1

Grup Modalku Berhasil Salurkan Pinjaman Sebesar Rp 2 Triliun di Asia Tenggara

Grup Modalku mencapai pencairan modal usaha lebih dari Rp 2 triliun ke lebih dari 7.000 pinjaman UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia, Singapura, dan Malaysia sejak didirikan. Prestasi Rp 2 triliun ini dicapai pada bulan Juli 2018, hanya 6 bulan setelah Grup Modalku meraih total pencairan Rp 1 triliun bagi UMKM Asia Tenggara. Dari total pencairan, Modalku sendiri telah menyalurkan lebih dari Rp 1,1 triliun bagi UMKM Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Grup Modalku telah menjangkau jauh lebih banyak UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara selama 2018. Untuk merangkul lebih banyak UMKM berpotensi, Modalku menyediakan berbagai solusi arus kas melalui produk Trade Finance untuk mengatasi tantangan arus kas macet yang sering dihadapi usaha kecil Indonesia.

Studi Deloitte dan Visa terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di ASEAN menunjukkan bahwa arus kas macet adalah permasalahan keuangan nomor satu bagi UKM Indonesia. Tantangan terberat selanjutnya terkait penagihan invoice ke pelanggan, di mana 22-26% dari tagihan akan dilunasi secara terlambat. Permasalahan arus kas ini dapat diatasi dengan Trade Finance Modalku. Rangkaian produk ini menyediakan modal tambahan bagi UMKM untuk menjalankan rantai bisnisnya, baik dalam proses invoice di antara UMKM dengan klien/pelanggannya atau terkait pembiayaan di antara UMKM dan supplier.

Pendiri Modalku tahu bahwa usaha kecil memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung ekonomi Indonesia dan Asia Tenggara. Rangkaian solusi arus kas kami diharapkan akan semakin memperluas jangkauan modal usaha bagi UMKM. Dengan berbagai solusi pembiayaan bagi UMKM, Modalku berharap dapat terus memberikan dampak positif bagi perekonomian UMKM di Asia Tenggara.

Lebih lanjut tentang berita ini di:


Modalku menyediakan layanan peer-to-peer (P2P) lending, di mana peminjam (UMKM lokal yang berpotensi) dapat memperoleh pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pemberi pinjaman platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital. Lebih lanjut tentang Modalku di sini.

Comments 1

  1. Pingback: Part 2: Instrumen Investasi yang Cocok untuk Menyiapkan Dana Pensiun - Modalku

Leave a Reply