Pengertian dan Cara Membuat Laporan Keuangan Laba Rugi Bisnis

cara membuat laporan keuangan untuk kemajuan usaha

Laporan keuangan laba rugi adalah laporan keuangan inti perusahaan yang melaporkan pendapatan, pengeluaran, dan laba bersih perusahaan selama periode waktu tertentu. Laporan ini memberikan informasi kepada investor dan manajemen bahwa perusahaan menghasilkan uang selama periode yang dilaporkan. 

Banyak manfaat yang diberikan oleh laporan keuangan laba rugi, yaitu memberikan informasi rinci tentang pendapatan usaha, sebagai dokumen penting bagi investor yang membutuhkan informasi terperinci sebelum berinvestasi ke perusahaan, hingga membantu menganalisis pengeluaran dan memperhitungkan aliran utama pendapatan operasional. Mengingat perannya yang begitu penting, Anda pun perlu mengetahui cara membuat laporan keuangan laba rugi. Berikut penjelasannya.

Tentukan periode pelaporan

Langkah pertama dalam menyiapkan laporan keuangan laba rugi adalah memilih periode pelaporan yang akan dicakup oleh laporan Anda. Anda bisa memilih untuk membuat laporan laba rugi secara bulanan, triwulan, hingga tahunan.

Membuat laporan pendapatan laba rugi bulanan dapat membantu Anda menganalisis tren laba dan pengeluaran dari waktu ke waktu. Informasi tersebut dapat membantu Anda membuat keputusan bisnis untuk membuat perusahaan lebih efisien dan menguntungkan.

Buat laporan saldo uji coba

Sebagai cara membuat laporan keuangan laba rugi bisnis, Anda harus mencetak laporan saldo uji coba. Caranya bisa dengan memanfaatkan accounting software (perangkat lunak akuntansi) berbasis cloud dan cetak laporan standar “saldo percobaan”. Ini adalah dokumen internal yang mencantumkan saldo akhir setiap akun dalam buku besar umum untuk periode pelaporan tertentu. 

Membuat laporan saldo adalah bagian penting dalam cara membuat laporan keuangan laba rugi karena begitulah cara perusahaan mengumpulkan data untuk saldo akun. Laporan saldo uji coba ini  akan memberi Anda semua angka saldo akhir yang diperlukan untuk membuat laporan laba rugi.

Lihat juga: “Strategi Merapikan Keuangan Usaha bila Tidak Mengerti Akuntansi”

Hitung pendapatan selama periode pelaporan

Selanjutnya, Anda perlu menghitung total pendapatan penjualan bisnis untuk periode pelaporan. Pendapatan mencakup semua uang yang diperoleh selama periode pelaporan meskipun Anda belum menerima semua pembayaran. Tambahkan semua item pendapatan dari laporan saldo uji coba dan masukkan jumlah total dalam item pendapatan dari laporan laba rugi Anda.

Tentukan biaya penjualan produk

Biaya penjualan produk mencakup tenaga kerja langsung, bahan baku, dan biaya overhead yang Anda keluarkan untuk menyediakan barang atau jasa. Jumlahkan semua item harga pokok penjualan pada laporan saldo uji coba dan cantumkan total harga pokok penjualan pada laporan keuangan laba rugi, tepat di bawah pendapatan.

Cari tahu gross margin

Gross margin adalah jumlah kotor yang diperoleh dari penjualan produk dan layanan perusahaan Anda. Menghitung margin kotor bisa dilakukan dengan cara mengurangi total harga pokok penjualan dari total pendapatan pada laporan keuangan laba rugi. 

Cantumkan biaya operasi

Selanjutnya, cara membuat laporan keuangan laba rugi adalah dengan menambahkan semua biaya operasional yang tercantum pada laporan saldo uji coba. Setiap baris pengeluaran harus diperiksa ulang untuk memastikan Anda memasukkan angka yang benar. Masukkan jumlah total ke dalam laporan keuangan laba rugi sebagai item biaya penjualan dan administrasi yang terletak tepat di bawah margin kotor.

Lihat juga: “Ikuti 5 Tips Membuat Laporan Tutup Buku di Akhir Tahun”

Hitung penghasilan

Anda bisa menghitung penghasilan dengan cara mengurangi total biaya penjualan dan administrasi dari margin kotor. Menghitung penghasilan akan memberi Anda jumlah pendapatan sebelum pajak. Masukkan jumlah penghasilan di bagian bawah laporan laba rugi.

Masukkan pajak penghasilan

Untuk menghitung pajak penghasilan, kalikan tarif pajak yang berlaku dengan angka penghasilan sebelum pajak. Tambahkan angka pajak penghasilan ke laporan keuangan laba rugi di bawah angka pendapatan sebelum pajak.

Cari tahu penghasilan bersih

Untuk menentukan pendapatan bersih bisnis Anda, kurangi pajak penghasilan dari angka pendapatan sebelum pajak. Masukkan angka tersebut ke dalam item baris terakhir dari laporan laba rugi. Penghasilan bersih akan memberi Anda pemahaman umum tentang kinerja bisnis, memungkinkan Anda melihat seberapa menguntungkan bisnis Anda.

Itulah informasi tentang cara membuat laporan keuangan laba rugi yang perlu Anda ketahui. Laporan keuangan laba rugi menunjukkan bagaimana pendapatan diubah menjadi laba bersih. Dengan mengikuti semua langkah di atas, Anda sekarang telah membuat laporan laba rugi yang akurat. Ini akan memberi Anda pemahaman tentang definisi laporan laba rugi yang bermanfaat bagi Anda dan praktik bisnis Anda.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply