5 Kelebihan Pinjaman Online untuk Bisnis Anda

pinjaman online untuk bisnis? kenapa tidaK?

Apakah Anda berencana membangun bisnis? Atau mungkin sedang ingin ekspansi bisnis yang sudah dimiliki? Baik untuk membangun atau memperluas bisnis, tentunya dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Salah satu cara mendapatkan dana tambahan adalah dengan mengajukan pinjaman.

Kabar baiknya, hal tersebut kini bisa mudah dilakukan secara online, salah satunya melalui lembaga finance technology (fintech). Namun, mungkin masih ada beberapa dari Anda yang ragu untuk mengajukan pinjaman online. Padahal, meminjam dana secara online menawarkan sejumlah kelebihan tersendiri. Berikut penjelasan selengkapnya!

Proses cenderung mudah dan praktis

Salah satu kelebihan pinjaman online adalah proses pengajuannya cenderung mudah. Pada pinjaman konvensional, proses pengajuan pinjaman umumnya harus melalui proses survei dan wawancara untuk memastikan bahwa latar belakang calon peminjam cukup eligible.

Pada pinjaman online, prosesnya cenderung lebih sederhana. Anda cukup memiliki koneksi internet dan smartphone, pengajuan pun bisa langsung dilakukan melalui aplikasi atau website lembaga penyedia. Kemudian, pengajuan Anda akan diperiksa oleh lembaga peminjaman dan pinjaman bisa langsung cair dalam beberapa hari selama Anda memenuhi syarat.

Sebelum mengajukan pinjaman online, Waspadai pinjaman online ilegal!

Syarat dan ketentuan tidak rumit

Banyak orang ragu mengajukan pinjaman karena prosesnya dinilai terlalu rumit. Apalagi jika pinjaman terlalu besar, biasanya Anda harus menyerahkan jaminan. Syarat seperti ini jarang ditemukan pada layanan pinjaman online. Umumnya, Anda tidak akan diminta untuk menyerahkan jaminan. Anda hanya perlu menyerahkan beberapa dokumen untuk proses pengecekan saja. Mudah sekali, bukan?

Umumnya tidak butuh jaminan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak adanya jaminan menjadi salah satu kelebihan pinjaman online. Pada pinjaman konvensional seperti bank, biasanya Anda akan melewati proses wawancara, pengecekan latar belakang keuangan, dan lain-lain. Proses ini dijalankan untuk mengecek apakah Anda mampu membayarkan pinjaman yang diberikan kelak. 

Sedangkan pada pinjaman online, Anda hanya diminta menyerahkan kelengkapan dokumen sebagai syarat mutlak supaya pinjaman Anda bisa langsung disetujui dan cair. Selain itu, Anda juga tak perlu datang ke kantor cabang terdekat. Anda bisa mengirim kelengkapan dokumen via email bahkan lewat aplikasi smartphone. Setelah itu, dokumen Anda akan diperiksa dan pinjaman bisa dicairkan dalam waktu sehari.

Dana pinjaman bisa cair dalam waktu cepat

Jika Anda membutuhkan dana pinjaman dalam waktu singkat, pinjaman online bisa jadi pilihan. Beberapa pinjaman online bahkan bisa mencairkan dana pinjamannya beberapa jam setelah pengajuan dilakukan.

Nah, supaya dana pinjaman online bisa cepat cair, maka Anda harus menyerahkan dokumen persyaratan dengan lengkap dan cepat. Apalagi sekarang penyerahan dokumen tak perlu dilakukan lewat pos, Anda cukup mengunggah versi soft copy-nya pada aplikasi pinjaman online via smartphone Anda. Saat dokumen persyaratan sudah lengkap, maka proses pengecekan dokumen akan semakin cepat, begitu juga pencairan dana pinjamannya.

Jenis pinjaman yang cukup beragam

Jenis pinjaman yang diberikan oleh lembaga pinjaman online juga cukup beragam jika dibandingkan pinjaman konvensional. Salah satu lembaga pinjaman online yang memiliki pilihan pinjaman cukup banyak adalah Modalku. Ada tiga jenis pinjaman yang bisa diajukan, yakni Modalku Virtual Credit, Modalku Kawan Micro, dan Invoice Financing. Berbeda jenis pinjaman, beda juga jumlah dana, metode pencairan, hingga tenor pinjamannya.

Untuk pebisnis online, baik yang masih perorangan atau badan usaha, Anda bisa mengajukan Modalku Virtual Credit dengan sistem Paylater. Limit kreditnya cukup besar, hingga Rp100 juta dengan tenor fleksibel dan biaya yang kompetitif. Sedangkan untuk UMKM, Modal Kawan Mikro bisa jadi solusi tepat, apalagi untuk UMKM yang berjualan via online atau marketplace. Dana pinjaman bisa mencapai Rp250 juta dengan tenor hingga 12 bulan.

Bagi yang ingin meminjam dana lebih besar, Anda bisa mengajukan Invoice Financing dengan limit mencapai Rp2 miliar. Pencairan pinjamannya mencapai 80% dari nilai invoice Anda. Meski pengajuan pinjamannya lebih besar, prosesnya pun tetap singkat dan tanpa agunan. 

Sudah tahu, kan, kelebihan pinjaman online untuk bisnis Anda? Pastikan Anda memilih  lembaga pinjaman online yang tepercaya seperti Modalku. Modalku sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan menjadi member dari AFPI sehingga tak perlu diragukan lagi keamanannya. Segera kembangkan bisnis Anda bersama Modalku, cek informasi selengkapnya di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply