5 Sumber Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

pinjaman untuk modal usaha

Banyak orang memiliki keinginan membangun usaha. Apalagi saat sudah mulai lelah dengan pekerjaan kantor, rasanya ingin resign dan segera membuka usaha sendiri saja. Terlebih jika usaha yang dibangun sudah terlihat punya pangsa pasar tinggi, pasti makin menggebu-gebu.

Tak Cuma Rencana, tapi Juga Modal Usaha

Namun, mendirikan sebuah usaha tak cukup sebatas rencana , Anda juga harus mencari sumber pinjaman untuk modal usaha awal. Pinjaman dana ini menjadi modal untuk membeli alat, produksi, distribusi produk, dan banyak lagi. Lalu, dari mana sumber pinjaman untuk modal usaha awal ini bisa Anda dapatkan? 

1. Pinjaman dari kerabat

Pinjaman untuk modal usaha awal bisa datang dari kerabat. Daripada jenis pinjaman lain, pinjaman satu ini lebih berbasis kekeluargaan dan tentunya memiliki risiko yang minim. Sumber pinjaman ini juga cocok untuk pelaku bisnis yang belum mampu membayar pada tanggal jatuh tempo cicilan. 

Meksi meminjam dana pada kerabat, bukan berarti tidak ada perjanjian di atas hitam putih. Keberadaan surat perjanjian menjadi landasan untuk Anda patuh membayar utang sekaligus mencatat konsekuensi bila Anda gagal dalam membayar. Dengan begini, pelunasan utang pasti lebih berjalan lancar dan hubungan dengan kerabat tetap berjalan baik.

2. Kredit bank

Sumber lain pinjaman untuk modal usaha adalah kredit bank. Jenis pinjaman ini bisa dilakukan jika Anda memiliki jaminan kredit bank. Kini sudah banyak bank yang menawarkan pinjaman modal usaha bagi masyarakat dengan nominal bunga bervariasi. Beberapa bahkan menawarkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk kredit modal pelaku UMKM. Dibandingkan kredit lain, bunganya pun cukup rendah. Namun, Anda tentu harus mematuhi syarat dan persyaratan yang diberikan supaya permohonan kredit disetujui.

3. Pinjaman dari koperasi

Selain dari kerabat dan bank, Anda juga bisa memperhitungkan pinjaman modal usaha dari koperasi. Apalagi jika Anda sudah menjadi anggota di salah satu koperasi, tentu akan sangat bermanfaat jika ingin mengajukan pinjaman. Itulah kenapa jika hendak meminjam dana dari koperasi, sebaiknya bergabunglah dulu menjadi anggota. Untuk prosedur peminjaman, masing-masing koperasi memiliki kebijakan masing-masing. Namun, asas kekeluargaan idealnya tetap diutamakan dalam proses peminjaman.

4. Kredit Usaha Rakyat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sejumlah bank memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditujukan bagi pelaku UMKM. Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai sumber pinjaman untuk modal usaha awal. Program ini biasanya ditawarkan oleh bank pemerintah, dengan plafon kredit yang bisa mencapai Rp100 juta dan subsidi bunga beragam. Tenor yang diberikan pun cukup fleksibel hingga 24 bulan. KUR dari bank pemerintah ini juga relatif meringankan karena biaya administrasi dan suku bunganya bersifat tetap, yakni 6% per tahunnya.

5. Pinjaman Usaha dari Modalku

Dengan perkembangan teknologi, kini dunia keuangan juga ikut mengalami kemajuan. Salah satunya dibuktikan melalui keberadaan pinjaman online untuk bisnis. Keuntungan pinjaman untuk modal usaha secara online adalah tidak serumit pinjaman lembaga konvensional yang biasanya memeriksa latar belakang peminjam sampai menjalankan wawancara terlebih dahulu. Untuk meminjam dari pinjaman online Anda cukup memberikan dokumen seperti KTP, NPWP, serta slip gaji. Pencairannya pun juga lebih cepat dan mudah dibandingkan pinjaman konvensional lainnya.

Ingin coba pinjaman usaha dari Modalku? Klik banner di bawah ini:

Pinjaman tanpa jaminan untuk tambah stok

Namun, jangan sampai salah memilih lembaga pinjaman online. Pilihlah sumber pinjaman yang aman seperti Modalku. Modalku sudah menjadi anggota dan diawasi oleh OJK sehingga keamanannya tak perlu diragukan. Modalku juga menyediakan pinjaman untuk usaha perorangan hingga badan usaha. Limit kreditnya bisa mencapai Rp100 juta dengan tenor fleksibel. Apalagi peminjam juga tidak dikenakan biaya admin dan terdapat dana siaga bagi pengusaha untuk menjaga kelancaran arus kas saat ada kebutuhan mendesak.

Modalku sendiri memiliki tiga produk utama yang bisa dipilih sebagai pinjaman untuk modal usaha awal, yaitu Modalku Virtual Credit, Modal Kawan Mikro, dan Invoice Financing. Dengan berbagai benefit yang diberikan, Modalku bisa jadi solusi untuk Anda, bukan? Jadi, sekarang giliran Anda yang mendapatkan pinjaman untuk modal usaha awal dari Modalku dengan klik di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply