Kuliah Sambil Kerja? Ini 5 Cara Memulai Usaha untuk Mahasiswa Kost

cara memulai usaha untuk mahasiswa

Cara memulai usaha itu terdengar mudah dalam teori, tetapi susah sekali dalam praktiknya. Apalagi untuk mahasiswa yang sudah disibukkan dengan tugas menumpuk dan kelas dari pagi sampai sore hari. Namun, jangan biarkan semangat untuk berwirausaha di usia muda hangus begitu saja. Ada cara memulai usaha untuk mahasiswa kost yang bisa membantu Anda mulai dari sekarang. Lumayan, uangnya bisa dipakai untuk menambah uang jajan bahkan membiayai kuliah. 

Bagi Waktu, Cara Memulai Usaha Paling Awal

Selalu prioritaskan kuliah ketimbang usaha, ya! Kecuali jika memang ada kebutuhan mendesak di usaha yang dirintis, Anda harus terus fokus di kelas, mengerjakan semua tugas sebelum deadline, dan juga belajar supaya IPK tidak anjlok. 

Lagi pula, tugas utama Anda adalah kuliah sampai lulus dengan nilai yang memuaskan. Jadi, sesuaikan jadwal perkuliahan dengan jadwal sehari-hari. Di sela waktu menunggu kelas, Anda bisa membuka laptop untuk mengerjakan tugas atau mengurus usaha. 

Racik Konsep Usaha yang Mudah, Tetapi Out of The Box


Namanya juga masih anak kuliah, masih banyak hal-hal terkait dunia usaha yang belum diketahui. Tidak jadi masalah, kok, cara memulai usaha yang diambil adalah membuat konsep usaha yang mudah. 

Banyak yang bilang sebaiknya memulai usaha yang berangkat dari hobi atau minat, ada juga yang bilang lebih baik pilih jenis usaha yang mudah dilakukan. Tergantung pada pribadi Anda, sebisa mungkin buat konsep usaha yang sejalan dengan passion, jurusan kuliah, dan pastinya realistis untuk dikembangkan di sela-sela perkuliahan. Pastikan bahwa ada market demand dan produk Anda bisa menjadi solusi bagi banyak orang.

Kamu tertarik untuk memilih bisnis online? Klik di sini untuk pelajari lebih lanjut!

Jadikan Branding dan Teknologi Digital Sebagai Cara Memulai Usaha

Salah satu keuntungan dari usaha untuk mahasiswa kost adalah Anda paham betul dengan apa yang disukai oleh anak muda zaman sekarang. Sudah jadi rahasia umum kalau branding bisa membuat usaha lebih maju atau susah berkembang. 

Buat nama brand yang mudah diingat, mudah dilafalkan, dan belum pernah dipakai. Pikirkan juga filosofi dari nama brand, lalu kaitkan dengan tema warna untuk logo dan packaging. Kemudian, daripada menggelontorkan uang untuk sewa kios atau cetak brosur, sekarang manfaatkan saja platform digital untuk berjualan sekaligus melakukan pemasaran. 

Bentuk Tim dengan Teman dan Cari Bimbingan Mentor

Cara memulai usaha untuk mahasiswa kost yang biasanya dilewatkan ini ternyata cukup krusial, lho. Apalagi di tahun-tahun pertama ketika Anda harus membangun fondasi usaha yang kuat serta sistem operasional yang efisien. 

Daripada bekerja sendiri, ajak juga teman mahasiswa untuk bentuk tim solid. Tidak harus dari jurusan atau universitas yang sama, kok. Justru lebih baik kalau masing-masing orang punya skill tersendiri. 

Lalu, cari mentor yang bisa membimbing kalian. Di beberapa universitas, tersedia pusat bantuan karier atau wirausaha yang mau membantu mahasiswa secara gratis. Anda juga bisa meminta dosen yang dirasa dapat memberikan input bermanfaat bagi usaha Anda. 

Hitung Perencanaan Keuangan Usaha

Cara memulai usaha tidak bisa jauh-jauh dari uang. Pertama, Anda perlu menentukan sumber revenue atau pendapatan dari usaha Anda. Hitung berapa modal usaha yang dibutuhkan dan modal operasional per bulannya. Setelahnya, hal tersulit yang harus dilakukan adalah mencari modal. Walau usaha untuk mahasiswa kost identik dengan modal yang kecil, sekarang sudah ada opsi financing yang beragam, salah satunya pendanaan bisnis online dari Modalku. 

5 Ide Bisnis yang Bisa Dicontek

Kalau Anda bingung harus memulai usaha untuk mahasiswa kost dari mana, bisa mencoba dari ide bisnis yang sederhana seperti di bawah ini:

  • Portal jual-beli buku bekas
  • Jasa refurbish baju bekas (vintage clothes)
  • Jasa penerjemah
  • Usaha pet store dan pet care
  • Toko aksesoris handmade

Intinya, jangan ragu untuk mencoba. Siapa tahu dari cara memulai usaha untuk mahasiswa kost, bisa dikembangkan lagi jadi bisnis yang lebih besar. Seperti kisah-kisah sukses para pengusaha Indonesia yang berawal dari bisnis mereka di masa kuliah, nih. Soal modal usaha, Anda bisa mengandalkan pendanaan dari Modalku yang pengajuannya 100% online.

Leave a Reply