Kerjasama Modalku dan BukuWarung Memperluas Akses Pembiayaan UMKM Segmen Mikro

Jakarta, 9 September 2021 — Demi meningkatkan pelayanan dan fasilitas, Modalku sebagai penghubung antara Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pendana individu maupun institusi, menjalin kerja sama dengan BukuWarung untuk menyediakan akses pembiayaan bagi 6,5 juta UMKM pengguna BukuWarung. Kerja sama tersebut diharapkan dapat membuka jalan dan membantu perputaran arus kas UMKM serta pembiayaan pengadaan barang dan jasa. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Modalku, UMKM segmen mikro merupakan salah satu segmen yang sulit mendapatkan akses pembiayaan. Penelitian menemukan bahwa 350 pelaku UMKM peminjam Modalku, 50% di antaranya mengalami hambatan ketika mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan konvensional karena tidak memiliki laporan keuangan yang tersusun rapi. 

“Modalku senantiasa mengajak para pelaku UMKM untuk #BangkitBersinar dalam kondisi saat ini dengan solusi pembiayaan secara online. Kami juga melihat adanya kesamaan visi dengan solusi yang dihadirkan oleh BukuWarung, dimana kami ingin mendukung bisnis UMKM untuk terus berkembang, salah satunya dengan memiliki arus kas yang lancar serta didukung pencatatan keuangan yang baik. Harapan kami, kolaborasi ini dapat menjadi salah satu solusi dari tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM serta bermanfaat untuk kemajuan bisnisnya.” ujar Iwan Kurniawan, Co-Founder dan COO Modalku.

Hal senada juga disampaikan oleh Chinmay Chauhan, Presiden dan Co-Founder BukuWarung, “Kerja sama dengan Modalku ini sejalan dengan rencana kami untuk memperluas layanan keuangan BukuWarung bagi para UMKM pengguna. Selain melalui fitur pencatatan keuangan digital yang menjadi keandalan BukuWarung, kemudahan akses terhadap pembiayaan digital akan membantu 6,5 juta pengguna kami untuk mengembangkan usahanya sehingga mereka mampu mencapai kesejahteraan finansial yang lebih baik. Lebih dari itu, kolaborasi BukuWarung dan Modalku juga menjadi wujud upaya bersama untuk memajukan ekonomi digital Indonesia lewat pemberdayaan UMKM.”

Layanan pembiayaan digital yang disediakan Modalku melengkapi fitur pembayaran yang telah BukuWarung sediakan sejak Septemer 2020. Oleh karena itu, para pelaku UMKM dapat menikmati fasilitas pembiayaan dari Mpdalku dan akses pencatatan keuangan digital dari BukuWarung. Saat ini tercatat ada 6,5 juta pelaku UMKM yang bergabung dengan BukuWarung dan berpotensi memajukan bisnisnya. Sedangkan Modalku menyediakan layanan pendanaan digital, dimana peminjam (UMKM yang berpotensi) bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pendana platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital. 

Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura, Malaysia, dan Thailand dengan nama Funding Societies. Sampai saat ini, Grup Modalku telah berhasil mencapai penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp 25,6 Triliun kepada lebih dari 4,7 juta transaksi pinjaman UMKM.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply