Kenali 11 Fungsi Pengemasan Suatu Produk yang Penting

fungsi pengemasan

Fungsi pengemasan produk sangat besar bagi bisnis, jadi Anda tidak boleh melewatkan aspek ini. Meski berguna untuk melapisi produk, pengemasan alias packaging pun mampu menambah daya tarik dari pembeli. Pembelian produk pun meningkat jika Anda memerhatikan aspek pengemasan ini secara detail.

Tidak hanya bisnis besar, usaha kecil yang baru merintis pun membutuhkan pengemasan. Kemasan yang didesain dengan baik dapat menambah nilai jual produknya. Pembeli pun lebih percaya dengan produk yang dikemas dalam packaging lantaran faktor keamanannya.

Fungsi Pengemasan yang Tidak Boleh Disepelekan

Pertanyaan mengenai pentingnya kemasan mungkin sempat terlintas di benak Anda. Tidak jarang pebisnis pemula mengabaikan faktor penting ini dan sembarang memilih kemasan untuk membungkus produknya. Padahal, kemasan yang buruk dapat memengaruhi kualitas produk yang dibungkus di dalamnya.

Pemilihan kemasan yang baik merupakan salah satu bentuk bisnis menghargai konsumen. Kita menjaga kepercayaan konsumen dengan menjaga kualitas produk lewat kemasan yang membungkusnya.

Kemasan memiliki fungsi yang cukup besar bagi perkembangan bisnis. Karena itu, tidak salah bisnis harus berinvestasi di desain dan bentuk kemasan. Kemasan dan produk merupakan dua hal yang saling melengkapi.

Apa saja fungsi kemasan yang harus diketahui oleh pebisnis? Baca uraian lengkapnya di artikel ini.

1. Melindungi Produk

Produk tanpa kemasan atau packaging tidak akan terjamin keamanannya. Kemasan bertugas untuk melindungi produk dari cuaca dan debu yang memengaruhi kualitasnya. Fungsi ini terjaga saat produk disimpan sebagai stok gudang atau dipajang di etalase. Kerugian akibat kualitas produk yang menurun pun bisa dihindari berkat kehadiran kemasan.

2. Kemudahan dalam Distribusi Produk

Jika tidak disimpan dalam kemasan, produk Anda jadi susah didistribusikan atau dikirimkan kepada pelanggan. Lain halnya jika Anda menggunakan kemasan, proses pengiriman pun lebih mudah. Tidak hanya itu, pelanggan pun menerima produk dalam keadaan baik lantaran kemasannya berkualitas.

Baca Juga: 7 Ide Jualan yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

3. Sarana Promosi

Kemasan pun menjadi bagian dari strategi promosi yang cukup efektif. Kemasan yang dirancang dengan baik dan merepresentasikan produsen dapat memengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Jadi, rancanglah kemasan produk yang menarik sebagai sarana promosi bisnis Anda.

4. Daya Tarik Visual

Saat dipajang di etalase atau galeri toko online, pelanggan cenderung memilih produk dengan kemasan yang menarik. Fungsi pengemasan di sini pun berperan pula untuk meningkatkan daya tarik visual produknya. Keuntungan yang dihasilkan pun meningkat, jadi sepadan biaya operasional untuk pengemasan yang dikeluarkan, bukan?

5. Sarana Informasi

Sebagai pebisnis, Anda pasti berharap produknya digunakan secara tepat oleh pelanggan. Jadikanlah kemasan sebagai sarana informasi mengenai produk Anda kepada pelanggan. Anda harus memasukkan informasi yang tepat dan dibutuhkan oleh pelanggan pula, seperti tanggal kedaluwarsa, cara penggunaan produk, material yang digunakan, dan lain-lain.

Baca Juga: Kelebihan Pemasaran Online dibanding daripada Cara Promosi Offline

6. Identifikasi Produk

Kemasan produk yang berbeda bentuk, ukuran, dan warnanya dirancang sebagai tanda identifikasi produk di dalamnya. Pelanggan memiliki bayangan terhadap tampilan produk lewat tampilan kemasannya. Kemasan merupakan kepribadian dan representasi produk, jadi buatlah desain packaging yang cocok untuk produknya. Jangan biarkan kemasan memengaruhi produk, tapi sebaliknya karena produk merupakan bagian fondasi bisnis.

7. Jaminan kepada Pelanggan

Kemasan menjadi jaminan bisnis kepada pelanggan bahwa produk yang tersimpan di dalamnya terlindungi dengan baik. Fungsi ini harus dibuktikan pula dengan prosedur pengemasan yang benar. Karena itu, miliki SOP mengenai packaging yang harus dilakukan oleh karyawan sehingga isi dan kualitas produk tetap terjamin hingga di tangan pelanggan.

8. Kenyamanan bagi Pelanggan

Tidak hanya proses distribusi atau pengiriman, kemasan pun memberikan kenyamanan saat produk diterima oleh pelanggan. Pelanggan tidak akan repot saat menerima produk dan menyimpannya. Kemasan pun memberikan rasa nyaman dan aman bagi pelanggan karena mereka yakin produk yang digunakan terjaga kualitasnya.

9. Menambah Nilai Produk

Kemasan yang baik dan menarik mampu menambah nilai jual sebuah produk. Anda bisa melihatnya di etalase toko, di mana produk yang dikemas dengan baik lebih dipilih pelanggan daripada produk tanpa kemasan. Nilai jual produk bertambah pula karena ada kertas petunjuk penggunaan, kartu garansi, kartu ucapan, atau suvenir bonus, dan kemasan yang baik mampu menampung semua hal tersebut.

Baca Juga: Belajarlah dari 4 Contoh Strategi Pemasaran Produk Ini

10. Efektivitas Biaya

Produk tanpa kemasan akan terganggu kualitasnya. Masalah ini bisa berujung pada kurangnya minat pembeli terhadap produk. Pada akhirnya, kerugian pun tidak bisa dihindari hanya karena produk telanjang tersebut, mengakibatkan biaya pun semakin membengkak. Dampak ini bisa dicegah hanya jika Anda menambah kemasan dalam produknya.

11. Informasi Mengenai Pembuangan

Ada kemasan yang tidak aman jika dibuang sembarangan karena bisa membahayakan lingkungan. Anda selaku pebisnis yang bertanggung jawab dapat memanfaatkan kemasan sebagai wadah informasi pembuangan yang tepat dan harus dilakukan. Hitung-hitung menyelamatkan bumi sebagai tempat tinggal kita, bukan?

Seluruh fungsi pengemasan di atas bersifat customer oriented, jadi kita bisa meningkatkan kepuasan pelanggan hanya lewat kemasan. Tertarik mengembangkan prosedur pengemasan untuk bisnis Anda tapi terkendala biaya? Jangan khawatir, daftar saja program pinjaman modal kerja dari Modalku dengan tenor yang cukup fleksibel. Tunggu apalagi, tingkatkan bisnis Anda hanya bersama Modalku.

Tinggalkan Balasan