Mengenal Konsep Paylater yang Kini Tengah Marak

Setiap bulannya, ada banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi, seperti membeli perlengkapan kerja atau kebutuhan anak. Namun, beberapa orang terkadang kesulitan membeli barang-barang yang dibutuhkan karena terkendala akses ke sumber dana. Sebagai jawaban atas kendala banyak pembeli, maka hadirlah cara pembayaran Paylater yang kini tengah marak. Sekarang Anda bisa melakukan pembelian tanpa harus membayar sekaligus dalam satu waktu. Yuk, kenali konsep dan cara pakainya di artikel ini.

Beli Sekarang, Bayar Nanti

Sesuai namanya, Paylater merupakan sebuah layanan untuk berutang atau menunda pembayaran yang nantinya wajib dilunasi. Di Indonesia, sejumlah lembaga jasa keuangan, yakni bank dan platform pendanaan digital seperti Modalku juga menyediakan layanan ini.

Awalnya, layanan peminjaman dana ini identik untuk kebutuhan konsumtif atau pembelian barang yang nilainya terus menurun di masa depan seperti pakaian atau smartphone. Namun, sekarang ia bisa dipakai lebih dari sekadar membeli barang. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk pesan tiket pesawat dan hotel. 

Paylater memudahkan Anda untuk beli sekarang dan bayar nanti. Jadi, konsumen bisa memperoleh nilai lebih lewat alternatif pembayaran ini. Menawarkan skema baru pembayaran dan pengalaman unik, tidak mengherankan jika layanan tersebut kini marak dipakai.

Konsep beli sekarang bayar nanti mungkin terdengar mirip dengan kartu kredit. Hanya saja, pembayaran lewat Paylater lebih mudah dan umumnya dipakai untuk pembayaran online. Berbagai keuntungan bisa Anda peroleh jika menggunakannya dengan bijaksana.

Tahukah Anda? Paylater juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis lho!

Cara Mendapatkan Paylater

Berbeda dari kartu kredit yang mewajibkan penyerahan slip gaji minimum, cara mendapatkan Paylater jauh lebih mudah dan praktis. Semua orang yang berusia di atas 18 tahun bisa memanfaatkan layanan ini dan menggunakannya untuk bertransaksi.

Cara mendapatkan layanan pendanaan ini rata-rata tidak jauh berbeda. Umumnya, Anda hanya perlu memastikan akun yang digunakan telah terverifikasi, baik dengan alamat email, nomor telepon, dan juga KTP. Anda mungkin juga akan diminta mengunggah foto selfie. 

Berbagai kemudahan ini membuat Paylater mampu memberikan pengalaman transaksi yang jauh lebih sederhana dan cepat. Tidak banyak syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkannya sehingga lebih nyaman digunakan oleh konsumen.

Coba kemudahan paylater Modalku Virtual Credit dengan klik banner di bawah ini:

Pinjaman tanpa jaminan untuk tambah stok

Plus-minus Menggunakan Paylater

Mirip kartu kredit, Paylater juga punya plus minus yang harus Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya. Beberapa kelebihannya adalah:

  • Pembelian lebih praktis karena bisa memperoleh barang di muka tanpa perlu membayar lebih dulu.
  • Pembayaran di akhir periode membuat Anda tidak perlu repot membayar sekarang.
  • Tanpa prosedur tambahan yang merepotkan, sistem pembayarannya membuat transaksi menjadi lebih cepat

Di samping keuntungan, ada juga beberapa sisi keterbatasan yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Bisa mendorong perilaku impulsif karena kemudahan transaksi berpotensi membuat Anda belanja lebih banyak daripada seharusnya.
  • Potensi terjebak dengan bunga jika telat atau melewatkan tanggal pembayaran yang sudah ditetapkan pada awal pembelian.
  • Tambahan berbagai biaya lain atau kebijakan bunga yang dihitung setiap kali transaksi dapat memberatkan konsumen jika transaksi pembelanjaan menumpuk.

Paylater juga Bisa Digunakan untuk Kebutuhan BisnisĀ 

Jika digunakan dengan bijaksana, penggunaan Paylater bisa sangat menguntungkan. Tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumtif seperti beli tiket pesawat dan hotel untuk liburan, Anda juga bisa menggunakannya untuk kebutuhan bisnis. Pengembangan bisnis pun makin mudah dengan paylater.

Dengan layanan pinjaman online ini, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi mencari sumber dana untuk membuka usaha impian Anda. Cukup pilih platform yang bisa memberikan Anda keuntungan maksimal seperti Modalku Virtual Credit.

Modalku Virtual Credit merupakan sebuah fasilitas Paylater yang hadir untuk kebutuhan usaha Anda. Dengan limit tanpa agunan sebesar Rp500 juta, semua pengusaha bisa mendaftar dan mendapatkan keuntungannya dengan mudah. Banyak kelebihan yang ditawarkan, mulai dari tenor yang fleksibel hingga bunga per transaksi yang kompetitif. Manfaatkanlah layanan ini untuk penggunaan pinjaman dana yang lebih produktif. 

Nah, itulah informasi mengenai konsep Paylater yang kini tengah marah. Jika menerapkan cara pakai Paylater yang bijaksana, seperti Modalku Virtual Credit untuk kebutuhan usaha, Anda bisa memanfaatkan sistem pembayaran ini secara maksimal dan menguntungkan. Semoga bermanfaat!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply