Cara Menjadi Agen PPOB Terpercaya

menjadi agen ppob sangat menguntungkan, bagaimana caranya?

Tulisan ini merupakan artikel kerjasama antara Modalku dan BukuWarung

Jika Anda hendak berbisnis, menjadi agen Payment Point Online Bank (PPOB) bisa menjadi pilihan. Bisnis ini punya peluang yang besar. Khususnya bagi mereka yang mau membayar BPJS, PLN, PDAM, dan sebagainya.

Kalau Anda tertarik berbisnis PPOB, artikel ini  cocok untuk Anda. Di sini, kami akan bagikan bagaimana cara menjadi Agen PPOB yang terpercaya. Namun, sebelum itu, kami akan memberi informasi soal bisnis PPOB. Mulai dari definisi hingga manfaatnya.

Semua pembahasan itu bisa Anda simak sebagai berikut!

Apa Itu PPOB?

Payment Point Online Bank (PPOB) merupakan sistem pembayaran online berbasis perbankan. Sistem ini lazim dipakai dalam berbagai macam pembayaran. Semisal PDAM, PLN, BPJS, dan asuransi. Sistem ini juga menyediakan sejumlah fasilitas yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Semisal paket data dan voucher game.

Agar PPOB bisa berjalan dengan lancar, perlu adanya kehadiran seorang agen PPOB. Agen PPOB sendiri berfungsi sebagai penjual layanan PPOB sekaligus pengatur lalu lintas sistem PPOB.

Saat ini, agen PPOB cukup banyak diminati. Hal itu selaras dengan banyaknya masyarakat yang memakai PPOB. Anda yang mau berbisnis, bisa menjadikan agen PPOB sebagai lahan bisnis Anda.

Manfaat PPOB

PPOB punya sejumlah manfaat bagi masyarakat. Maka tak heran bila sistem ini mulai banyak diminati. Adapun beberapa manfaat di antaranya adalah:

  • Bisa Menjadi Pembayaran untuk Berbagai Macam Tagihan

Sebelum adanya PPOB, masyarakat cukup repot dalam membayar berbagai macam tagihan. Setelah sistem ini hadir, masyarakat pun kini bisa membayar berbagai tagihan dalam satu waktu. Mulai dari PDAM sampai tagihan listrik.

Sistem ini juga menyediakan berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih. Mulai dari konvensional sampai digital. Masyarakat tinggal sesuaikan saja mana metode yang bisa mereka pakai.

  • Masyarakat Tidak Perlu Mengantre

Dengan kehadiran PPOB, masyarakat tak perlu mengantre demi bisa membayar tagihan mereka. Lewat sistem ini, masyarakat bisa membayar tagihan mereka kapan pun dan di mana pun. Bahkan di rumah sekalipun.

  • Menghemat  Waktu, dan Biaya Transportasi

Karena tak perlu mengantre, masyarakat pun jadi bisa menghemat waktu dan transportasi. Masyarakat hanya perlu bayar saja kebutuhannya di tempat mereka berada. Entah itu di kantor ataupun rumah.

  • Menjadi Peluang Usaha

Sebagaimana yang telah disebutkan, kalau sistem PPOB sangat membutuhkan sosok agen. Apalagi di masa sekarang di mana sistem ini kian diminati. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi Anda yang mau terjun di dunia bisnis.

Selain menjadi agen PPOB, Anda juga mencoba bisnis online. Klik caranya di sini!

Cara Menjadi Agen PPOB Terpercaya

Menjadi agen PPOB terpercaya memang gampang-gampang susah. Namun, Anda bisa menjadi agen terpercaya bila tahu bagaimana cara melakukannya.? Yuk langsung simak cara-caranya di bawah ini!

Kenali Cara Bisnis PPOB

Sebelum Anda terjun menjadi agen PPOB, Anda wajib kenali dulu seperti apa bisnis PPOB itu sendiri. Dengan melakukannya, Anda akan mendapatkan gambaran seperti apa bisnis tersebut berjalan, serta berapa keuntungan yang bisa didapat.

Kenali pula apa saja alat atau modal yang harus kamu punya sebagai agen PPOB. Secara umum, ada empat alat yang mesti dimiliki agen PPOB, yaitu:

  • Tempat strategis (hal ini berlaku untuk agen PPOB yang hendak memakai kios).
  • Uang untuk sewa tempat dan deposit pertama.
  • Printer, PC (komputer/laptop), ponsel, serta koneksi internet. 
  • Unit UPS (Uninterruptible Power Supply). Alat ini bisa membantu PC tetap terhubung dengan koneksi internet, serta tetap menyala walau dalam kondisi listrik pada.

Pilih Provider PPOB Terpercaya

Seperti halnya bisnis pulsa, bisnis PPOB pun juga mengandalkan pihak distributor atau provider. Tanpa kehadiran mereka, agen PPOB tak akan bisa membantu pelanggan dalam membayar tagihan atau kebutuhan mereka.

Bisnis konter pulsa masih menggiurkan lho! Penasaran? klik di sini!

Agar bisa menjadi agen PPOB terpercaya, Anda wajib memilih provider PPOB terpercaya. Anda bisa menemukannya di internet atau rekomendasi dari agen PPOB yang lebih berpengalaman.

Provider PPOB terpercaya sendiri punya sejumlah ciri, yaitu:

  • Mendapat banyak ulasan positif dari agen PPOB lainnya.
  • Mampu mengirim kebutuhan agen PPOB secara cepat.
  • Menjual kebutuhan PPOB dengan harga yang relatif terjangkau.

Catat Semua Penjualan

Pencatatan riwayat penjualan sangatlah penting dalam bisnis apa pun, termasuk agen PPOB. Dengan melakukan pencatatan, agen PPOB bisa tahu berapa banyak transaksi penjualan yang mereka lakukan.

Pencatatan juga bikin agen PPOB bisa lebih mudah melakukan evaluasi, serta rencana bisnis mereka ke depannya. Untuk itulah, rajin-rajinlah melakukan pencatatan riwayat penjualan yang Anda lakukan selaku agen PPOB.

Menerapkan Harga yang Bersaing

Agar mampu bersaing dengan agen lainnya, agen PPOB wajib menerapkan harga yang bersaing pula. Untuk bisa menerapkan harga yang bersaing, agen PPOB terlebih dahulu harus punya provider terpercaya.

Lewat kehadiran provider, agen PPOB bisa dengan mudah menentukan harga kebutuhan PPOB yang mereka jual. Sebagai saran, cantumkanlah harga sesuai dengan harga asli yang diberikan provider.

Adapun jika mau sedikit lebih tinggi, pastikan harganya tidak terlampau tinggi. Selain lewat provider, Anda pun juga bisa menentukan harga berdasarkan harga yang ditentukan agen PPOB lainnya.

Lakukan Promosi

Supaya Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan, Anda wajib melakukan promosi secara gencar. Promosi sendiri bisa dilakukan dengan berbagai metode. Mulai dari memasang spanduk/poster, sampai promosi di media sosial. Semakin gencar promosi yang Anda lakukan, maka peluang untuk mendapatkan pelanggan semakin besar.

Sediakan Metode Pembayaran yang Beragam

Semenjak adanya uang digital, metode pembayaran dalam suatu bisnis pun kian beragam. Hal itu tentu juga berlaku bagi Anda yang melakoni bisnis sebagai agen PPOB.

Saat menjadi agen PPOB, Anda wajib menyediakan metode pembayaran yang beragam. Mulai dari pembayaran langsung, transfer bank, atau dengan pembayaran uang elektronik.

Dengan menyediakan beragam metode pembayaran, pelanggan akan jadi punya banyak opsi pembayaran. Mereka tinggal pilih saja mana metode yang sekiranya cocok atau sanggup mereka lakukan.

Tunggu Apa Lagi? Yuk Jadi Agen PPOB!

Semakin diminatinya sistem PPOB, maka semakin banyak pula kebutuhan agen PPOB. Lewat agen PPOB, masyarakat bisa menikmati layanan pada sistem PPOB.

Bila Anda sedang ingin berbisnis, menjadi agen PPOB adalah pilihan tepat. Untuk melakukannya, Anda tinggal ikuti saja cara-cara yang sudah kami share di atas.

Selain cara-cara tersebut, Anda juga bisa memakai aplikasi smartphone sebagai cara lain yang bisa dilakukan. Saat ini, sudah banyak aplikasi yang membantu kita untuk menjadi agen PPOB.

BukuWarung adalah salah satunya. Aplikasi satu ini menyediakan fitur PPOB yang membantu Anda menjadi agen PPOB terpercaya. Tak cuma itu, aplikasi ini juga bisa Anda pakai untuk mencatat riwayat transaksi penjualan antara Anda dan pelanggan.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply