5 Tips Manajemen Usaha untuk Para Pebisnis

Apakah Anda seorang entrepreneur? Atau mungkin Anda memiliki keinginan dan rencana untuk membuka bisnis sendiri? Jika ya, maka Anda tentunya sudah mengetahui bahwa mendirikan sebuah bisnis, apalagi mengelolanya, bukanlah pekerjaan mudah. Ada banyak tanggung jawab yang harus Anda emban demi bisnis yang menguntungkan. Salah satu tugas utama dari seorang pemilik badan usaha adalah manajemen usaha. Anda tidak perlu khawatir, Modalku kali ini akan mengulas lima tips manajemen usaha yang bisa Anda praktikkan agar bisnis berjalan lancar. Yuk, cari tahu!

Utamakan Value dan Kualitas

Kepercayaan konsumen adalah salah satu pilar utama dalam keberhasilan sebuah badan usaha. Bagaimana cara untuk mendapatkan kepercayaan ini? Jawabannya adalah Anda perlu mengutamakan value dan kualitas produk atau jasa yang Anda jual.

Harga murah memang terbukti efektif untuk menarik lebih banyak konsumen, namun produk atau jasa yang berkualitas dan bernilai tinggi akan membuat para konsumen setia dengan Anda. Maka dari itu, fokuskan bisnis Anda untuk bisa menjual produk atau jasa yang berkualitas dan bermanfaat bagi konsumen. Dua komponen tersebut akan menjamin kelangsungan bisnis Anda di masa depan.

Tetapkan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran akan menjadi penentu apakah badan usaha yang Anda rintis akan berhasil di pasaran dan mengungguli para kompetitor. Pertama-tama, lakukan segmentasi pasar. Posisikan diri Anda sebagai konsumen lalu analisis, kira-kira segmen masyarakat mana yang membutuhkan produk atau jasa yang Anda jual. Strategi yang tidak kalah penting adalah tentukan target dan posisi konsumen Anda. Dengan mengenal konsumen dengan baik, Anda akan terbantu dalam menetapkan strategi pemasaran yang efektif.

Setelah analisis pasar dan konsumen, Anda sudah bisa merancang strategi pemasaran. Gunakan aspek marketing mix sebagai acuan. Teknik marketing mix mencakup berbagai aspek penting, meliputi harga, lokasi, produk, promosi, konsumen, wujud produk, dan proses penjualan. Lakukan brainstorming bersama segenap tim yang ikut berperan dalam manajemen usaha agar hasil lebih optimal.

Selanjutnya, tentukan marketing tools sesuai dengan strategi pemasaran yang sudah disepakati. Tidak perlu tergesa-gesa dalam memilih marketing tools. Hal yang harus Anda lakukan sebelum menentukan pilihan adalah perkirakan budget pemasaran bisnis Anda. Kenali juga fitur-fitur dari setiap marketing tools, jangan sampai Anda malah dirugikan. Jika strategi pemasaran hanya fokus pada digital marketing, maka Anda tidak perlu menggunakan marketing tools offline, seperti sewa billboard atau pasang iklan di televisi. Sesuaikan saja dengan kebutuhan bisnis dan strategi yang sudah Anda rancang.

Pekerjakan SDM Berkualitas

Awalnya, pasti sulit untuk bisa mendelegasikan berbagai urusan manajemen bisnis kepada orang lain. Namun, sebuah badan usaha tidak dapat berjalan jika hanya dilakukan oleh satu orang saja. Itulah sebabnya Anda perlu menjalankan bisnis bersama karyawan-karyawan berkualitas yang terpercaya. Asalkan mereka memiliki kemampuan yang cukup serta etos kerja yang baik, percayalah bahwa manajemen bisnis Anda akan berjalan lancar.

Harus batal mudik karena virus corona? Jangan galau, maksimalkan bujetnya untuk dana darurat. Bagaimana caranya? Cari tahu di sini!

Ingatlah bahwa SDM yang bekerja bersama dengan Anda merupakan aset perusahaan. Artinya, Anda bisa memberikan beragam training agar performa karyawan semakin meningkat. Berikan juga ruang gerak penuh untuk karyawan agar mereka tidak merasa terkekang sehingga akan bekerja dengan lebih efektif. Jangan lupa untuk memotivasi para karyawan Anda agar mandiri dan kreatif dalam bekerja.

Manfaatkan Teknologi

Jika kita melihat ke belakang, ada banyak perusahaan besar yang justru bangkrut karena gagal dalam mengikuti arus kemajuan teknologi. Tidak bisa dipungkiri, bahwa teknologi kini sangat berpengaruh dalam perkembangan bisnis, tidak terkecuali bisnis yang sedang Anda tekuni. Oleh sebab itu, manajemen bisnis akan semakin mudah untuk dijalankan dengan menggunakan berbagai software dan aplikasi berbasis cloud yang kini tersedia. Maka, pencatatan keuangan hingga urusan administrasi kini sudah bisa dilakukan secara online. Apalagi ketika masa pandemi seperti saat ini, manajemen bisnis berbasis online akan sangat memudahkan Anda.

Cari Investor

Manajemen usaha akan berantakan bila tidak memiliki modal yang memadai. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kesehatan arus kas perusahaan, apakah modal yang Anda miliki sudah cukup untuk melangsungkan bisnis. Jika belum, Anda bisa mencari investor yang tertarik untuk mendanai bisnis atau bahkan menjadi partner bisnis Anda.

Investor tidak melulu berurusan dengan saham. Kini, sudah banyak sekali alternatif sistem pendanaan modal usaha yang tersedia di Indonesia. Satu di antaranya adalah crowdfunding, yang merupakan konsep pendanaan bisnis oleh beberapa investor. Prosesnya yang cepat dan aman cocok dijadikan solusi untuk manajemen usaha Anda. Pilihlah platform crowdfunding terpercaya yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK, seperti Modalku.

Perhatikan 3 hal ini di saat lebaran di tengah pandemi!


Mengelola sebuah bisnis memang bukan tugas yang mudah, namun sangat penting untuk dilakukan. Pastinya, tips-tips di atas dapat membantu Anda dalam mengelola manajemen usaha Anda dengan baik. Dengan catatan, Anda tetap harus bekerja keras dan konsisten dalam melakukan manajemen bisnis yang baik.

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply