Dengan berkembang pesatnya teknologi media sosial sekarang, semua orang bisa mendapatkan informasi dalam waktu lebih singkat. Arus informasi yang cepat ini tentunya akan mempermudah strategi marketing untuk bisnis, termasuk dengan memberikan konsumen lebih banyak pilihan menarik. Nah, salah satunya yang sedang populer belakangan ini adalah FOMO marketing karena dinilai bisa meningkatkan daya saing. Memang, apa alasannya? Yuk, kita pelajari di sini!
Apa Itu FOMO Marketing?
Sederhananya, FOMO marketing adalah taktik promosi yang memanfaatkan perasaan Fear of Missing Out, atau rasa takut ketinggalan perkembangan terkini. Untuk memunculkan perasaan tersebut, konten promosi dalam strategi pemasaran tersebut akan lebih mengutamakan elemen mendesak. Misalnya, ketika masa promosi sudah berakhir, pelanggan tidak akan bisa mendapatkannya lagi. Jadi, mereka akan lebih terdorong untuk mengambil tindakan.
Manfaat dari Strategi FOMO Marketing
Penerapan strategi FOMO marketing secara tepat akan membawa banyak keuntungan bagi bisnis, di antaranya sebagai berikut:
1. Bantu meningkatkan penjualan
Pernahkah Anda merasa lebih termotivasi untuk membeli sebuah barang incaran karena keadaan mendesak, seperti saat stoknya sudah tinggal sedikit atau harga diskonnya akan segera berakhir? Nah, itulah yang menjadi sorotan utama FOMO marketing. Karena adanya rasa “takut tertinggal”, Anda tidak akan berpikir terlalu lama untuk mengeluarkan uang. Hasilnya, pelaku usaha bisa mencetak lebih banyak penjualan sekaligus keuntungan.
2. Memberikan kesan eksklusif pada produk
Anda juga bisa menggunakan FOMO marketing untuk menciptakan barang eksklusif, lho. Misalnya, dengan memasarkan produk yang hanya akan tersedia selama durasi waktu tertentu atau diproduksi secara terbatas dalam waktu lama. Jadi, produk Anda akan memiliki keunggulan unik yang meningkatkan daya pikatnya di mata konsumen.
3. Membangun interaksi dengan pelanggan
Jika Anda sering berbelanja secara online, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan pesan pengingat untuk segera check out isi keranjang. Nah, inilah bagaimana strategi FOMO marketing bisa mendorong interaksi antara bisnis dan pelanggan.
Misalnya, setelah menerima pesan tersebut, mungkin pelanggan akan tertarik untuk menanyakan informasi lebih lanjut tentang produk yang ada di keranjangnya. Selain itu, perwakilan brand juga dapat menghubungi pelanggan untuk memberikan review sebagai konten promosi.
4 Contoh Penerapan FOMO Marketing
Bagaimanakah Anda bisa menerapkan FOMO marketing dalam taktik promosi? Anda dapat memperoleh inspirasi dari keempat contoh di bawah ini:
1. Ulasan produk
Umumnya, pengguna internet akan lebih terdorong mendapatkan sebuah produk setelah mengetahui rekomendasi dari pengguna lain. Maka dari itu, Anda bisa menunjukkan testimoni orang lain yang sudah memiliki produk Anda melalui review atau ulasan singkat atau bahkan studi kasus mendetail. Dengan demikian, pelanggan bisa memperoleh informasi tentang keunggulan produk Anda dari opini yang lebih autentik.
2. Promo eksklusif
Promo potongan harga memang selalu menarik karena kapan lagi Anda bisa mendapatkan produk berkualitas premium dengan harga miring? Bahkan, ada banyak kesempatan yang bisa Anda manfaatkan untuk memberikan diskon eksklusif, mulai dari hari raya besar di Indonesia hingga hari berdirinya brand Anda. Selain diskon, Anda juga bisa menawarkan promo “beli X gratis X” selama waktu terbatas.
3. Produk edisi terbatas
Apakah Anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk kolaborasi yang hanya ditawarkan selama jangka waktu tertentu? Itulah salah satu contoh populer dari FOMO marketing. Misalnya, Anda bisa mempromosikan produk hasil co-branding dengan tokoh kenamaan atau brand lain di luar industri Anda. Atau, ada juga alternatif berupa varian premium yang hanya diproduksi beberapa kali dalam setahun.
4. Cuci gudang
Ingin mengikis stok barang lama yang tidak akan diproduksi lagi untuk membersihkan gudang sekaligus menghasilkan keuntungan? Taktik clearance sale atau cuci gudang jawabannya. Mirip seperti diskon eksklusif, pelanggan akan lebih mudah merasa terdorong untuk berbelanja karena mereka tidak mau melewatkan kesempatan barang yang akan jadi susah dicari dengan harga murah.
FOMO marketing memang memiliki banyak manfaat sekaligus strategi penerapan yang beragam. Supaya hasilnya lebih menguntungkan dari segi keuangan serta exposure bisnis, pastikan Anda merancang konten promosi yang menekankan keunggulan produk tersebut serta membangun hubungan emosional dengan pelanggan.
Tentunya, hal tersebut akan membutuhkan riset mendalam dengan berbagai tools yang mungkin tidak gratis. Tapi, Anda bisa tetap tenang karena ada layanan pendanaan untuk UMKM dari Modalku. Strategi marketing Anda akan lebih mudah terwujud karena adanya bantuan modal usaha hingga Rp2 miliar dengan suku bunga serta sistem pelunasan yang ringan, deh. Penasaran? Yuk, ajukan sekarang dan rasakan manfaatnya!

