5

Produk UMKM yang Diekspor dari Indonesia

Tahukah Anda bahwa jumlah UMKM Indonesia lebih dari 65,46 juta. Jumlah tertinggi di ASEAN. Namun, UMKM Indonesia masih tertinggal dalam hal kontribusi ekspor. Misalnya, Singapura (38,3%), Thailand 28,7%, Myanmar 23,7% dan Vietnam 18,7%. Sedangkan Indonesia hanya 14,4%.

Padahal, UMKM Indonesia memiliki potensi yang tidak main-main. Produknya begitu beragam sehingga memiliki keunikan tersendiri. Beberapa produk UMKM Indonesia bahkan dicari pasar internasional dengan jumlah permintaan cukup banyak.

Kontribusi UMKM bagi ekonomi sangat besar, tidak heran jika UMKM layak disebut sebagai pahlawan.

14 Produk UKM yang Paling Dicari di Pasar Ekspor

Pada tahun 2014, Kementerian Perdagangan (Kemendag) merilis informasi tentang produk-produk UKM Indonesia yang memiliki permintaan cukup tinggi di pasar internasional. Produk-produk tersebut adalah perhiasan dan aksesoris, obat-obatan herbal, minyak esensial atau minyak aromaterapi, teh, kado, produk kulit, bir, sayuran, produk halal, madu, produk perikanan, payung, pakaian dalam, dan sumpit.

Dari produk-produk tersebut, salah satu yang paling banyak dicari adalah produk kerajinan tangan, terutama untuk pasar Amerika dan Eropa. Saat ini, Kemendag mempunyai kantor perwakilan perdagangan di luar negeri, seperti 19 Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), 23 Atase Perdagangan (Atdag), serta 2 Konsul Dagang di Hong Kong dan Taipei.

Pemerintah Adakan Program Buying Mission

Demi meningkatkan ekspor UKM Indonesia, pemerintah telah melaksanakan program bernama buying mission, di mana mereka mengundang calon pembeli asing ke Indonesia dengan biaya dan akomodasi yang ditanggung oleh Kemendag. Program ini sepertinya cukup berhasil karena pada periode Januari-Agustus 2015 lalu, capaian transaksinya diklaim melampaui tahun sebelumnya. Pada periode tersebut, pemerintah memfasilitasi tiga buying mission untuk tujuh pembeli yang berasal dari Jerman, Tiongkok, Singapura, dan Hungaria. Nilai kesepakatan kerja samanya mencapai Rp 870,68 miliar.

Tidak hanya program buying mission, pemerintah juga melakukan berbagai upaya lain untuk memajukan ekspor UKM Indonesia. Salah satunya adalah diversifikasi produk dan pasar tujuan ekspor melalui kegiatan misi dagang ke negara-negara prospektif, seperti Afrika Selatan, Amerika Latin, Eropa Timur, Asia Selatan, dan Timur Tengah. Pemerintah juga mengoptimalkan instrumen perdagangan internasional untuk melindungi pasar dalam negeri dan pengamanan akses pasar luar negeri.

Tapi Apakah Sukses dan Benar-benar Laku?

Jika dilihat dari nilai yang dicapai saat buying mission, tidak diragukan lagi bahwa produk UKM Indonesia memiliki kualitas yang bisa bersaing di pasar internasional. Namun, mengapa sepertinya UKM Indonesia masih susah menembus pasar ekspor?


Bagi yang menjalankan bisnis UMKM dan ingin coba terjun ke pasar ekspor, Anda harus rajin mencari informasi terkini tentang mekanisme menembus pasa ekspor. Idealnya, beberapa kunci ekspor yang sukses adalah cek kapasitas, riset, persiapan, dan evaluasi. Semoga bisnis UKM Anda bisa segera go international! Ajukan kredit usaha untuk mengembangkan usaha:

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Comments 5

    1. Agar suatu hari dapat diekspor dari Indonesia? Kapan ya? Hehe, kami percaya bahwa produk berkualitas pasti banyak peminatnya.

      Biasanya sih butuh gabungan kualitas tinggi, perencanaan yang baik, juga perhatian dari masyarakat, pemerintah, dan media.

      Tapi semoga cepat bisa ya!

Tinggalkan Balasan