Mengapa Platform Pendanaan Digital bagi UMKM Cocok untuk Generasi Milenial?

Banyak yang menganggap bahwa generasi milenial cenderung boros dan susah menabung. Padahal, menurut laporan Better Money Habits Millennial 2018 yang dirilis Bank of America, jumlah generasi milenial yang memiliki tabungan justru cukup tinggi, yakni mencapai 63%. Dengan kata lain, sebenarnya kaum milenial sangat terbuka untuk menyimpan atau menghemat uang mereka daripada hanya sekadar digunakan untuk berbelanja.

Salah satu cara yang bisa dilakukan milenial untuk berhemat adalah dengan melakukan investasi. Investasi memungkinkan kaum milenial untuk menambah nilai uang mereka. Nah, dari sekian banyak opsi yang bisa dipilih,  platform pendanaan digital bagi UMKM  merupakan alternatif investasi yang cocok untuk kaum milenial. Mengapa demikian?

Berbasis Teknologi, Mudah dan Praktis Diakses

Platform pendanaan digital bagi UMKM adalah sebuah alternatif investasi berbasis financial technology (FinTech) yang mempertemukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan pemberi pinjaman melalui sebuah platform online. Artinya, seluruh aktivitas alternatif investasi bisa dilakukan secara online dengan menggunakan smartphone dan aplikasi digital. Jadi, selama kaum milenial memiliki koneksi internet yang memadai, mereka bisa mengakses alternatif investasi  platform pendanaan digital bagi UMKM  di mana saja dan kapan saja.

Hal ini sejalan dengan karakteristik generasi milenial yang memang dikenal tech-savvy. Mereka tidak bisa lepas dari beragam gadget. Nah, dengan adanya platform pendanaan digital bagi UMKM  yang bisa diakses melalui smartphone, kaum milenial pun dapat menggunakan gadget mereka secara lebih produktif.

Lihat juga: “Penghasilan Tambahan Lewat Smartphone for Smart Millennial”

Bisa Mengatur Tipe Pemberian Pinjaman Sesuai Preferensi

Generasi milenial tak perlu khawatir tentang jumlah pinjaman yang harus mereka berikan.  platform pendanaan digital bagi UMKM  memungkinkan mereka untuk memberikan pinjaman sesuai kemampuan dan preferensi masing-masing. Modalku, misalnya, menyediakan layanan yang memudahkan milenial untuk mengatur tipe pendanaan berdasarkan jangka pinjaman, tingkat bunga, hingga alokasi dana per pinjaman. Alhasil, kaum milenial tak perlu sering-sering memantau pinjaman sehingga lebih hemat waktu.

Bunga yang Menguntungkan

Selain memberikan pinjaman kepada UMKM, tentunya  platform pendanaan digital bagi UMKM  juga bertujuan untuk memberikan bunga yang menguntungkan kepada pemberi pinjaman. Dengan begini, kaum milenial bisa memiliki pemasukan pasif yang dapat mereka gunakan untuk berbagai keperluan.

Nah, kabar baiknya,  platform pendanaan digital bagi UMKM  memberikan bunga yang cukup menjanjikan. Di Modalku, rata-rata tingkat bunga hingga 20% per tahun. Capaian ini tentunya bergantung pada preferensi kaum milenial dalam memberikan pinjaman sekaligus profil risiko mereka. Anda juga dapat memaksimalkan bunga dengan pendanaan ulang. Pendanaan ulang adalah penggunaan imbal hasil dari UMKM yang didanai untuk mendanai UMKM-UMKM lainnya.

Tingkat Default Relatif Rendah

Sama seperti jenis alternatif investasi lain,  platform pendanaan digital bagi UMKM  juga memiliki risiko tersendiri. Salah satunya adalah default, yakni kondisi di mana UMKM yang diberikan pinjaman tidak mampu membayar. Namun, kaum milenial tidak perlu khawatir akan hal tersebut jika mereka memilih untuk memberikan pinjaman  platform pendanaan digital bagi UMKM  melalui Modalku. Pasalnya, tingkat risiko default tidak sampai 1%. Terlebih, Modalku juga selalu melakukan survei dan background check yang ketat sebelum memberikan approval pada UMKM yang akan meminjam.

Kesempatan untuk Memberikan Dampak Sosial

Seperti yang disebutkan sebelumnya, platform pendanaan digital bagi UMKM mempertemukan pemberi pinjaman dan UMKM yang memerlukan pinjaman dana untuk mengembangkan usaha mereka. Dengan kata lain, saat kaum milenial melakukan alternatif investasi dengan platform pendanaan digital bagi UMKM, mereka telah berkontribusi terhadap usaha kecil sehingga inklusi keuangan dan pemerataan ekonomi di Indonesia bisa terus berkembang. Hal ini sejalan dengan karakteristik kaum milenial yang cenderung ingin memberikan dampak sosial melalui hal-hal yang mereka kerjakan.

Lihat juga: “Semangat Gotong Royong dalam platform pendanaan digital bagi UMKM”


Bagi generasi milenial platform pendanaan digital bagi UMKM dapat menjadi alternatif investasi yang menguntungkan dengan berbagai keunggulan di atas. Kini, melakukan alternatif investasi tak lagi susah!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan