Jubelio Talkshow x Modalku: Cara Atur Keuangan untuk Kembangkan Bisnismu!

Seberapa banyak di antara Anda yang kesulitan untuk mengatur keuangan? Jika Anda sedang mengelola bisnis, penting sekali untuk mengetahui cara mengatur keuangan supaya bisnis tetap berkembang. Berdasarkan masalah tersebut, Modalku kembali hadir memberikan edukasi tentang tips keuangan kepada masyarakat, khususnya para wirausahawan yang sedang merintis usahanya. Modalku menjalin kerjasama dengan Jubelio dan mengadakan acara bertajuk “Jubelio Talkshow with Modalku: Cara Mengatur Keuangan unuk Mengembangkan Bisnis”.  

Acara diadakan pada hari Selasa, 28 September 2021, serta dihadiri oleh Aristyo Tan (Modalku), Naomi Tobing (Jubelio), dan dimoderatori oleh Rizky Firani. Acara diawali dengan diskusi yang membahas tentang masalah keuangan yang kerap menimpa sebuah bisnis. Misalnya, kesulitan UMKM dan pelaku usaha untuk mendapatkan akses kredit dan pendanaan. Aristyo menambahkan, bahwa kebutuhan kredit UMKM Indonesia mencapai Rp 1.700 triliun dan baru terpenuhi Rp 700 triliun saja. Hampir 60% kebutuhan kredit belum terpenuhi oleh lembaga keuangan. Jika sudah begitu, tentu saja kesulitan dialami oleh para pelaku usaha.

Naomi juga menjelaskan bahwa arus kas (cash flow) seringkali mengalami hambatan. Untuk mengatasinya, penggunaan rekening bisnis harus dibedakan dengan rekening pribadi supaya ada kejelasan dengan biaya yang keluar dan masuk. Memiliki sistem akunting yang baik dapat mempermudah catatan keuangan bisnis yang jelas. Itulah sebabnya para pelaku usaha harus membuat pencatatan arus kas. Hal tersebut menjadi salah satu syarat bagi UMKM untuk mengajukan kredit usaha. Modalku sendiri membagi komponen dalam mengatur cash flow menjadi beberapa bagian penting, misalnya: arus kas untuk kegiatan operasional, arus kas untuk aktivitas investasi, dan arus kas untuk aktivitas pendanaan. 

Namun, saat bisnis berjalan dengan cepat dan membutuhkan modal yang lebih besar, ada baiknya para pelaku usaha untuk mengajukan fasilitas kredit modal kerja. Pembiayaan tersebut digunakan untuk peluang ekspansi bisnis, kebutuhan memenuhi arus kas jangka pendek, dan tepat diajukan saat ada promo fasilitas kredit dengan bunga yang ringan dan terjangkau. Apakah cara tersebut dinilai terlalu ribet dan susah? 

“Sepertinya sudah enggak ya kalau di zaman sekarang. Indonesia kan sedang dalam fase berusaha bangkit lagi dari keterpurukan ekonomi. Tidak hanya dari sisi pengusaha saja, namun kami (Jubelio) dan Modalku berkolaborasi untuk menawarkan fasilitas pembiayaan.” ujar Naomi.

Saat ini Modalku bekerjasama dengan Jubelio membuka kesempatan akses kredit modal bagi UMKM yang membutuhkan pembiayaan melalui produk Jubelio Financing. Adapun detail produk yang ditawarkan sebagai berikut:

  • Limit pinjaman 30 Juta (Individu) & IDR 100 Juta (berbadan hukum)
  • Tenor pinjaman 30 hari
  • Tingkat bunga 2% per bulan
  • Berlokasi di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya

Apabila Anda membutuhkan modal yang lebih besar, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman ke Modalku sebagai platform pendanaan digital bagi UMKM yang telah berhasil menyalurkan pinjaman ke lebih dari 4,7 juta transaksi. 

Sangat mudah, bukan? Bagi Anda yang berminat mengembangkan usaha dan membutuhkan modal kerja, klik informasinya di bawah ini. 

Ajukan Pinjaman


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply