4 Sektor Bisnis Online Paling Menguntungkan Ketika New Normal

Era new normal menciptakan perubahan besar terhadap pola hidup dan kebiasaan masyarakat. Salah satu perubahan besar tersebut adalah kebiasaan belanja yang sekarang ini lebih banyak mengandalkan jasa online shopping. Ini berarti, dalam kurun waktu panjang ke depan, ada kemungkinan beberapa sektor bisnis online akan naik daun dan menggeser bisnis lama yang tidak dapat bertahan selama masa pandemi terjadi. 

Kira-kira, apa saja sektor bisnis yang bisa menjadi peluang baru usaha di masa adaptasi kebiasaan hidup baru pasca terjadinya pandemi? Simak rangkuman lengkapnya berikut ini! 

Sektor Pertanian

Tidak seperti bisnis lain yang mengalami perlambatan selama masa pandemi terjadi, sektor pertanian justru membuktikan keandalannya sebagai penopang perekonomian negara. Hal ini terbukti dari indikator positif yang menunjukkan produksi pertanian dan ekspor hasil panen ke luar negeri. 

Badan Pusat Statitis (BPS) mencatat kenaikan perdagangan produk pertanian sebesar 32,96% selama bulan Januari hingga April 2020. Nilai ekspor hasil pertanian Indonesia pun mengalami peningkatan sebesar 16,9%. Hal ini menjadi bukti bahwa sektor pertanian dalam negeri tetap bertahan, bahkan di era new normal. Tentu saja kondisi ini juga berkat adanya dukungan logistik serta usaha penjualan hasil panen secara online yang bisa menjangkau langsung ke konsumen. 

E-commerce

Tidak dapat dipungkiri bila bisnis online e-commerce menjadi “penyelamat” bagi masyarakat untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup. Berbagai barang kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier bisa didapat melalui transaksi cashless melalui e-commerce. Tak heran bila ke depannya bisnis online e-commerce semakin bersinar dan dipilih oleh masyarakat sebagai cara belanja baru. 

Sebab, bagaimana pun juga masyarakat akan semakin menyadari manfaat dari perubahan cara hidup dengan belanja online melalui e-commerce. Aktivitas belanja online pun bila dilihat dari segi kemudahan memang jauh lebih simple dan menguntungkan. Oleh karena itu, bisnis e-commerce dan jualan online akan semakin bersinar di era new normal ke depan. 

Logistik 

Seiring dengan naiknya popularitas bisnis online e-commerce, sektor layanan pengiriman logistik pun diprediksi bakal meningkat pesat. Perubahan perilaku belanja yang mengandalkan sektor online tentu saja membuat layanan pengiriman barang mengalami kenaikan permintaan. Belum lagi jika bisnis online shopping terus berkembang pesat setelah era new normal, akan semakin membuat layanan logistik dibutuhkan oleh produsen dan konsumen. 

Produsen maupun pemilik usaha online shop bisa bekerja sama dengan sektor layanan logistik untuk mengirimkan produk mereka hingga ke konsumen. Sektor logistik bisa menambah jenis layanan pengantaran agar semakin menjangkau lebih banyak konsumen. Dengan kolaborasi keduanya, maka sektor online shop dan logistik siap menjadi andalan masyarakat dalam hal belanja kebutuhan sehari-hari. 

Teknologi dan Internet (software dan aplikasi online

Kebijakan work from home (WFH) atau sistem kerja dari rumah yang tengah dilakukan selama beberapa bulan terakhir ini mendorong perusahaan untuk mengimplementasikan teknologi dan internet demi mendukung produktivitas dan kelancaran aktivitas kerja. Contohnya seperti penggunaan software online berbasis cloud yang dapat membantu memperlancar proses kerja antar semua karyawan. 

Dengan adanya software berbasis penyimpanan cloud, karyawan dapat membuat laporan progress pekerjaan, menyelesaikan daily task, dan berkolaborasi untuk mengerjakan proyek. Beberapa software pendukung seperti aplikasi absensi online, aplikasi marketing online, aplikasi pembayaran pajak online, dan aplikasi customer relationship manager menjadi sektor bisnis yang bakal booming dan makin berkembang ke depannya. 

Bisnis online seperti e-commerce, layanan logistik, hingga teknologi dan internet akan semakin berkembang dan booming di era new normal. Hal ini terjadi seiring dengan perubahan pola kebiasaan hidup baru yang sedikit membatasi ruang gerak. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan perubahan kebiasaan hidup baru ini sebagai peluang untuk memiliki bisnis sendiri. 

Modalku siap membantu mewujudkan cita-cita Anda memiliki usaha online dengan penawaran pinjaman modal usaha online mulai dari Rp3 juta sampai dengan Rp100 juta rupiah. Pinjaman Pengusaha Online dari Modalku tidak dikenakan agunan apapun, dengan tenor hingga 12 bulan. Cari tahu selengkapnya di sini. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply