Cara Giveaway yang Bisa Mendatangkan Untung Bagi Bisnis Online

Strategi penjualan dengan memberikan giveaway bisa jadi sudah tidak asing lagi, terutama bagi para pemilik bisnis online. Ini dikarenakan cara giveaway ini dianggap efektif untuk meningkatkan awareness, sekaligus meningkatkan penjualan bagi bisnis online itu sendiri. Giveaway jadi salah satu strategi pemasaran yang efektif menjaring lebih banyak pelanggan sekaligus memperluas pasar bisnis online Anda.

Bagi Anda pemilik bisnis online yang hendak mencoba menerapkan strategi penjualan yang satu ini ada beberapa cara giveaway yang bisa Anda lakukan. Cara giveaway di bawah ini dijamin dapat membantu Anda mendatangkan lebih banyak untuk bisnis online yang Anda kelola. Berikut beberapa caranya.

Pastikan Giveaway Sesuai dengan Tujuan

Cara giveaway yang tepat adalah dengan menetapkan terlebih dahulu tujuan dari diadakannya giveaway tersebut. Bisa jadi strategi penjualan ini bukan semata-mata untuk mendatangkan untung saja, tapi juga bisa untuk meningkatkan popularitas produk itu sendiri. 

Manfaat atau tujuan dari cara giveaway ini juga termasuk untuk memperkenalkan bisnis online, memperluas pasar penjualan produk, serta mendapatkan review dari pengguna untuk produk yang dijual tersebut. Dari tujuan yang akan ditentukan sesuai dengan kebutuhan bisnis online Anda, maka dapat ditentukan juga nantinya giveaway seperti apa yang cocok diterapkan.

Pilih Hadiah yang Menarik

Cara giveaway yang berikutnya adalah dengan menentukan pilihan hadiah yang tepat. Anda tidak bisa asal memberikan hadiah saat melakukan giveaway untuk bisnis online Anda. Memilih hadiah juga bagian dari cara giveaway yang strategis.

Anda dapat memilih hadiah giveaway yang relevan dengan produk bisnis online Anda sendiri. Contoh, beberapa cara giveaway yang cukup populer adalah dengan menjadikan salah satu produk bisnis sebagai giveaway untuk pembelian produk tertentu. 

Contoh cara tadi dianggap cukup efektif untuk memperkenalkan produk lainnya di bisnis Anda yang tidak begitu populer sebelumnya. Selain cara tersebut, memberikan giveaway juga dapat berbentuk voucher belanja untuk semua produk di bisnis online Anda. Cara lainnya, Anda bisa memberikan benda yang dapat digunakan konsumen sehari-hari. Seperti kaos, tumblr, atau produk kecantikan standar seperti masker wajah, lipgloss, atau bahkan gadget seperti smart watch.

Berikan Syarat yang Jelas

Setelah sudah tahu mau memberikan hadiah apa, cara giveaway berikutnya adalah memastikan Anda sudah menyiapkan syarat ikut serta yang jelas. Syarat-syarat inilah yang dibuat berdasarkan tujuan giveaway tadi. Selain itu, syarat yang jelas juga dapat mempermudah Anda untuk menentukan pemenang giveaway.

Saat mengumumkan giveaway di platform atau media sosial bisnis online Anda, tuliskan dengan jelas dalam bentuk pointer agar mudah dibaca dan dipahami konsumen. Pastikan juga Anda sigap untuk menjawab beberapa pertanyaan penting dari konsumen terkait informasi giveaway, sekaligus mendorong konsumen untuk ikut serta.

Bangun Antusiasme sebelum Giveaway

Seperti yang disebutkan di atas, cara giveaway terbaik termasuk juga mempertimbangkan platform promosi giveaway itu sendiri. Ini artinya media sosial bisnis online Anda sendiri atau platform lainnya yang Anda kelola. Bisa jadi media sosial bisnis Anda belum begitu ramai, sehingga untuk membangun antusiasme giveaway dirasa belum cukup.

Jika ini terjadi, tidak ada salahnya Anda mengumumkan giveaway di platform lain, seperti platform iklan media sosial maupun platform yang membuka jasa promosi dengan followers atau pelanggan yang cukup banyak. Dengan begini, antusiasme yang hendak Anda capai untuk meramaikan giveaway juga bisa terwujud. Ditambah, Anda juga dapat menambahkan syarat untuk follow, like, atau comment di akun media sosial Anda untuk memperoleh hadiah giveaway tersebut.

Gunakan Konsep Kontes atau Game yang Seru

Selain memakai jasa platform promosi di media sosial untuk meningkatkan antusiasme, Anda juga dapat menerapkan konsep giveaway yang menarik. Salah satu cara giveaway yang banyak diterapkan adalah dengan membuat video promosi produk di media sosial seperti Instagram atau TikTok. Video yang dianggap paling menarik dan mendapat banyak interaksi yang akan mendapat giveaway.

Konsep seperti ini dianggap seru karena menjadi tantangan sendiri untuk membuat karya pendek untuk memperoleh hadiah. Selain challenge seperti ini, menerapkan game juga bisa. Seperti melakukan tebak-tebakan, dan pemenangnya yang akan mendapatkan giveaway tersebut. Cara giveaway yang seru inilah yang akan menarik minat banyak orang untuk ikut berpartisipasi.

Dengan strategi penjualan menggunakan giveaway di atas, Anda bisa mendatangkan untung sekalipun menjalankan bisnis di tengah pandemi. Mempertahankan bisnis online di tengah pandemi juga masih memiliki banyak opsi bertahan lainnya yang bisa Anda lakukan. Termasuk mempertimbangkan mengambil pinjaman online di Modalku, sistem berbasis peer-to-peer lending yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply