Sambut Tahun Baru dengan Memperbaiki Cara Mengatur Keuangan

cara mengatur keuangan

Tak terasa kita akan memasuki penghujung tahun 2021. Biasanya, setiap akhir tahun, kita kerap membuat resolusi untuk dicapai pada tahun berikutnya. Umumnya, kebanyakan orang berharap untuk mengatur keuangannya secara lebih bijak lagi. Dengan keuangan yang lebih teratur, tentunya kita bisa menyiapkan dana untuk berinvestasi masa depan, semua kebutuhan tercukupi, dan kita merasa lebih aman.

Namun, masih banyak yang belum tahu cara mengatur keuangan dengan baik dan bijak. Ujung-ujungnya, hal ini hanya menjadi resolusi tanpa ada upaya untuk mewujudkannya. Sekarang sudah waktunya Anda mengetahui cara mengatur keuangan pribadi dengan lebih efektif lagi. Dengan cara ini, dijamin keuangan Anda akan aman. Simak cara-cara mengatur keuangan yang wajib jadi resolusi 2022 nanti!

Cek lagi layanan subskripsi yang diikuti 

Sering kali kita mendaftar layanan subskripsi untuk mendapatkan konten terbaru dari produsen yang produknya kita minati. Beberapa hal yang sering kita subskripsi antara lain digital streaming untuk menonton film, online magazine, dan lain-lain.

Subskripsi memang telah menjadi salah satu cara untuk up to date pada konten terbaru. Namun, subskripsi bukan suatu kebutuhan pokok sehingga sebaiknya ditutup bila tidak digunakan lagi. Terkadang masih banyak orang yang terus berlangganan padahal sebenarnya tidak perlu. Ujung-ujungnya, Anda harus terus mengeluarkan uang tanpa tahu apa manfaatnya bagi Anda.

Prioritaskan pembayaran utang

Cara mengatur keuangan yang tak kalah penting adalah memprioritaskan pembayaran utang. Apalagi jika Anda memiliki banyak kartu kredit, penting sekali untuk memulihkan kembali utang kartu kredit tersebut. Usahakan membayar utang dengan tingkat bunga tertinggi dulu agar selanjutnya beban pembayaran utang semakin kecil.

Jika masih ada utang selain cicilan kartu kredit, maka prioritaskan pula hal tersebut. Untuk kali ini, Anda bisa membayar utang dengan nominal lebih kecil dulu supaya menciptakan motivasi untuk melunasi utang lainnya.

Simpan bonus atau kenaikan gaji

Setiap tahunnya, idealnya Anda akan mendapatkan bonus atau bahkan kenaikan gaji sesuai dengan kinerja Anda di kantor. Saat menerima gaji dan bonus ini, jangan langsung gelap mata dan menggunakannya sekaligus. Sebagai cara mengatur keuangam pribadi, lebih baik uang ini ditabung, diinvestasikan, atau untuk membayar utang yang ada. Jadi, uang ini tak habis begitu saja, tetapi masih bermanfaat untuk membebaskan diri dari utang atau mempersiapkan masa depan.

Kurangi pengeluaran, perbanyak pemasukan

Mendapatkan penghasilan yang besar bukan berarti berbanding lurus dengan pengeluaran. Maksudnya, bukan berarti uang yang Anda dapatkan harus segera dikeluarkan sesuai jumlah yang sama dengan pemasukan. Kebiasaan buruk ini membuat Anda tidak akan bisa menabung atau berinvestasi demi masa depan.

Sebaiknya, dengan jumlah pemasukan seberapa besar pun itu, kurangi pengeluaran Anda. Misalnya dengan kembali memilah kebutuhan pokok dan tersier. Selain itu, Anda sebaiknya juga memperbanyak pemasukan, misalnya dengan investasi atau mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

Komitmen untuk rutin catat anggaran keuangan

Cara mengatur keuangan dengan lebih bijak bisa dimulai dengan berkomitmen untuk rutin mencatat anggaran keuangan. Bukan tanpa alasan, mencatat anggaran keuangan bisa membantu Anda mengetahui pos pengeluaran mana yang sangat menyita keuangan Anda. Nantinya, Anda bisa mengevaluasi pengeluaran dan pemasukan setiap saat. Anda jadi bisa menilai pengeluaran mana yang harus dikontrol terlebih dahulu. 

Mencatat anggaran juga penting dilakukan oleh pemilik bisnis untuk mengawasi arus kas bisnisnya. Tanpa adanya pencatatan anggaran yang jelas, keuntungan dan kerugian bisnis juga tak akan bisa terlacak. Sayang sekali, bukan, bila bisnis Anda bagus tapi keuangannya tidak terkendali?

Itulah beberapa cara mengatur keuangan pribadi untuk kondisi finansial yang lebih baik pada 2022 nanti. Bagi yang berencana menambah pemasukan lewat bisnis sampingan, Anda bisa mengandalkan Modalku untuk mendapatkan modal awal. Prosedur pengajuan dan pencairan pinjamannya cukup mudah, sehingga Anda bisa mendapatkan dana cair dalam waktu relatif cepat. Soal keamanan pun tak perlu khawatir, Modalku sudah menjadi anggota dan diawasi oleh OJK. Mari wujudkan bisnis impian Anda dengan Modalku, klik di sini

Leave a Reply