5 Tantangan Usaha Kuliner dan Cara Menghadapinya

tantangan usaha kuliner

Mewujudkan mimpi membuka usaha kuliner sangat mungkin jika Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Anda butuh rencana bisnis, kesabaran, menu yang menarik, dan sedikit keberuntungan. Perlu juga untuk mengetahui berbagai tantangan bisnis kuliner agar Anda siap dengan cara menghadapinya. Berikut informasi lengkapnya.

Menentukan Menu yang Akan Dijual

Tantangan bisnis kuliner yang pertama adalah menentukan menu yang akan dijual. Anda perlu melakukan berbagai eksperimen untuk menentukan menu terbaik. Mintalah teman, keluarga, atau pihak-pihak yang Anda percayai lainnya untuk membantu menyusun menu yang akan dijual.

Susunlah menu yang memang Anda kuasai dan sesuai dengan target pasar serta visi usaha kuliner. Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengubah menu sesuai musim dan tetap mengikuti tren. 

Pertimbangkan juga orang-orang dengan permintaan diet khusus seperti vegetarian,dan cobalah untuk memenuhinya. Intinya, menu yang dijual harus mewakili siapa Anda sebagai pemilik bisnis dan apa arti usaha kuliner Anda sambil memperhatikan faktor demografis.

Lihat juga: “5 Strategi Promosi Terbaik untuk Usaha Kuliner”

Kompetisi dengan Usaha Kuliner Lain yang Lebih Dulu Ada

Memahami kompetisi dengan usaha kuliner lain yang lebih dulu ada sangatlah penting agar Anda bisa mengambil langkah untuk membuat usaha kuliner yang berbeda. Anda akan menemukan banyak usaha yang mungkin konsepnya sama atau mirip dengan Anda, sehingga penting untuk mencari poin unik agar bisnis Anda mampu bersaing.

Pertama-tama, lakukan yang terbaik untuk memahami pesaing Anda. Teliti website mereka, ikuti mereka di media sosial, dan makanlah di tempat mereka sesekali. Lihatlah apa yang mereka lakukan, lalu terapkan dalam cara yang lebih baik untuk usaha kuliner Anda. Misalnya, jika menurut Anda porsi menu mereka kurang banyak, Anda bisa menawarkan porsi yang lebih besar untuk usaha Anda.

Usaha kuliner mandiri biasanya mengalami kesulitan lebih besar karena belum memiliki anggaran atau nama yang besar. Jadi, pastikan Anda juga memiliki rencana pemasaran yang strategis untuk memenangkan persaingan. Bisa lewat promo, diskon, dan berbagai aktivitas menarik di media sosial.

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Menemukan lokasi yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri mengingat banyak usaha kuliner gagal karena salah pilih lokasi. Meskipun mungkin ada beberapa usaha yang tetap ramai karena sudah digemari pelanggan, sangat berisiko jika Anda melakukannya pada awal membuka bisnis saat Anda butuh dikenal.

Memilih tempat yang tepat untuk usaha kuliner Anda sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Anda perlu berada di lokasi yang dapat diakses oleh semua orang, tapi menghindari pesaing yang menyajikan menu seperti yang Anda tawarkan. Pastikan Anda meneliti target pasar dan pesaing sehingga dapat menempatkan usaha kuliner di lokasi yang tepat.

Lihat juga: “4 Tips Melakukan Digital Marketing Kuliner yang Efektif”

Menarik Pelanggan Sebanyak Mungkin

Ada beberapa cara untuk menarik pelanggan ke bisnis kuliner Anda. Anda perlu menggunakan berbagai strategi jika ingin mengungguli persaingan dan maju dalam industri yang sangat kompetitif ini. Pertama-tama, cobalah untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin lewat promosi bisnis di media sosial.

Mempromosikan diri di media sosial sebagai bisa menjadi pendekatan yang bagus karena media sosial sangat populer di kalangan orang-orang dari segala usia. Jika ingin menjangkau audiens atau basis pelanggan tertentu, promosi restoran di media sosial bisa dicoba. 

Anda dapat membuat iklan berbayar untuk menarik pelanggan di berbagai situs media sosial seperti Facebook dan Instagram. Anda juga bisa mendapatkan perhatian pelanggan dengan posting konten secara teratur dan mengadakan kontes yang mendorong audiens untuk tag teman mereka. Lalu, Anda dapat memberikan voucher kepada pemenang untuk makan di bisnis kuliner Anda.

Biaya Modal yang Kurang Mencukupi

Modal selalu menjadi tantangan bisnis kuliner yang utama bagi banyak orang. Anda membutuhkan modal yang cukup untuk menjaga usaha tetap buka sampai Anda memiliki cukup pendapatan untuk berdiri sendiri. Biar aman, Anda butuh cukup dana untuk menjalankan usaha satu tahun penuh dan dana ekstra untuk semua pengeluaran tak terduga. 

Berhati-hatilah saat memperkirakan jumlah modal awal yang Anda butuhkan. Pertimbangkan pembelian atau sewa ruang, mempekerjakan tim lengkap, melengkapi dapur, mendekorasi dan melengkapi usaha, serta lisensi dan izin. Saat mencari investor, pastikan Anda memiliki rencana bisnis yang menyeluruh dan lengkap untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jika Anda belum mempunyai cukup modal untuk membuka usaha kuliner, Anda bisa mengajukan pinjaman lewat Modalku. Jenis pinjaman tanpa agunan ini bisa membantu meningkatkan omzet bisnis dan memperlancar arus kas usaha. Aman dan bisa dicicil sehingga meringankan, pinjaman online ini cocok untuk semua pebisnis, termasuk bisnis kuliner.

Modal Kawan Mikro untuk usaha ayam geprek

Itulah informasi mengenai tantangan usaha kuliner dan cara menghadapinya yang perlu Anda ketahui. Jangan ragu untuk memanfaatkan bantuan modal dari Modalku untuk mengatasi tantangan bisnis kuliner, ya. Semoga bisnis kuliner Anda bisa terus ramai!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi diĀ blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply