Di mana Kita Bisa Cari Modal Usaha Tanpa Jaminan yang Terpercaya?

modal usaha tanpa jaminan

Modal dana adalah kunci untuk mendirikan bisnis yang Anda impikan. Dana digunakan untuk membeli bahan baku, membeli alat produksi, menyewa tempat operasional, dan sebagainya. Jadi, jangan heran bila kebutuhan dana akan sangat besar. Namun, dari mana uang sebesar itu didapatkan? Jawabannya bisa saja dari tabungan. Masalahnya, jumlah tabungan belum tentu mencukupi kebutuhan modal bisnis.

Pinjaman Modal Usaha Jadi Solusi

Solusinya adalah meminjam uang untuk modal usaha. Perlu diperhatikan, beberapa pinjaman dana untuk modal ini biasanya perlu agunan atau jaminan. Jika tak memiliki aset yang layak dijadikan jaminan, maka Anda harus cari modal usaha tanpa jaminan. Kira-kira, di mana Anda bisa cari modal usaha tanpa jaminan yang tepercaya? 

Ajukan ke koperasi

Meminjam dari koperasi bisa menjadi salah satu cara cari modal usaha tanpa jaminan, terutama pada koperasi simpan pinjam. Jumlah pinjaman uang tanpa agunan yang diberikan koperasi mungkin tidak terlalu besar, tapi cukup untuk menjadi modal awal. Namun, setidaknya meminjam uang dari koperasi tidak memberikan bunga terlalu tinggi. Hal ini dikarenakan adanya azas kekeluargaan koperasi yang tidak ingin menyusahkan anggotanya. Sebelum meminjam dana ke koperasi, pastikan Anda sudah tergabung sebagai anggotanya terlebih dahulu.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Solusi lain untuk cari modal usaha tanpa jaminan adalah lewat program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Program ini hadir lewat bank-bank pemerintah. Pemerintah menghadirkan program KUR sebagai usaha mendukung para pelaku UMKM. KUR diberikan dalam bentuk dana untuk kebutuhan modal bisnis serta investasi bagi pelaku UMKM, baik individu atau badan usaha kelompok.

Fasilitas KUR ini juga memiliki tenor pinjaman yang lebih fleksibel, yakni antara 12, 18, dan 24 bulan. Benefit lainnya juga terlihat dari suku bunga yang diterapkan, yakni sebesar 6% per tahunnya. Dengan kehadiran KUR, pelaku UMKM akan lebih mudah membangun usahanya.

Program Kredit Tanpa Agunan dari bank

Selain program KUR, bank juga memiliki program Kredit Tanpa Agunan (KTA). Seperti namanya, pinjaman ini tidak membutuhkan jaminan dari nasabahnya sehingga cocok sekali untuk yang ingin merintis UMKM. Namun, jangan terkecoh, meskipun tak ada jaminan, risiko yang Anda hadapi bisa jadi cukup besar.

Hal tersebut dikarenakan suku bunga pinjaman yang diterapkan pada nasabah nantinya. Biasanya suku bunga pinjaman tanpa jaminan akan lebih tinggi daripada pinjaman dengan jaminan. Dalam setahun saja bisa mencapai 20%. Karenanya, usahakan lebih teliti dan banyak-banyak mencari informasi sebelum mengajukan pinjaman.

Platform Pendanaan Digital untuk UMKM

Kemajuan teknologi juga berpengaruh pada dunia keuangan. Hal ini terlihat dari kemunculan financial technology (fintech) yang menghadirkan platform pendanaan digital untuk UMKM. Cara cari modal usaha tanpa jaminan ini menghubungkan pengusaha-pengusaha UMKM yang butuh modal dengan para pemberi pinjaman.

Platform pendanaan digital untuk UMKM hadir dengan kemudahan akses lewat aplikasi yang dapat diunduh di smartphone. Biasanya pinjaman yang diberikan tak memerlukan agunan, tenornya lebih fleksibel, dan proses pengajuannya juga sangat mudah. Namun, perlu diperhatikan lagi, platform pendanaan digital untuk UMKM harus sudah terdaftar dan berizin di OJK untuk menjamin keamanan Anda sebagai penerima pinjaman.

Ini DIa! Ciri-ciri Pinjaman Online Terpercaya

Pinjaman Online Berizin OJK 

Anda juga bisa cari modal usaha tanpa jaminan lewat pinjaman online. Kini sudah banyak pinjaman online yang tersedia di Indonesia. Namun, pastikan kembali perusahaan penyedia pinjaman tersebut sudah menjadi anggota dan diawasi OJK agar Anda sebagai nasabahnya terlindungi dari praktik ilegal. Salah satu pinjaman online yang dapat Anda percaya adalah Modalku.

Modalku memiliki tiga produk pinjaman dana online untuk pelaku UMKM, yakni Modalku Virtual Credit, Modal Kawan Mikro dan Invoice Financing. Masing-masing memiliki limit dana, tenor, biaya admin, dan ketentuan yang berbeda-beda sehingga bisa disesuaikan dengan usaha yang akan dijalankan. Proses pengajuan pinjaman di Modalku juga sangat praktis, begitu pula pencairannya. 

Dengan kata lain, Modalku sudah terbukti sebagai solusi bagi pelaku usaha yang sedang cari modal usaha tanpa jaminan. Yuk, kembangkan bisnis Anda sekarang dengan Modalku,


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply