Kelebihan dan Kekurangan Endorsement Artis

Belakangan ini, endorsement artis menjadi strategi marketing yang gencar dilakukan. Mulai dari brand besar hingga bisnis skala menengah, tidak ragu untuk memilih strategi endorsement. Sebenarnya, efisienkah strategi marketing semacam ini? Berikut pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari endorsement artis sebagai strategi marketing.

Lebih Mudah Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

Keuntungan pertama dari endorsement artis adalah Anda lebih mudah mendapatkan kepercayaan konsumen. Mengapa demikian? Selebriti atau public figure tentu sudah memiliki citra tersendiri yang melekat pada mereka. Artis A mungkin cocok untuk endorsement produk kecantikan, namun belum tentu ia cocok untuk produk makanan. Ini semua karena citra atau branding yang memang sudah ada pada artis tersebut.

Untuk itu, Anda harus selektif dalam memilih artis untuk endorsement. Semakin sesuai citra artis yang dipilih dengan produk yang diiklankan, maka semakin tinggi pula kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Jangan gegabah dalam memilih figur untuk memasarkan produk Anda karena bisa mempengaruhi kepercayaan konsumen.

Lebih lanjut: 5 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dalam Bisnis

Biaya Murah, Penjualan Meningkat

Kedua, biaya untuk endorse artis relatif lebih terjangkau. Terutama jika Anda membandingkannya dengan iklan konvensional di TV atau media cetak. Kebanyakan selebriti yang menawarkan jasa endorse akan memanfaatkan media sosial mereka untuk mengiklankan produk. Dengan begitu, biaya yang harus dikeluarkan pun tidak terlalu besar.

Hanya dengan membayar jasa artis untuk endorse, Anda sudah bisa meningkatkan penjualan. Terlebih jika artis yang Anda pilih memang memiliki followers atau audiens yang sesuai dengan target market produk. Bukan hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga traffic media sosial atau website bisnis Anda.

Membangun Brand Awareness dan Brand Love

Anda baru mulai berbisnis? Belum banyak yang tahu tentang produk Anda? Endorsement artis bisa menjadi strategi marketing online yang efisien. Dengan menggandeng artis yang memang sudah memiliki nama untuk melakukan endorsement produk, maka brand awareness pun bisa tercipta. Masyarakat pun semakin mengenal produk Anda.

Dalam perjanjian kontrak, pastikan artis yang Anda pilih mencantumkan media sosial, website bisnis, atau kontak yang dapat dihubungi untuk mendapatkan produk. Dengan begitu, konsumen bisa langsung melihat-lihat sendiri produk yang Anda tawarkan.

Rate Harga yang Bervariasi dari Setiap Artis

Tarif yang ditetapkan oleh artis untuk endorsement bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan. Kelebihannya, seperti yang sudah dibahas, harganya relatif lebih terjangkau dibandingkan iklan konvensional. Kekurangannya, rate harga yang ditetapkan oleh setiap artis pun sangat variatif.

Ada artis yang menetapkan rate harga tinggi. Biasanya, rate seperti ini ditetapkan para artis yang memiliki followers dalam jumlah banyak dan memang sudah memiliki citra yang kuat. Di sisi lain, ada juga artis yang menetapkan rate harga tinggi. Namun kekurangannya, ia tidak memiliki terlalu banyak followers dan belum terlalu dikenal.

Sebagai solusi, Anda bisa memilih artis yang rate harganya ada di tengah-tengah. Jumlah followers yang dimiliki pun tidak harus terlalu besar, yang penting cukup dikenal dan memang sesuai dengan target market produk Anda.

Iklan yang Tidak Bertahan Lama

Kekurangan lainnya dari endorsement artis adalah iklan yang tidak bertahan lama. Berbeda dengan iklan konvensional yang biasanya dikontrak dalam durasi waktu tertentu, durasi iklan pada artis cenderung lebih singkat.

Ini karena artis biasanya mengiklankan produk pada media sosial mereka. Kebanyakan endorsement dipasang pada post yang sifatnya sementara seperti Instastory di Instagram. Jika Anda menginginkan durasi lebih lama, tentu ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Untuk menyiasatinya, Anda harus memaksimalkan durasi yang terbatas untuk beriklan. Berikan brief yang jelas namun straight to the point dan tentunya jelas pada artis saat melakukan endorse.

Lihat juga: Cara Pasang Iklan Gratis untuk Promosi Bisnis Online

Sulit untuk Dimonitor

Terakhir, endorsement cenderung susah untuk dimonitor. Pihak management artis mungkin akan memberikan waktu tayang iklan produk Anda. Namun, ada kalanya jadwal tersebut bergeser untuk menyesuaikan kesibukan artis.

Selain itu, setelah iklan di-post di media sosial,Anda juga tidak bisa langsung memantau engagement rate karena semuanya ada pada akun si artis. Anda harus menunggu progress report dari pihak artis untuk mengetahui bagaimana reaksi publik terhadap produk yang diiklankan.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, strategi marketing online pun terus berkembang. Endorsement artis adalah salah satu bentuk marketing yang populer akhir-akhir ini. Tertarik untuk meng-endorse artis? Siapkan modal Anda dengan pendanaan dari Modalku. Dengan proses yang praktis dan tanpa agunan, mari kembangkan bisnis online Anda bersama Modalku!

Kembangkan Bisnis!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKMĀ di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply