5 Strategi Promosi Terbaik untuk Usaha Kuliner

strategi promosi usaha kuliner

Usaha kuliner menjadi salah satu jenis bisnis yang selalu ramai digeluti. Apalagi makanan sendiri merupakan kebutuhan pokok yang akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Artinya, usaha ini akan selalu memiliki pembeli. Meski begitu, hal tersebut bukan menjadi jaminan usaha kuliner Anda bisa terus mendapatkan keuntungan. Kuncinya terletak pada strategi promosi kuliner yang tepat. Jangan sampai usaha kuliner Anda terkikis zaman, berikut lima strategi promosi terbaik untuk usaha kuliner Anda!

Daftarkan usaha pada platform layanan pencarian restoran

Dilansir dari penelitian We Are Social dan Hootsuite, lebih dari empat miliar orang sudah menggunakan internet. Artinya, Anda tak sebaiknya terlalu mengandalkan cara konvensional untuk promosi usaha. Sudah saatnya Anda mulai melancarkan strategi pemasaran di dunia online. Salah satunya dengan mendaftarkan usaha Anda pada platform layanan pencarian restoran.

Kini sudah banyak situs dan aplikasi pencarian dan penemuan restoran yang dilengkapi ulasan pelanggan seperti Zomato atau Qraved. Dengan memanfaatkan platform seperti ini, Anda bisa menyediakan informasi singkat tentang usaha kuliner yang Anda tawarkan. Calon konsumen pun dapat melihat review makanan Anda dan akhirnya tertarik dengan produk Anda.

Optimalkan penggunaan media sosial secara efektif

Tak main-main, sekitar 42% dari total populasi di dunia telah menggunakan media sosial. Artinya, Anda harus mengoptimalkan penggunaan media sosial secara efektif. Langkah pertama adalah menentukan media sosial yang sesuai dengan target pasar Anda. Misalnya, target pasar Anda adalah anak muda generasi Z, maka media sosial yang bisa digunakan untuk strategi promosi adalah TikTok atau Instagram.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur Ads dari media sosial yang Anda pilih untuk menambah jangkauan pengguna media sosial. Jika ada dana lebih, manfaatkan untuk menggaet influencer dengan followers yang banyak untuk mempromosikan usaha kuliner Anda.

Kerja sama dengan layanan pesan antar

Kini, semakin banyak layanan pesan antar yang bisa Anda manfaatkan untuk memudahkan konsumen membeli produk Anda. Layanan pesan antar seperti GoFood, Grabfood, hingga ShopeeFood memudahkan konsumen membeli produk langsung dari smartphone mereka. Dengan kemudahan ini, konsumen pun akan tertarik untuk mencoba produk kuliner Anda hingga akhirnya produk Anda laris manis. Peluang untuk meningkatkan penjualan pun jadi semakin besar.

Berikan diskon dan promo 

Pada saat masih awal berdiri, tak ada salahnya untuk memberikan diskon dan promo kepada calon konsumen. Apalagi konsumen suka dengan hal-hal yang berbau promo dan diskon, Anda bisa bekerja sama dengan layanan pesan antar untuk memberikan diskon dan promo yang menarik. Contohnya memberikan potongan harga setelah membeli menu tertentu atau membuat bundle dengan harga yang lebih hemat. Jangan lupa saat memberikan diskon atau promo ini, Anda juga harus menghitung secara matang supaya tidak ada kerugian.

Tampilkan testimoni dari konsumen

Testimoni dari konsumen kini menjadi hal yang penting dalam setiap usaha kuliner. Testimoni yang baik akan membuat calon konsumen semakin penasaran dan akhirnya membeli makanan Anda. Lantas, bagaimana dengan review yang mengandung kritik pedas, apakah harus ditampilkan juga? Tentu saja!

Meski tidak memuji produk Anda, kritik ini justru berfungsi sebagai tolok ukur sejauh mana makanan Anda diterima oleh mereka. Anda bisa menjadikannya evaluasi agar kekurangan tersebut tidak terjadi lagi. Jangan pula mendiamkan kritik dari konsumen, Anda bisa membalasnya untuk membuktikan adanya layanan atau tanggapan atas keluhan dari mereka.

Kini promosi menjadi salah satu hal yang krusial dalam usaha kuliner. Untuk melakukan promosi ini tentu dibutuhkan anggaran dana tersendiri, misalnya untuk memasang ads di media sosial hingga bekerja sama dengan influencer. Bagi Anda yang sedang bingung, Anda bisa mendapatkan dana tambahan dari Modalku. 

Modalku memberikan ragam pinjaman seperti Modalku Virtual Credit, Modal Kawan Mikro, hingga Invoice Financing. Ketiganya dirancang sesuai dengan kebutuhan Anda dan kemampuan dalam melunasi pinjaman. Tenang saja, Modalku sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan telah menjadi member AFPI sehingga keamanannya pun terjamin. Danai usaha kuliner Anda dengan Modalku, ajukan pinjaman dengan klik link di sini!

Leave a Reply