4

Cara Meningkatkan Penjualan Online di Momen Awal Tahun

Ingin meningkatkan penjualan di awal tahun? Awal tahun adalah momen yang penting bagi pelaku usaha. Peluang untuk meraup keuntungan dalam mengawali pembukaan pembukuan baru terbuka lebar pada

awal tahun. Momen seperti liburan tahun baru yang terjadi pada awal tahun adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan penjualan sehingga keuntungan yang didapat pun maksimal.

Bagi para pelaku bisnis online, agar keuntungan yang Anda dapat bisa maksimal di akhir tahun nanti, simak cara meningkatkan penjualan online berikut.

Lakukan Pendekatan Emosional

Apa itu pendekatan emosional? Menurut Monash Business School, pendekatan emosional dalam pemasaran adalah pendekatan yang bertujuan untuk membangkitkan emosi audiensnya. Jika suatu produk telah menggugah emosi seseorang, maka peluang untuk terjadi pembelian pun semakin besar.

Penelitian dari Institute of Practitioners in Advertising menunjukkan bahwa keterlibatan emosi bisa memberikan dua manfaat. Pertama, emosi bisa menciptakan ingatan tertentu serta engagement. Kedua, emosi dapat memengaruhi citra brand. Emosi positif akan meningkatkan empati audiens terhadap brand.

Anda bisa menghubungkan produk dengan emosi tertentu. Misalnya Anda menjual produk makanan, buat narasi bahwa produk tersebut dapat membawa kebahagiaan jika dibagikan kepada orang kesayangan.

Tawarkan Promo Spesial Awal Tahun

Cara meningkatkan penjualan online berikutnya adalah dengan menawarkan promo. Trik ini sederhana namun terbukti mampu meningkatkan penjualan. Anda bisa membuat paket khusus atau bundling produk dengan harga spesial. Cara lain adalah dengan membuat promo “Buy 1 Get 1” untuk barang tertentu.

Namun sebelumnya, pastikan Anda telah memilih item yang tidak akan mengganggu margin keuntungan bisnis. Untuk promo “Buy 1 Get 1” misalnya, Anda bisa memilih barang dengan harga yang paling rendah. Dengan adanya promo semacam ini, angka penjualan akan meningkat karena pelanggan merasa tidak mengeluarkan uang dalam jumlah besar, tetapi tetap bisa mendapatkan barang sesuai keinginan mereka.

Berikan Hadiah Khusus Pelanggan Loyal

Momen awal tahun juga bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan loyal. Memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan akan membuat mereka merasa spesial. Bukan hanya itu, program seperti ini juga dapat membangun hubungan baik antara bisnis Anda dengan pelanggan.

Pelanggan setia terbukti membelanjakan uangnya lebih banyak 67% dibandingkan dengan pelanggan baru. Hal tersebut tidak akan terjadi tanpa adanya hubungan baik dengan pelangga.

Anda. Untuk itu, manfaatkanlah awal tahun sebagai momen untuk memberikan apresiasi terbaik kepada pelanggan loyal bisnis Anda.

Lihat juga: 5 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dalam Bisnis

Buat Marketing Campaign Bertema Liburan

Selanjutnya, Anda bisa melakukan marketing campaign dengan tema liburan. Manfaatkanlah media sosial bisnis Anda. Misalnya, Anda bisa mengirimkan notifikasi kepada pelanggan yang sudah memasukkan produk ke keranjang belanja, tapi belum melakukan pembayaran. Cara lainnya adalah dengan mengirimkan e-mail promo kepada pelanggan.

Anda juga bisa membuat semacam “kaleidoskop” yang berisi pengalaman belanja pelanggan selama satu tahun ini dan dikirimkan melalui e-mail atau chat pelanggan. Sisipkan promo atau diskon pada pesan tersebut. Meski terkesan sederhana, cara ini dapat menciptakan engagement antara pelanggan dengan bisnis Anda.

Lebih lanjut: Lakukan 5 Strategi Marketing ini untuk Kembangkan Bisnis!

Bentuk Daftar Produk Last Year’s Best Sellers atau Best Product of Last Year

Cara meningkatkan penjualan online yang terakhir adalah dengan menyusun daftar produk last year’s best sellers atau best product of last year. Anda dapat melibatkan pelanggan untuk menyusun daftar tersebut pada akhir tahun sebelumnya. Keterlibatan semacam ini akan membuka peluang yang lebih besar untuk meningkatkan penjualan di awal tahun nanti.

Selain dapat meningkatkan penjualan produk, cara seperti ini juga bisa membantu untuk menaikkan traffic dari situs atau media sosial bisnis Anda. Pelanggan lama bisa mengikuti survey best product, sedangkan pelanggan baru bisa segera tahu apa saja produk unggulan dari bisnis Anda. Dengan begitu, mereka bisa langsung mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan penjualan online di awal tahun. Anda tidak harus mencontoh seluruh langkah di atas. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan modal tambahan untuk melakukan strategi penjualan di atas, Modalku siap membantu. Dengan proses pengajuan yang praktis dan tanpa agunan, mari kembangkan bisnis online Anda bersama Modalku. Ajukan pinjaman Anda dngan klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Comments 4

    1. Post
      Author

      iya kak, semoga berhasil dan tetap semangat kak. Kami senang dapat terus berbagi

  1. Artikel tepat yang saya kunjungi, semoga ditahun ini semua kembali seperti sedia kala. Perekonomian kembali normal dan pejualan online semakin meningkat.

Leave a Reply