1

Memaksimalkan Penggunaan Dana Kredit untuk Memajukan Usaha

Pada umumnya, jumlah dana yang diperlukan setiap pebisnis untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya tidaklah sedikit. Selain itu, modal usaha yang dimiliki juga harus terus diputar agar menghasilkan keuntungan maksimal. Tak jarang banyak pebisnis yang justru terhambat akibat kehabisan modal usaha. Beruntung saat ini ada beragam jenis kredit usaha rakyat yang tersedia dan diawasi secara langsung oleh pemerintah. Namun, terkadang pinjaman jenis ini pun masih sulit dijangkau. Oleh karena itu, diperlukan pinjaman tanpa jaminan, khususnya bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)

Lihat juga: “Pinjaman dengan Tanpa Jaminan, Mana yang Cocok untuk Anda?”

Dengan kredit tersebut, para pengusaha dapat membuka atau mengembangkan usaha, membeli bahan baku, membiayai proses distribusi, dan pemeliharaan alat produksi. Namun, diperlukan cara yang jitu untuk memaksimalkan dana pinjaman tanpa jaminan yang didapatkan agar usaha terus maju. Lantas, bagaimana caranya?

Pisahkan Uang Pinjaman dan Uang Pribadi

Untuk memaksimalkan kredit usaha, Anda sudah harus bisa mengelola keuangan dengan baik. Pastikan untuk selalu memisahkan antara uang pinjaman dan uang pribadi agar tidak bercampur. Hal ini perlu dilakukan agar Anda lebih mudah mengontrol jumlah pengeluaran dan pendapatan setiap bulannya. Sebaliknya, ketika keuangan bercampur aduk, maka Anda akan semakin sulit mengelola dan memaksimalkan kredit usaha yang sudah diberikan debitur.

Lebih lanjut: “Cara Praktis Mengelola Utang Agar Tidak Menjerat Bisnis Anda”

Buat Skala Prioritas

Mendapatkan kredit usaha tentu menjadi kabar yang menyenangkan, terlebih jika bisnis Anda sudah terlalu lama stuck di satu titik. Namun, bukan berarti Anda bisa bebas membeli apa saja dengan uang pinjaman tersebut. Apalagi dengan kemudahan mendapatkan pinjaman online tanpa jaminan, bukan berarti Anda bisa sembarangan menggunakannya. Mulailah untuk menyusun skala prioritas atas kebutuhan bisnis yang ingin dipenuhi.

Melalui skala prioritas tersebut, Anda bisa lebih memaksimalkan pinjaman online tanpa jaminan untuk keperluan ekspansi bisnis. Selain itu, daftar prioritas Anda akan meminimalisir kemungkinan adanya kebutuhan bisnis yang terlewatkan. Dengan begitu, jalannya usaha Anda akan semakin terarah dan keuangan dapat diatur dengan lebih baik. Pinjaman online tanpa jaminan yang Anda dapatkan pun dapat berfungsi secara efektif.

Mengelola utang dengan baik dapat menghindarkan Anda dari masalah keuangan. Mengapa demikian? Pelajari lebih lanjut di sini!

Investasikan Hasil Keuntungan

Apabila kredit usaha sudah dipakai dan berhasil memberikan keuntungan untuk Anda, sebaiknya sisihkan sebagian keuntungan untuk investasi. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan investasi adalah dengan membelanjakan keuntungan tadi untuk alat produksi atau menambah jumlah karyawan agar usaha Anda nantinya dapat berkembang semakin luas. Tanpa disadari, kredit usaha yang diterima justru akan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda untuk Anda!

Selalu Bayar Angsuran Tepat Waktu

Setelah memanfaatkan kredit usaha, pastikan Anda selalu menyiapkan dana yang akan digunakan untuk membayar angsuran pinjaman tanpa jaminan. Jangan lupa untuk menyisihkan setiap pemasukan untuk membayar angsuran setiap bulannya. Jika tidak, maka Anda akan kesulitan untuk membayar angsuran tepat waktu dan bunga pinjaman akan terus membengkak. Hal itu akan membuat jumlah uang yang harus dibayarkan menjadi jauh lebih besar.


Itulah tadi cara-cara efektif yang dapat memudahkan Anda dalam memaksimalkan kredit usaha yang diperoleh. Tertarik mengajukan kredit untuk modal usaha? Percayakan saja pada layanan peer-to-peer lending berbasis online dari Modalku. Pinjaman Modalku merupakan pinjaman dana cepat untuk kebutuhan modal usaha hingga Rp 2 miliar.

Pinjaman modal usaha cepat tanpa agunan dari Modalku juga terdaftar dan diawasi secara langsung oleh pemerintah Indonesia melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kredit usaha Anda jelas lebih aman dan menguntungkan. Tunggu apa lagi? Tingkatkan bisnis Anda sekarang juga!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Subscribe

* indicates required

Comments 1

  1. Pingback: Jangan Bingung! Ini 4 Tips Cara Memulai Bisnis! - Modalku

Tinggalkan Balasan