Cara Mengembangkan Bisnis Konter Pulsa

bisnis konter pulsa menjanjikan

Tulisan ini merupakan artikel kerjasama antara Modalku dan BukuWarung

Walaupun sudah ada marketplace yang jualan pulsa, konter pulsa tetap bertahan sampai saat ini. Pangsa pasar yang luas menjadi alasan mengapa bisnis satu ini masih tetap eksis.

Agar eksistensinya terus terjaga, pemilik konter pulsa harus terus mengembangkan bisnisnya. Semakin baik mereka mengembangkan bisnisnya, maka mereka akan semakin eksis, sehingga tetap serta mampu bersaing. Baik dengan sesama pebisnis konter pulsa maupun pihak marketplace.

Kelebihan Bisnis Konter Pulsa

Pada artikel ini, kami akan bagikan sejumlah cara yang dipakai untuk megembangkan bisnis konter pulsa. Namun, kami akan beritahu terlebih dulu apa saja kelebihan dari bisnis konter pulsa. Memang, apa saja ya kelebihan bisnis konter puls?

Mudah dalam Melakukan Promosi

Kelebihan pertama yang dimiliki bisnis konter pulsa adalah kemudahan dalam melakukan promosi. Pada bisnis konter pulsa, pemilik konter bisa melakukan promosi secara mudah dengan berbagai macam metode. Mulai dari promosi mulut ke mulut, memasang poster atau spanduk, sampai promosi di media sosial. 

Proses promosi akan semakin mudah bila konternya berada di lokasi yang strategis. Semisal pinggir jalan atau di tengah pemukiman warga.

Mempunyai Risiko yang Relatif Kecil

Pemilik konter tidak akan mengalami risiko besar dalam menjual pulsanya. Sebab, saldo pulsa yang mereka jual akan tetap utuh walau belum terjual. Dengan risiko yang relatif kecil, pemilik konter pulsa pun bisa lebih optimal dalam mengembangkan usahanya.

Potensi Besar: Banyak Orang yang Belum Mengandalkan E-Payment

Untuk kita yang terbiasa dan sudah sering menggunakan layanan FinTech payment, mungkin kita akan bertanya-tanya, buat apa pergi ke konter pulsa? Eitss, faktanya tidak demikian. Meski internet sudah menjamur, tapi belum semua orang mengandalkan pembayaran atau pembelian online untuk membeli pulsa. Jadi, potensi konter pulsa masih sangat besar. 

Cara Mengembangkan Bisnis Konter Pulsa

Setelah membahas keunggulan bisnis konter pulsa, Ssekarang kita masuk ke inti bahasan di artikel ini. Setidaknya ada tujuh cara yang bisa dipakai agar pemilik konter pulsa bisa mengembangkan bisnisnya. Ketujuh cara tersebut adalah:

Pilihlah Distributor Pulsa Terpercaya

Distributor pulsa merupakan salah satu kunci sukses dari bisnis konter pulsa. Tanpa kehadirannya, pemilik konter pulsa tidak bisa menyediakan pulsa yang dibutuhkan pelanggan.

Agar bisnis konter pulsa bisa berkembang, Anda wajib memilih distributor pulsa yang bisa dipercaya. Untuk bisa mendapatkan distributor semacam itu, Anda bisa mencari informasi dari internet atau bisa bertanya kepada pebisnis konter pulsa lainnya.

Salah satu ciri distributor pulsa terpercaya adalah mereka bisa mengirim pulsa kepada pemilik konter dengan lancar. Kalaupun ada masalah, mereka pasti bakal memberitahukannya kepada Anda, lalu mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut. 

Tak jarang, distributor pulsa terpercaya juga lazim menawarkan pulsa dengan harga yang terjangkau. Jika Anda menemukan distributor pulsa semacam itu, jangan ragu untuk bekerja sama dengan mereka.

Catat Semua Riwayat Transaksi

Selama melakoni bisnis konter pulsa, Anda wajib mencatat semua transaksi yang terjadi. Mulai dari pembelian pulsa dari pelanggan, hingga transaksi antara Anda dengan distributor pulsa.

Melakukan pencatatan bisa membantu Anda mengetahui apa saja transaksi yang sudah Anda jalani. Tak hanya itu, Anda pun juga bisa mengetahui berapa laba dan rugi dari bisnis konter pulsa Anda. Dari situ, Anda pun jadi tahu bagaimana langkah yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda semakin berkembang.

Menerapkan Harga yang Bersaing

Agar bisnis konter pulsa Anda semakin mampu bersaing, Anda wajib menerapkan harga yang bersaing pula. Untuk bisa melakukan cara ini, pastikan Anda telah mendapatkan distributor pulsa yang menjual pulsa dengan harga terjangkau, serta terpercaya.

Bila hal itu sudah dicapai, Anda bisa mulai menentukan harga pulsa yang Anda jual. Disarankan harga yang Anda cantumkan tidak terlalu tinggi dibanding harga aslinya. Bila memungkinkan, Anda bisa menjual pulsanya sesuai dengan harga asli dari pulsa tersebut.

Berikan Layanan Ekstra

Sebagai pemilik konter pulsa, kami sarankan Anda jangan hanya sekadar jual pulsa saja. Cobalah untuk berikan layanan ekstra, agar pelanggan semakin tertarik datang ke konter Anda.

Ada beberapa bentuk layanan ekstra yang bisa Anda berikan kepada pelanggan. Misalnya dengan memberikan diskon pada pembelian nominal pulsa tertentu. Atau, bisa juga memberikan hadiah khusus kepada para pelanggan setia Anda.

Lakukan Promosi

Supaya konter pulsa Anda makin dikenal banyak orang, Anda wajib melakukan promosi. Ada banyak metode promosi yang bisa Anda lakukan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Memasang spanduk yang menampilkan harga pulsa, serta layanan yang ada di konter pulsa Anda.
  • Melakukan promosi secara online lewat media sosial.
  • Promosi mulut ke mulut.

Pastikan promosi yang Anda lakukan gencar dan konsisten. Semakin gencar dan konsisten promosi yang dilakukan, peluang Anda mendapatkan banyak pelanggan pun akan semakin besar.

Jual Pulsa Secara Online

Saat ini, pebisnis konter pulsa tak hanya bersaing dengan sesama pebisnis konter pulsa saja. Tetapi, dengan sejumlah marketplace penyedia pulsa.

Agar bisa bersaing dengan pihak marketplace, Anda wajib menjual pulsa Anda secara online. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan media sosial.

Jika tidak, Anda bisa memakai aplikasi. Salah satunya adalah BukuWarung. Selain sebagai aplikasi pencatat riwayat transaksi, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk jualan pulsa secara online.

Sekarang, BukuWarung menyediakan fitur PPOB bernama Jual Pulsa yang membantu Anda jualan pulsa secara online dengan menjadi agen pulsa. Ada tiga keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memakai fitur tersebut, yakni:

  • Anda bisa membeli pulsa dari berbagai operator.
  • Cara pemakaiannya yang mudah. Di fitur ini, Anda hanya perlu membeli pulsa dan mengatur harganya sesuai keinginan. Habis itu, Anda masukkan nomor pelanggan dan kirim pulsanya ke pelanggan tersebut.
  • Bebas biaya admin. Dalam artian, tiap pulsa yang Anda kirim ke pelanggan tidak akan dikenai biaya admin.

Sediakan Metode Pembayaran yang Beragam di Konter Pulsa Anda

Saat ini, sudah banyak pelaku usaha yang menyediakan berbagai macam metode pembayaran. Mulai dari metode konvensional hingga digital.

Anda selaku pemilik konter pulsa juga wajib menerapkan hal yang sama. Dengan melakukannya, pelanggan akan menjadi punya banyak pilihan dalam membayar pulsa.

Yuk Mulai Bisnis Konter Pulsa!

Walau sudah ada marketplace penyedia pulsa, konter pulsa masih punya tempat tersendiri. Hal itu tak lepas dari luasnya pangsa pasar yang dimiliki bisnis satu ini.

Agar eksistensinya makin terjaga, pemilik konter pulsa mesti mengembangkan bisnis yang mereka jalani. Salah satunya dengan melakukan sejumlah cara yang telah kami sampaikan di atas.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa melakukan satu cara lain. Cara tersebut adalah dengan memakai aplikasi smartphone. Adapun salah satunya yang kami rekomendasikan adalah BukuWarung.

Aplikasi satu ini punya fitur PPOB bernama Jual Pulsa. Lewat fitur ini, Anda bisa berjualan pulsa secara online dengan menjadi agen pulsa.

Aplikasi ini pun juga bisa Anda pakai untuk mencatat riwayat transaksi konter pulsa yang Anda kelola. Multifungsi sekali, bukan?

Bila Anda tertarik memakainya, silakan unduh Aplikasi BukuWarung langsung via Play Store atau kunjungi situs resminya!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply