Potensi Industri Fintech Kian Bersinar Bagaikan Mahkota Berlian

Virtual,  6 Oktober 2021 — Perkembangan industri teknologi finansial atau Fintech kian cemerlang. Ditandai dengan tingginya transaksi digital, baik itu berupa pembayaran, transfer, belanja, pinjaman, hingga investasi. Tidak heran jika industri ini potensinya bagaikan mahkota berlian. Bersinar dan diinginkan oleh banyak orang. Isu ini dibicarakan dalam acara diskusi bertajuk “Conquering Indonesia: Asean’s Fintech Crown Jewelry”, yang diadakan atas kerjasama Fintech News dan Bank BRI. 

Sebagai pembicara, Iwan Kurniawan Co-founder & COO Modalku, membagikan opini tentang perkembangan Fintech di tanah air. Diawali dengan gambaran tentang kehebatan industri Fintech yang telah bangkit menghadapi pandemi, munculnya beberapa Fintech yang telah menjadi unicorn, hingga perhatian pemerintah dengan mengeluarkan aturan-aturan baru terkait digital banking dan neo-banking. 

Selain perkembangan Fintech, Iwan juga memberikan pandangan tentang inklusi keuangan. Menurutnya, Fintech telah menciptakan kesempatan bagi masyarakat dalam mengakses layanan finansial. Makin banyak orang yang memiliki akses akses, makin banyak dampaknya pada pertumbuhan ekonomi. Selain itu, sektor UMKM juga semakin berkembang berkat dukungan finansial dari Fintech. Tentu pertumbuhan mereka juga berdampak positif pada meningkatkan PDB (Produk Domestik Bruto) negara. 

“Berdasarkan riset internal Modalku tahun 2021, terbukti bahwa 46.2 persen pendanaan Modalku dapat memberikan dampak positif bagi arus produksi UMKM. Selain itu, 30.6 persen responden menganggap bahwa pendampingan yang diberikan Modalku dapat memberikan pilihan-pilihan strategis bagi pengembangan bisnis UMKM, ” 

Acara diskusi yang hangat ini dimoderatori oleh Vincent Wong, Chief Editor Fintech News dan  juga dihadiri oleh pembicara dari berbagai sektor industri Fintech, yakni Diego Rojas, Co-Founder & CEO Finantier, Jaygan Fu Ponnudurai, CEO OVO. Tak lupa perwakilan dari perusahaan incumbent dengan banyak layanan digital, yakni Bank BRI yang diwakili oleh Ibu Handayani selaku Director Consumer Business BRI.

Anda juga dapat menyaksikan rekaman acara diskusi ini pada kanal di bawah ini:


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply