Kelebihan Memulai Bisnis Baru daripada Cari Kerja Lagi

Memulai bisnis baru jelas tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan serta dipelajari untuk dapat memiliki bisnis yang tidak hanya dapat menghasilkan profit, tetapi juga dapat bertahan. Tidak heran banyak orang yang cepat menyerah ketika memulai bisnis, apalagi jika mereka belum memiliki ide bisnis yang jelas. Selain kendala belum ada ide bisnis, kebanyakan orang juga merasa belum memiliki pengalaman yang cukup dan merasa takut jika harus merugi.

Penyebab-penyebab orang enggan memulai bisnis baru ini sebenarnya bukan masalah tanpa solusi. Soal belum memiliki ide bisnis misalnya. Anda dapat menyiasatinya dengan mencari referensi ide usaha dari artikel di internet atau media sosial. Sementara soal pengalaman, ini bisa ditangani dengan belajar tentang bisnis dari konsultan bisnis atau mempelajari melalui workshop, webinar, atau buku. Untuk membuat Anda lebih yakin memulai bisnis baru sendiri, berikut beberapa kelebihan memiliki bisnis sendiri.

Ada banyak peluang bisnis yang sayang kalau dilewatkan begitu saja. Beberapa diantaranya adalah berikut ini: Memulai Bisnis Baru dengan 5 Peluang Bisnis Online Ini!

Kesempatan Mengembangkan Hal yang Disukai

Dengan membuka bisnis baru, Anda memiliki peluang untuk mengembangkan hal-hal yang Anda sukai yang selama ini tertahan, misalnya mengubah hobi menjadi ide bisnis. Kesempatan seperti ini jarang sekali dapat Anda temukan jika Anda bekerja dengan orang lain.

Kembangkanlah hobi-hobi yang memiliki manfaat tidak hanya untuk diri Anda sendiri, tetapi juga bagi orang lain. Misalnya jika Anda gemar berkebun dan menyukai tanaman, hobi ini bisa dikembangkan dengan membudidayakan tanaman herba untuk kemudian dijual dalam bentuk tanaman atau olahan herba.

Meningkatkan Peluang Kerja

Saat Anda memutuskan untuk memulai bisnis baru, secara tidak langsung Anda membantu mengurangi jumlah pengangguran di negeri ini. Adanya usaha baru membuat Anda membutuhkan tenaga kerja. Dengan begitu, meningkat pula peluang kerja bagi orang-orang yang belum mendapatkan pekerjaan.

Dengan mempekerjakan orang pada bisnis baru Anda, berarti Anda sedang membantu mereka untuk mendapatkan penghasilan secara mandiri. Walau bisnis baru Anda hanya membutuhkan 2-3 orang pegawai, itu sudah cukup baik.

Lihat juga: “Memulai Usaha Mikro, Kenapa Tidak?”

Melatih Karakter Kepemimpinan dan Problem Solving

Saat memulai bisnis baru, Anda harus bertindak sebagai seseorang yang dapat mengambil keputusan. Ini berarti Anda akan mendapat kesempatan lebih banyak untuk menerapkan kemampuan leadership serta problem solving yang Anda miliki. Ini bisa jadi tantangan sekaligus kelebihan dalam memiliki bisnis sendiri.

Disebut tantangan karena tentu saja hal ini tidak mudah. Akan ada banyak hal-hal baru bagi Anda sehingga butuh waktu dan usaha lebih untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Contohnya seperti sikap dan cara Anda menjalankan bisnis yang akan menentukan kualitas relasi kerja antara Anda dengan pegawai atau tim untuk menghasilkan performa bisnis yang baik.

Contoh lainnya adalah saat ada pegawai yang membuat kesalahan dalam membuat laporan stok barang sehingga mengakibatkan barang terlambat dipesan kembali. Alhasil, pengiriman barang jadi tertunda. Saat terjadi kondisi ini, apakah Anda cenderung mengomel tanpa solusi atau memberi teguran jelas dan mengirimkan barang yang tertunda pengirimannya dengan ekspedisi kilat?

Kemampuan leadership dan problem solving ini akan lebih terasah dan berkembang saat Anda menghadapi berbagai tantangan bisnis. Jika Anda telah menguasai dua hal ini, secara langsung akan terbentuk iklim kerja yang positif, kerja tim semakin kompak, dan menghasilkan tim yang loyal pada bisnis Anda. Keuntungan seperti ini dapat memberikan bisnis Anda kesempatan untuk lebih berkembang ke depannya.

Lihat juga: “Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjadi Pemimpin yang Baik”

Bebas Berkreasi dan Berinovasi

Kelebihan lainnya dari memulai bisnis baru adalah Anda jadi lebih bebas untuk berkreasi dan berinovasi. Mengingat bisnis ini adalah bisnis Anda sendiri, maka Anda lebih leluasa mengambil keputusan-keputusan inovatif demi kemajuan bisnis. Anda jadi lebih berani untuk mencoba hal-hal baru untuk mengembangkan bisnis Anda sendiri. Berbeda seperti saat harus bekerja dengan orang lain, ide-ide kreatif yang sudah Anda cari dengan susah payah belum tentu bisa langsung dieksekusi karena perusahaan memiliki banyak pertimbangan.

Tahukah Anda? Inovasi adalah modal penting untuk memenangkan persaingan lho!

Berbekal pengalaman merintis bisnis baru ini dari awal sendiri, Anda akan menjadi lebih percaya diri dengan keputusan-keputusan Anda ke depannya, termasuk untuk berinovasi dengan bisnis Anda, mulai dari inovasi produk, inovasi strategi bisnis, hingga inovasi strategi pemasaran untuk memperbesar skala bisnis Anda nantinya.

Jika Anda sudah yakin dan hendak memulai bisnis baru, kebutuhan modal bisnis tentunya akan menjadi kebutuhan yang perlu Anda dapatkan segera. Anda dapat memilih untuk mengambil pinjaman untuk modal bisnis baru Anda di Modalku. Modalku memberikan pinjaman dengan sistem peer-to-peer lending yang memungkinkan Anda mengembangkan bisnis.       


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply