Cara Bijak Pakai Paylater Agar Tidak Rugi

cara bijak pakai paylater

Paylater adalah fasilitas pembiayaan yang tidak mengharuskan penggunanya untuk melunasinya sekarang, namun bisa menundanya dan membayarnya secara mencicil. Biasanya, pelunasannya dapat dicicil hingga beberapa bulan. Kemudahan dari fasilitas Paylater membuatnya makin sering digunakan oleh generasi milenial.

Namun, kemudahan tersebut juga yang membuat banyak orang jadi terjebak. Tanpa sadar, mereka jadi lebih boros karena tergiur untuk terus berbelanja meski sedang tidak punya uang. Bisa-bisa penghasilan pun habis untuk membayar tagihan Paylater saja. Agar tidak rugi, mari ketahui cara bijak pakai Paylater berikut ini!

Dengan bijak berutang, kita bisa terbebas dari masalah keuangan lho!

Tentukan Batasan Nilai Pinjaman

Cara yang pas untuk mengerem penggunaan Paylater adalah menentukan batasan nilai pinjaman. Sekarang beberapa fasilitas Paylater sudah dilengkapi dengan fitur untuk bisa mengatur limit pinjaman. Dengan keberadaan fitur limit ini, sebaiknya Anda manfaatkan untuk membatasi pinjaman sesuai dengan kemampuan Anda membayar. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda pun dapat mencegah kewalahan membayar di akhir waktu. Anda juga tidak akan tergiur untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Pelajari Kontrak Perjanjian 

Seperti platform pinjaman pada umumnya, pastinya ada kontrak perjanjian yang harus dicermati sebelum digunakan untuk bertransaksi. Hal ini berlaku pula pada Paylater. Apalagi kalau ada promo tertentu, misalnya promo diskon 50% atau cashback di merchant tertentu. Bisa saja ternyata ada syarat minimum pembelian atau jumlah potongan maksimal yang ternyata nilainya tidak terlalu besar. 

Dalam kasus ini, biasanya potongan limit kredit yang berlaku masih sama seperti harga awal transaksi. Daripada niat menikmati promo justru berubah menjadi penyesalan, Anda perlu memahami syarat dan ketentuan terlebih dahulu sebelum bertransaksi dengan Paylater. Jika ada bagian dari kontrak perjanjian yang tidak dimengerti, sebaiknya tanyakan terlebih dulu.

Pahami Pula Denda Keterlambatan

Saat membaca kontrak perjanjian Paylater, pastikan Anda juga memahami tentang denda keterlambatannya. Sama seperti lembaga pinjaman online, fasilitas Paylater pun memiliki denda bila Anda telat membayar tagihannya. Meskipun Anda yakin bisa melunasi tagihannya tepat waktu, tidak ada salahnya memahami denda keterlambatan untuk berjaga-jaga. Ingat, jika semakin menunda pembayaran, Anda tagihan Paylater akan jadi lebih berat. Karenanya, selalu usahakan untuk membayar tagihan terlebih dulu, baru alokasikan untuk kebutuhan lain.

Sebaiknya Gunakan untuk Kebutuhan Produktif 

Keberadaan fasilitas Paylater sebaiknya jangan dijadikan alasan untuk membeli barang-barang yang mungkin saja tidak digunakan. Jangan pula mudah tergiur dengan promo seperti diskon. Gunakanlah fasilitas Paylater ini untuk sesuatu yang lebih produktif, misalnya untuk modal bisnis online atau ekspansi bisnis. Anda bisa mempertimbangkan Modalku Virtual Credit dari Modalku!

Untuk keperluan usaha, Anda juga bisa mendapatkan dana dari 3 produk Modalku!

Jenis pinjaman ini bisa Anda ajukan meski tanpa agunan. Baik usaha besar atau UMKM, Anda bisa mengajukan Modalku Virtual Credit. Tak tanggung-tanggung, Anda dapat mengajukan dana pinjaman hingga Rp500 juta! Tinggal lengkapi dokumen persyaratannya dan tunggu hingga dananya cair. Informasi tentang Modalku Virtual Credit bisa dibaca di sini. 

Perhatikan Bunga dan Tenor Cicilan Paylater

Ketika sudah memutuskan untuk menggunakan fasilitas Paylater, jangan lupa untuk mempertanyakan suku bunganya. Biasanya ada dua bunga yang harus diperhatikan oleh calon peminjam. Pertama adalah besar bunga yang harus dibayar, kemudian biaya-biaya lain seperti biaya administrasi atau biaya denda keterlambatan. Dua bunga ini biasanya akan menjadi bunga yang harus Anda tanggung. 

Selain bunga, Anda juga harus memperhatikan tenor cicilan. Biasanya semakin panjang tenornya, maka jumlah cicilan yang dibayar akan semakin rendah. Jika tenor yang diberikan lebih pendek, maka cicilan bulanan yang dibayarkan akan lebih tinggi lagi. Pilihlah tenor yang tepat sesuai dengan kemampuan Anda membayar tagihan.

Disiplin Melunasi Tagihan Paylater

Terakhir, Anda wajib disiplin saat melunasi tagihan Paylater. Terlambat sehari saja tagihan dijamin akan membengkak karena denda keterlambatan. Selain tagihan yang dibayarkan akan lebih besar, kurang disiplin melunasi tagihan juga dapat berisiko menurunkan skor kredit. Hal ini tentu bisa berpengaruh terhadap pengajuan pinjaman dana di masa depan, baik secara konvensional maupun online.

Paylater memang awalnya hadir untuk memudahkan Anda berbelanja. Namun, jangan sampai terjebak karena mudah tergiur berbelanja dengan pinjaman dana tersebut. Terapkan kelima cara bijak di atas agar pinjaman Paylater tidak membuat kantong Anda bolong.

Jadi, bagaimana? tertarik mengajukan pinjaman paylater? Klik banner di bawah ini untuk ajukan paylater untuk perkembangan bisnis Anda!

Pinjaman tanpa jaminan untuk tambah stok

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply