalurkan jasa asisten rumah tangga, Anda bisa mendapat banyak keuntungan mengingat ada banyak orang yang pasti membutuhkan jasa tersebut. Pastikan saja bahwa calon asisten rumah tangga tersebut memiliki track record yang baik dan dapat dipercaya.


Itulah beberapa peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk dilakukan selama Ramadan. Tentunya Anda membutuhkan modal agar bisa memulai bisnis-bisnis tersebut. Tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba mendapatkan pinjaman usaha melalui Modalku, platform online peer-to-peer (P2P) lending yang akan mempertemukan Anda dengan para pemberi pinjaman. Syaratnya relatif mudah sehingga Anda bisa segera mendapatkan pinjaman sesegera mungkin!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply