Sharing Session Pefindo “Revolusi Industri 4.0: Arah Bisnis Keuangan & Investasi ke Depannya”

Jakarta, 14 Maret 2019 – Industri 4.0. Apa sih artinya? Rasanya frase ini jadi hot buzzword terbaru di dunia kerja Indonesia. Singkatnya, revolusi industri yang terjadi secara global terdiri dari 4 fase. Fase 1.0 mengubah produksi dari buatan tangan ke mesin. Industri 2.0 menghasilkan sistem produksi massal. Contohnya: industri otomotif. Fase 3.0 atau revolusi digital menekankan penggunaan komputer dan proses automation.

Revolusi industri 4.0 yang hangat dibicarakan ini cukup kompleks dan mencakup banyak hal, termasuk perangkat mobile, cloud and cognitive computing, big data analytics, authentication processes, dll. Dengan segala kecanggihan ini, nyaris (atau bahkan semua) proses di dunia offline dapat dibuatkan versi digitalnya.

Apa hubungan revolusi industri 4.0 dengan FinTech seperti Modalku? Iwan Kurniawan, Co-Founder & COO Modalku, menjadi pembicara di sharing session “Revolusi Industri 4.0: Arah Bisnis Keuangan & Investasi ke Depannya” yang digelar biro kredit Pefindo di Jakarta. Perkembangan teknologi seperti fraud detection, big data analytics, dan artificial intelligence bisa digunakan untuk mendukung penilaian kredit yang dilakukan institusi keuangan.


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply