Edukasi Keuangan Perempuan & Ibu Rumah Tangga NTT bersama OJK dan Modalku

Virtual, 28 Juli 2021 — Maraknya penipuan dan kerugian yang disebabkan oleh investasi dan pinjaman online ilegal mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan perlindungan yang maksimal bagi konsumen dan masyarakat. Kali ini OJK regional Nusa Tenggara Timur mengadakan acara daring bertajuk “Edukasi Keuangan Perempuan & Ibu Rumah Tangga NTT” pada hari Rabu, 28 Juli 2021. Acara tersebut dihadiri oleh Robert HP Sianipar (Kepala OJK Provinsi NTT), Dedi Safari Yapudin (Kepala Sub Bagian EPK KOJK NTT), Citra Dianita (Customer Experience Manager Modalku), Barnabas Mengngi (Kepala Non-gadai Area Kupang Pegadaian), dan Salim Sutiono (Korpora Trainindo Consultant).

Robert HP Sianipar dalam pembukaannya menegaskan pentingnya memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kepada perempuan dan ibu rumah tangga mengenai edukasi keuangan. Edukasi tersebut berisi tentang pengenalan platform pendanaan digital (fintech). Harapannya, edukasi ini dapat mencegah bertambahnya korban pinjaman online ilegal. Selain itu, OJK turut mendorong masyarakat untuk memiliki keterampilan dalam mengelola keuangan, memiliki pengetahuan mengenai tabungan dan investasi, serta dapat membantu menyebarkan edukasi tersebut kepada masyarakat luas. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Dedi Safari Yapudin, dalam pemaparannya, ia memperkenalkan kepada para peserta mengenai lembaga keuangan OJK. Fungsi OJK yang melindungi dan memberikan pengawasan kepada masyarakat dan konsumen. Pengawasan dan perlindungan harus dilakukan sebab masyarakat rawan menjadi korban pinjaman ilegal dan investasi bodong yang merugikan. Ciri-ciri investasi dan pinjaman ilegal biasanya menjanjikan keuntungan tidak wajar dalam waktu cepat, legalitas tidak jelas, dan klaim tanpa risiko (free risk)

“Tidak ada investasi yang berisiko. Semaki tinggi rates-nya, semakin tinggi juga risikonya.” ujar Dedi.  Untuk itulah OJK menegaskan kampanye 2L: “Legal Logis”, masyarakat harus mengutamakan platform pendanaan digital yang terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK, misalnya seperti Modalku. 

Pada kesempatan ini, Citra Dianita, Customer Experience Modalku,  juga turut mengenalkan produk dan layanan Modalku yang menawarkan pinjaman dan kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi pendana. Manfaat pendanaan di antaranya adalah tingkat bunga hingga 17% per tahun, tenor singkat hingga 12 bulan, dan terdaftar dan diawasi langsung OJK. Untuk menghadapi risiko, ia juga memberikan saran dengan membaca Factsheet dan lakukan diversifikasi pinjaman, yaitu melakukan pendanaan secara variatif dengan rentang bunga yang berbeda. Sedangkan hal yang disarankan tidak dilakukan adalah mendanai dalam jumlah besar hanya pada 1 pinjaman. 

Tahukah Anda? Apa yang Dimaksud dengan Factsheet?

“Jangan pernah melakukan pendanaan dalam jumlah besar kepada satu peminjam saja. Hal tersebut tidak kami anjurkan, sebab kami menggunakan prinsip diversifikasi supaya dapat dimitigasi risikonya.” tambahnya. 

Sedangkan untuk pilihan investasi, Barnabas Mengngi menyarankan untuk menggunakan emas sebagai pilihan tabungan dan investasi. Saat ini menabung bisa dilakukan dengan berbagai pilihan instrumen, salah satunya emas yang dinilai mampu bertahan dalam jangka waktu yang panjang. 

Dari berbagai pilihan platform pendanaan digital yang ada, Modalku masuk sebagai salah satu fintech  yang terdaftar, diawasi, dan diberikan izin oleh OJK. Oleh karena itu, percayakan pinjaman, pendanaan, dan layanan investasi kepada Modalku. Anda bisa mendanai UMKM Indonesia mulai dari Rp. 100.000 dan aspek perlindungan bagi konsumen sudah pasti terjamin. Modalku bersertifikat  ISO 27001, Anda tidak perlu khawatir karena Modalku berkomitmen untuk menjaga keamanan data para penggunanya. 

Produk dan layanan pendanaan yang ditawarkan oleh Modalku bisa Anda akses melalui Modal Kawan Mikro, Modalku Virtual Credit, Modal Karyawan, dan Invoice Financing. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply