Peluncuran AFTECH Annual Member Survey Report 2018

Jakarta, 2 Mei 2019 – Asosiasi Fintech Indonesia (pendeknya disebut AFTECH) adalah asosiasi yang beranggotakan perusahaan dan institusi keuangan di Indonesia yang menggunakan teknologi terkini untuk menjalankan usahanya. Visi AFTECH adalah mendukung inklusi keuangan di tanah air, agar semakin banyak penduduk Indonesia yang mendapatkan akses ke layanan keuangan.

Untuk mencapai visi tersebut, AFTECH menjalankan survei anggota tiap tahunnya untuk mendapat gambaran tentang perkembangan terbaru di industri FinTech (bisa terkait regulasi, infrastruktur FinTech, hingga kemajuan inklusi keuangan).

Peluncuran survei 2018 AFTECH ditandai dengan event launch di Satrio Tower, DKI Jakarta. Sebagai anggota aktif AFTECH, Modalku diundang dan menjadi pembicara di acara ini. Iwan Kurniawan, Co-Founder & COO Modalku, menjadi panelis di diskusi “The Challenges of Servicing MSMEs and the Unbanked”, di mana Iwan menjelaskan bahwa segmen UMKM sering kurang terlayani, terutama soal pembiayaan modal usaha.

Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, seperti kurang agunan, tidak ada riwayat kredit, atau produk yang kurang cocok dengan kebutuhan UMKM. Tapi di saat yang sama, data keuangan dan riwayat kredit dibutuhkan untuk menguji kelayakan kredit. Platform FinTech dan P2P lending seperti Modalku bisa menjadi alternatif sumber pendanaan bagi UMKM. Iwan mengakui bahwa melayani UMKM memang penuh tantangan, tetapi tantangan-tantangan ini sekaligus menjadi motivasi.


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply