6 Inspirasi Usaha Kuliner Industri Rumahan yang Menguntungkan

5 Tips Menjalankan Usaha Kuliner Saat Pandemi

Tiap orang tentu punya selera kuliner berbeda, tapi satu hal yang pasti, setiap orang perlu makan. Jumlah pencinta makanan yang sangat tinggi berarti ada banyak pelanggan potensial. Jadi, tidak peduli berapa banyak pengecer makanan memasuki pasar, selalu ada ruang bagi Anda untuk memulai usaha kuliner Anda sendiri.

Jika memutuskan untuk masuk ke bisnis makanan sebagai pemula, itu adalah pilihan yang bagus. Namun, jika Anda masih belum memutuskan soal usaha kuliner industri rumahan apa yang paling menguntungkan, ada beberapa inspirasi terbaik yang bisa Anda pilih. Berikut informasinya!

lihat juga: 5 Cara Memenangkan Persaingan di Bisnis Kuliner

Inspirasi usaha kuliner makaroni pedas

Inspirasi pertama usaha kuliner industri rumah yang menguntungkan adalah makaroni pedas. Salah satu jenis pasta yang berasal dari Italia ini tidak hanya bisa dinikmati sebagai hidangan berat, namun juga sebagai camilan jika diolah menjadi snack makaroni pedas. Makaroni pedas adalah salah satu dari aneka macam camilan pedas yang sekarang hits digandrungi millennial. 

Dengan modal kurang dari Rp100.000, Anda bisa jualan makaroni pedas yang saat ini mengikuti jejak kesuksesan keripik pedas. Kalau kesulitan membuat sendiri, Anda bisa membeli makaroni pedas 1 kg seharga Rp50.000 dan mengemasnya ulang menjadi 20 kemasan kecil dengan harga Rp5.000. Keuntungan yang diperoleh bisa sekitar 100%, yakni Rp100 ribu dengan profit dua kali lipat modal awal.

Frozen food

Membuka bisnis makanan di Indonesia kemungkinan besar akan selalu menguntungkan. Beberapa tahun terakhir memperlihatkan peningkatan drastis dalam permintaan frozen food. Pada 2025, pasar frozen food di Indonesia diperkirakan mencapai Rp1,050 triliun.

Masifnya penjualan frozen food didorong oleh industri rumahan, banyak masyarakat berminat menjadi distributor untuk melayani pembelian frozen food sehingga memulai usaha kuliner ini akan sangat menguntungkan. Anda bisa coba menjual sosis, nugget, dim sum, kebab, dan berbagai makanan beku populer lainnya.

Abon

Menyediakan makanan yang enak dan sehat bisa menjadi peluang usaha kuliner menjanjikan di masa pandemi. Salah satu jenis makanan khas industri rumahan yang bisa Anda adalah abon. Saat ini memang sudah banyak produk abon ayam atau daging yang dijual di pasaran. Namun, Anda bisa coba berbagai kreasi abon lain, misalnya abon tuna.

Berjualan abon di masa pandemi merupakan pilihan yang baik mengingat banyak orang tetap ingin makan sehat tanpa repot. Anda bisa menyediakan abon dengan varian rasa, seperti original dan pedas, dengan harga terjangkau sesuai modal dan berat kemasan. Untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, Anda bisa berjualan secara online.

Keripik pisang

Dari banyaknya usaha kuliner di industri rumahan yang menjanjikan, keripik pisang adalah salah satunya. Modal yang dibutuhkan sekitar Rp5 juta untuk membeli kemasan, pisang per tandan, termasuk gaji karyawan. Selain modal yang terjangkau dan kemudahan mudah proses pembuatan, bisnis keripik pisang juga menawarkan keuntungan cukup besar.

Potensi bisnis pisang sangat besar mengingat pasokannya tidak mengenal musim. Jadi, bahkan jika Anda mendapat pesanan dalam jumlah besar, Anda tidak akan kekurangan pisang dan bisa berjualan dengan tenang. Selain berjualan online, Anda juga bisa menitipkan keripik pisang ke berbagai toko, seperti toko oleh-oleh dan supermarket.

Jamur crispy

Jika ingin membuka bisnis dari berkebun jamur, Anda bisa coba usaha kuliner jamur crispy. Berkebun jamur sangat mudah, tidak perlu lahan luas dan bisa ditanam sendiri di rumah. Hal ini memungkinkan khususnya jika lokasi rumah Anda berada di kawasan dengan tingkat kelembapan yang cocok untuk bertanam jamur.

Namun, jika merasa repot harus berkebun jamur sendiri, Anda juga bisa bekerja sama dengan para pemilik kebun jamur yang ada di sekitar kawasan Anda tinggal. Kreasi jamur crispy saat ini sedang digemari dan mudah ditemukan sebagai camilan. Dengan modal kecil, Anda bisa memperoleh keuntungan yang cukup besar.

Rempeyek

Gorengan tepung beras yang biasanya berisi biji kacang tanah ini termasuk salah satu makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Camilan renyah ini biasanya juga disajikan sebagai pelengkap nasi seperti nasi pecel. Rasanya yang enak dan gurih membuatnya banyak disukai.

Jika tertarik berjualan rempeyek, modal yang dibutuhkan tidak besar karena hanya perlu membeli bahan-bahan sederhana seperti tepung beras, tepung sagu, telur, santan, daun jeruk, kacang tanah, dan minyak goreng. Besarnya modal membeli bahan-bahan bergantung pada seberapa banyak rempeyek yang ingin Anda jual.

Jadi, usaha kuliner industri rumahan menguntungkan mana yang tertarik untuk Anda coba? Sesuaikanlah dengan minat dan kemampuan Anda agar bisnis kuliner bisa berjalan lancar dan memberikan keuntungan yang Anda harapkan. Jika butuh bantuan pinjaman modal untuk memulai usaha, Anda bisa memanfaatkan layanan Modalku!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat ModalkuĀ di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? KlikĀ di sini.

Leave a Reply