9 Usaha Kecil yang Lagi Trend di Tahun 2022

usaha kecil yang lagi trend

Tidak ada salahnya mencoba usaha kecil yang lagi trend jika Anda ingin mulai terjun ke dunia bisnis. Ide usaha yang sedang populer dan berhasil dilakukan selalu memiliki pangsa pasarnya. Anda tidak perlu khawatir kalau tidak ada pelanggan, karena bidang usaha yang sedang tren lahir akibat minat atau kebutuhan masyarakat.

Daftar Usaha Kecil yang Lagi Trend dan Layak Dicoba

Meski tergolong populer, Anda bisa membuat ide usaha kecil ini lebih unik dan tidak terkesan pasaran. Ciri khas ini bisa diwujudkan lewat produk atau branding bisnis Anda. Konsumen lebih tertarik dengan produk yang memiliki ciri khasnya sendiri. Kunci ini membuat Anda lebih unggul, terlepas dari banyaknya kompetitor di sekitar Anda.

Selain melirik ide usaha kecil di bawah ini, Anda harus memikirkan cara kreatif untuk membuat bisnisnya unggul. Misalnya, memberikan pelayanan secara online, layanan ekstra, dan lain-lain. Yang paling penting, sesuaikan pula usaha yang akan dibangun dengan kebutuhan masyarakat di sekitar Anda.

Apa saja daftar usaha kecil yang lagi tren dan bisa dicoba? Simak uraian selengkapnya dari Modalku di bawah ini.

1. Bisnis Thrift

Anda tidak perlu modal besar untuk menjalankan bisnis thrift, tapi mampu mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Orang pun lebih memilih melakukan penghematan dengan berburu pakaian thrift. Selain itu, mereka bisa mendapatkan harta karun tak terduga, yakni pakaian branded.

Mulailah dengan berburu paket usaha yang sering ditawarkan oleh bisnis thrift raksasa. Agar berhasil, Anda bisa memanfaatkan fitur live di media sosial sebagai sarana pemasarannya.

2. Katering Makanan Sehat

Tubuh yang sehat tidak semata-mata lahir dari kegiatan olahraga, tapi juga makanan yang bergizi. Tawarkan katering sehat kepada pelanggan, apalagi bagi mereka yang sibuk berkutat dengan pekerjaannya. Anda pun bisa menerima permintaan dalam partai besar.

Anda harus memahami takaran gizi yang harus ada dalam menu kateringnya. Usahakan ada variasi menu setiap harinya agar pelanggan tidak merasa bosan menyantap menu katering Anda. 

Baca Juga: 4 Alasan Bisnis Anda Butuh Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

3. Virtual Event Planner

Masa pandemi saat ini mengharuskan hampir semua kegiatan diadakan secara virtual, termasuk acara atau pesta. Acara yang diselenggarakan secara virtual pun membutuhkan rencana yang tepat agar berjalan lancar. Anda bisa menawarkan diri sebagai virtual event planner dan membantu merencanakan acara klien.

Miliki berbagai peralatan yang mendukung kelancaran acara secara virtual, seperti website game ice breaking atau platform meeting berlisensi. Acara yang ditangani bisa berupa acara besar dari suatu perusahaan atau acara kecil seperti temu kangen bersama teman-teman seangkatan.

4. Reseller Produk Kecantikan

Semakin banyak wanita yang sadar akan perawatan kecantikan kulitnya saat ini. Meski terkesan mainstream, Anda dapat membuat bisnisnya jadi lebih unik. Misalnya, menawarkan jasa konsultasi produk skincare yang tepat bagi kondisi kulit tertentu.

Anda pun dapat memberikan edukasi mengenai produk skincare yang asli dan aman digunakan. Manfaatkan media sosial sebagai wadah pemasaran sekaligus sarana edukasi pelanggan bisnis kecantikan Anda.

Baca Juga: Kenali Perbedaan dari Tugas Reseller dan Dropship

5. Kursus Online

Les privat tidak melulu menyasar anak-anak sebagai pangsa pasarnya, tapi juga orang dewasa. Jika Anda memiliki keahlian khusus dalam pekerjaan, seperti Microsoft Excel atau digital marketing, jadikan saja sebagai peluang usaha Anda.

Bagi yang pangsa pasarnya anak-anak, Anda bisa menawarkan les privat pelajaran kepada mereka. Pilihan lainnya adalah kursus yang berkaitan dengan kesenian, seperti les musik. Selain berbisnis, Anda turut memajukan generasi muda Indonesia lewat jasa kursus ini.

6. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan banyak macamnya, seperti buket bunga, boneka kain atau rajut, hingga perabotan rumah. Apapun jenisnya, lakukan bisnis kerajinan tangan sesuai kemampuan yang dimiliki.

Pelanggan yang membutuhkan kerajinan tangan pun tidak sedikit, baik sebagai hiasan, hadiah, atau furnitur rumah tangga mereka. Keunggulan bisnis ini adalah Anda bisa berkreasi sesuai trademark yang ingin diusung, sehingga produknya belum tentu identik dengan kompetitor.

Baca Juga: Sulit Cari Orang yang Bisa Meminjamkan Uang untuk Modal Bisnis? Gunakan Modalku Saja!

7. Bisnis Hampers

Berbagi hadiah sudah menjadi rutinitas banyak orang, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Anda dapat mengambil peluang usaha ini dengan mendirikan bisnis hampers. Isi hampers-nya bervariasi, bisa berupa makanan, pakaian, atau pernak-pernik lainnya.

Jika ada modal lebih, Anda dapat mendirikan bisnis hampers custom, seperti mug, piring, tas, dan lain-lain. Bisnis hampers lebih ramai dilakukan menjelang hari raya, jadi Anda jangan melewatkan kesempatan tersebut. Anda tidak hanya menyasar target pasar berupa perorangan, tapi juga badan usaha atau organisasi lewat jasa hampers ini.

8. Usaha Jahit Pakaian

Bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan besar apabila dijalankan secara serius. Pesanan yang Anda terima bisa berupa menjahit pakaian atau sekadar memperbaiki bagian pakaian yang rusak.

Apabila memiliki kemampuan merancang busana, Anda bisa mengembangkan bisnis ini. Hasil desain pakaian Anda bisa diproduksi dalam jumlah banyak dan dijual lewat platform yang tersedia. Nilai jual produk semakin meningkat jika Anda menggunakan bahan kain berkualitas terbaik dan desain yang tidak mainstream.

9. Jasa Content Creator

Prospek usaha ini kian menjanjikan pada masa sekarang, apalagi banyak bisnis yang memasarkan jasanya lewat media sosial. Konten yang dibuat bervariasi, asalkan sesuai format media sosial yang ingin digunakan. Tawarkan bisnis ini ke rekan atau kerabat yang membutuhkan jasa content creator di bisnisnya.

Perdalam pengetahuan mengenai content marketing agar keberhasilan bisnis Anda kian meningkat. Lakukan usaha content creation ini secara serius agar hasil yang didapatkan pun lebih besar.
Kebutuhan masyarakat yang semakin menjamur melahirkan berbagai ide usaha kecil yang lagi trend. Jangan hanya membacanya, jalankan bisnis Anda sekarang juga dengan pinjaman modal kerja dari Modalku. Proses pengajuan pinjamannya tidak rumit, cukup isi formulirnya dan kami akan memberikan pinjaman sesuai kebutuhan Anda. Tunggu apalagi, hubungi Modalku segera dan ajukan pinjaman untuk kemajuan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan