5 Cara Jualan Online Tanpa Modal Banyak untuk Pemula

Cara jualan online tanpa modal

Siapa pun dapat memulai bisnis online yang menghasilkan uang mengingat hampir tidak ada pengalaman teknis yang diperlukan. Terlebih, cara jualan online tanpa modal saat ini sangat mudah karena ada banyak alat untuk membangun bisnis online. Anda bisa tinggal di mana pun Anda mau, mengatur jadwal Anda sendiri, dan bekerja sesedikit atau sebanyak yang Anda inginkan, tergantung pada seberapa cepat atau besar Anda ingin bisnis Anda berkembang. 

Di samping itu Anda juga tidak memerlukan banyak modal awal karena kini telah tersedia beragam layanan gratis yang memfasilitasi jualan online. Misalnya, Anda bisa membuat akun Instagram secara gratis untuk berjualan online. Kini Anda tak perlu lagi ragu untuk memulai bisnis online Anda sendiri. Agar lebih yakin dan paham, simak lima cara jualan online tanpa modal banyak untuk pemula berikut ini.

Menjualkan barang orang lain

Cara jualan online tanpa modal yang pertama adalah menjual barang orang lain. Keuntungan yang Anda peroleh dari menjual barang orang lain adalah komisi yang jumlahnya bisa banyak, tergantung dari banyaknya barang yang berhasil Anda jual.

Salah satu cara menjual barang orang lain adalah dengan konsep dropship. Intinya, Anda hanya perlu mencari pembeli sebanyak-banyaknya, sedangkan untuk urusan pengiriman akan dilakukan oleh pihak gudang atau pemilik usaha. Dibandingkan dengan membuat dan memelihara produk Anda sendiri, jauh lebih mudah untuk menjual barang orang lain.

Inilah Cara Memulai Bisnis Online di Bidang Kuliner

Menawarkan jasa antar-jemput barang

Anda juga bisa mencoba cara berjualan online dengan menawarkan jasa antar-jemput barang. Ini cocok untuk Anda yang punya kendaraan sendiri, baik motor atau mobil. Mula-mula, Anda bisa menghubungi pihak usaha yang mungkin membutuhkan jasa antar-jemput barang. Meskipun sederhana, jasa antar-jemput barang masih banyak dicari demi memudahkan pihak seller maupun pembeli.

Mulailah dari skala kecil, Anda bisa menjemput barang dari seller untuk diantar ke konsumen di dalam kota. Jika konsumen berada di luar kota, Anda bisa melakukan pengiriman lewat ekspedisi. Mirip dengan layanan yang ditawarkan oleh jasa ojek online, jasa antar-jemput barang mempunyai jangkauan lebih luas dan Anda dapat bekerja sama dengan banyak pihak, mulai dari pemilik usaha sampai jasa ekspedisi.

Pre-order makanan rumahan

Jika kuliner adalah passion Anda, maka Anda bisa coba untuk buka pre-order makanan rumahan sebagai cara jualan online tanpa modal banyak. Menjalankan bisnis Anda sendiri itu mengasyikkan karena Anda bisa menjadi kreatif dan mencari nafkah darinya. Meskipun Anda mungkin ingin menghasilkan uang sebanyak mungkin segera setelah mulai berbisnis, luangkanlah waktu untuk memahami produk Anda yang paling disukai pelanggan.

Ini akan memberi Anda pemahaman yang jauh lebih baik tentang bagaimana mengembangkan bisnis dalam jangka panjang. Tawarkan bundle dan pesanan dalam jumlah banyak. Tetapkan harga yang wajar untuk produk Anda agar lebih banyak disukai. Anda bisa buka pre-order masakan berat atau bakery. Terapkan sistem pre-order (PO) agar lebih mudah untuk pemula karena Anda bisa fokus hanya pada pesanan yang masuk, bukannya memproduksi secara massal.

Menjual pakaian secondhand

Anda juga bisa coba menjual pakaian secondhand sebagai salah satu cara jualan online tanpa modal banyak. Perkembangan teknologi saat ini membuat proses menjual pakaian secondhand sangat mudah, apalagi pakaian trendi dan modis selalu diminati. 

Pastikan Anda foto tiap baju dengan kualitas baik, lalu mengunggahnya di media sosial seperti Instagram. Instagram adalah tempat yang bagus untuk menjual pakaian karena merupakan platform media sosial yang sempurna untuk mengembangkan kreativitas. Terlebih, tidak ada biaya untuk mengunggah foto dan Anda dapat memegang kendali penuh atas harga dan strategi pemasaran.

Lihat juga: “6 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini dengan Untung Besar”

Jualan konten secara online

Ada banyak konten online yang bisa Anda jual untuk menghasilkan keuntungan. Mulai dari menulis artikel untuk website perusahaan, desain grafis untuk brand, dan sebagainya. Hal ini cukup praktis karena jika dibandingkan dengan produk fisik, Anda harus memikirkan soal pengiriman barang, pajak, hingga manajemen inventaris. 

Sementara itu, produk digital seperti konten online punya kelebihan sendiri karena mudah didistribusikan, lebih berkelanjutan, dapat direplikasi tanpa batas, dan relatif lebih mudah dibuat. Anda tidak perlu bahan fisik, pabrik, atau staf. Cukup keahlian dan sedikit perangkat seperti laptop atau smartphone, Anda pun sudah bisa menghasilkan karya untuk dijual.

Di antara berbagai poin di atas, cara jualan online tanpa modal mana yang menurut Anda menarik untuk digeluti? Pastikan saja Anda memilih cara yang memang sesuai dengan passion atau preferensi agar prosesnya bisa lebih Anda nikmati. Good luck!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat ModalkuĀ di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? KlikĀ di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply